Critical thinking skills of students through problem-based learning assisted by electronic learner worksheet (e-LKPD) of body defense system
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ongesa, C. M. Critical thinking skill gap in the Kenyan educational curriculum: The 21st-Century skills for the Global Citizen. Journal of Interdisciplinary Studies in Education 9, 178-191 (2020). https://doi.org:https://doi.org/10.32674/jise.v9iSI.1860
Ennis, R. H. The nature of critical thinking: An outline of critical thinking dispositions and abilities. University of Illinois 2, 1-8 (2011).
Setiawan, W. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP dengan menggunakan model penemuan terbimbing. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi 2, 91-97 (2015). https://doi.org:https://doi.org/10.22460/p2m.v2i1p91-97.168
Tumanggor, M. Berfikir kritis: Cara jitu menghadapi tantangan pembelajaran abad 21. (Gracias Logis Kreatif, 2021).
Maryati, I. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pola bilangan di kelas VII sekolah menengah pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 7, 63-74 (2018). https://doi.org:https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342
Farisi, A., Hamid, A. & Melvina, M. Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep suhu dan kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika 2, 283-287 (2017).
Surya, E., Khairil, K. & Razali, R. Penerapan pembelajaran berbasis masalah (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep sistem pernapasan manusia di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Jurnal EduBio Tropika 2, 121 - 186. (2014).
Afridiani, T., Soro, S. & Faradillah, A. Pengaruh model problem based learning (PBL) berbasis lembar kerja peserta didik (LKPD) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Euclid 7, 12-21 (2020). https://doi.org:http://dx.doi.org/10.33603/e.v7i1.2532
Juhaeriah, D., Hidayat, S. & Sudrajat, A. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan LKPD Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas VI SD. Jurnal Muara Pendidikan 6, 157-165 (2021). https://doi.org:https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.495
Alita, K. U. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sdn Ledok 5 Tahun Pelajaran 2018/2019. Basicedu 3, 169-173 (2019). https://doi.org:https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.97
Herzon, H. H., Budijanto & Utom, D. H. Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 3, 42-46 (2018).
DOI: https://doi.org/10.26555/symbion.11709
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sheeren F Danty, Heni Setyawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Symbion organized by
Deparment of Biology Education
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
Campus 4 UAD Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul,
Special Region of Yogyakarta, 55191