Analysis of students' motivation level for biology subject at SMA Muhammadiyah 1 Bantul
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Spencer, H. The Principles of Biology: Volume 1. (Outlook Verlag, 2020).
Ziraluo, Y. P. B. Pembelajaran Biologi: Implementasi dan Pengembangan. (2020).
Bloom, B. S., Engelhart, M. D., Furst, E. J., Hill, W. H. & Krathwohl, D. R. Taxonomy of educational objectives: The classification of educational goals. Handbook 1: Cognitive domain. (McKay 1956).
Syachtiyani, W. R. & Trisnawati, N. Analisis motivasi belajar dan hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 2, 90-101 (2021). https://doi.org:https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878
Febriandari, E. I. Pengaruh kreativitas guru dalam menerapkan ice breaking dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual 3, 485-494 (2018). https://doi.org:http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i4.253
Sari, N., Sunarno, W. & Sarwanto, S. Analisis motivasi belajar siswa dalam pembelajaran fisika sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 3, 17-32 (2018). https://doi.org:https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.591
Saputra, H. D., Ismet, F. & Andrizal, A. Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi 18, 25-30 (2018). https://doi.org:https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168
Taiyeb, A. M. & Mukhlisa, N. Hubungan gaya belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanete Rilau. Jurnal Bionature 16, 8-16 (2015).
Daud, F. Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Biologi siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP) 19, 243-255 (2012).
Atmaja, D. D., Wicaksana, E. J. & Sanjaya, E. Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas X Mia Terhadap Pembelajaran Daring Biologi pada Masa Pandemi (Covid-19) di SMA Negeri Se Kabupaten Tebo, Universitas Jambi, (2021).
Creswell, J. W. Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. (Pearson, 2012).
Arikunto, S. dkk, Penelitian Tindakan Kelas. (PT. Bumi Aksara, 2008).
Sugiyono, P. D. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. (CV. Alvabeta, 2009).
Sumaryanti, S., Nevrita, N. & Irawan, B. Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Cloudx Pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Lingga. Student Online Journal (SOJ) UMRAH-Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2, 1152-1155 (2021).
Yau, H. K., Cheng, A. L. F. & Ho, W. M. Identify the Motivational Factors to Affect the Higher Education Students to Learn Using Technology. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET 14, 89-100 (2015).
Yulistiawati, N. A. in Seminar Nasioal Biologi VI. 1-4.
Emda, A. Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida journal 5, 172-182 (2018). https://doi.org:http://dx.doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Kompri, M. P. I. Motivasi Pembelajaran Perspektif guru dan siswa. (PT Remaja Rosdakarya, 2016).
Fauziyatun, N. Faktor-Faktor yang Melatarbelakangi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 22 Semarang Tahun Ajaran 2013/2014, Universitas Negeri Semarang., (2014).
Romadhoni, E., Wiharna, O. & Mubarok, I. Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran gambar teknik. Journal of Mechanical Engineering Education 6, 228-234 (2019).
DOI: https://doi.org/10.26555/symbion.11707
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sukarni Aufi Suka

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Symbion organized by
Deparment of Biology Education
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
Campus 4 UAD Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul,
Special Region of Yogyakarta, 55191