Kemampuan Problem Solving Mahasiswa yang Tinggal di Yogyakarta Berdasarkan Analisis Skor Lokasi W (Whole Response) dalam Tes Rorscach

Alfi Purnamasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan problem solving pada mahasiswa yang tinggal di Yogyakarta. Subjek pada penelitian ini adalah sebanyak 100 orang mahasiswa, yang terdiri dari 59 mahasiswa perempuan dan 41 mahasiswa laki-laki. Alat ukur yang digunakan adalah Tes Rorschach. Indikasi yang digunakan adalah apabila persentase skor lokasi W (whole response) sebesar 20-30% maka subjek memiliki kemampuan problem solving yang baik. Jika persentase skor lokasi W (whole response) kurang dari 20% atau lebih dari 30 persen maka subjek memiliki kemampuan problem solving yang kurang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 26% subjek yang memiliki skor lokasi W (whole response) dalam prosentase optimum (20-30%), sebanyak 45% memiliki prosentase di bawah 20%, serta 29% memiliki persentase di atas 30%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagian besar yaitu sebanyak 74% mahasiswa yang tinggal di Yogyakarta masih memiliki kemampuan problem solving yang rendah, sementara hanya sebanyak 26% mahasiswa memiliki kemampuan problem solving yang tinggi.

Keywords


Problem Solving, Skor Lokasi, Tes Rorschach, Whole Response

Full Text:

PDF

References


Acklin, M.W. (1995). Integrative rorschach interpretation. Journal of Personality Asessment. 64 (2), 235-238

Azwar, S. (2006). Pengantar Psikologi Inteligensi. Edisi I. Cetakan V. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Budiarto, K. (2010). Hubungan antara kemampuan problem solving dengan resiliensi pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana. http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/8564/

Ganina, S., dan Voolaid, H. (2013). The influence of problem solving on studying efectiveness in physics. Journal of Physics Education.Vol.32.https://www. ksk.edu.ee/wpcontent/uploads/2011/03/KVUOA_Toimetised_13_Ganina_Voolaid.pdf

PROSIDING SEMINAR NASIONAL MAGISTER PSIKOLOGI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

ISSN: 2715-7121

September 16, 2020, Hal. 76-89

September 16, 2020

Hareva, C. (1980). Buku Interpretasi Tes Rorschach. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Hartoni, M.T. (2016). Kecemasan bimbingan skripsi dan problem solving pada mahasiswa yang sedang menempuh skripsi. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Hunsley, J., dan Bailey, J.M. (1999). The clinical utility of the rorschach : unfulled promises and an uncertain future. Psychological Asessment. 11(3), 266-277.

Key., Wismarth. S., Orr. D., & Zhong, M. (2013). Students perception of problem solving skills. Transformative Dialogues : teacing and learning journal. Vol 7. Essai 3. November 2013. https://journals.kpu.ca/index.php/td/article/view/1193/651

Mayer, S.E. (2013). Problem solving. The Oxford Handbook of Cognitive

Marnat, G. G (2009). Handbook of psychological asessment. Edisi Kelima. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Matlin, W. M. (1989). Cognition. Second Edition. New York: Holt, Rineheart and Winston, Inc

Nuovo, S.F., & Castellano S. (2016). Validity indices of rorschach test and Personality Asesessment Inventory (PAI) : a comparison in pathological and healthy subjects. Mediteranian Journal of Clinical Psychology MJCP. (4).2. Hal 277-280. https://cab.unime.it/journals/index.php/MJCP/article/view/1253

Ogdon, D. (1984). Psychodiagnostic and personality asessment handbook. Second Edition. California: Western Psychological Services

Rahman, M. 21st Century skill “problem solving” : defining the concept. Asian Journal of Interdisciplinary Research. Vol 2. Issue 1. DOI: http://doi.org/10.34256/ajir1917

Robertson, S.I. (2001). Problem solving. Philadhelphia : Philadhelphia Psychology Press.

Runco, MA. (1994). Problem finding, problem solving and creativity. Alex Publising Corporation, Orwood, New Jersey

Septiani, N. (2013). Hubungan antara problem solving appraisal dengan penyesuaian diri napi anak : studi korelasi pada napi anak penghuni lapas di bandung. Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/3819/

PROSIDING SEMINAR NASIONAL MAGISTER PSIKOLOGI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

ISSN: 2715-7121

Siswoyo, D. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Weiner, I.B. (2004). Rorschach asessment :Current status. Comprehensive handbook of psychological asessment. New York : John Willey & Sons.

Wechsler, D. (1992). Buku Pegangan WAIS (Wechsler Adult Intelligence Scale). Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada

Wismath, S, Orr, D., & Zhong, M. (2014). Students perception of problem solving. Transformative Dialogues : Teaching and Learning Journal. Vol 7. Issue 3. November 2014. https://journals.kpu.ca/index.php/td/article/view/1193/651

Wood, J.M, Nezworski, M,T., & Stejskal, W.J. (1996). Thinking Critically About the Comprehensive System for the Rorschach: A Reply to Exner. Psychological Science. Volume 1. No.1. Januari 1996. https://doi.org/10.1111/j.1467-9280.1996rtb00660.x

Wulan, R. & Subandi (2010). Tes rorschach : administrasi dan skoring. Cetakan IX. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Yusuf, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya

……. https://id.wikipedia.org/wiki/Mahasiswa

……. https://kbbi.kata.web.id/mahasiswa/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.