Penyuluhan Penggunaan Herbal Untuk Meningkatkan Imun di Masa Pandemi Covid-19

Muhammad Reza Agusti, Kinanti Aliftian Murti, Prita Anggraini, Hartatik Hartatik

Abstract


Promosi kesehatan merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat melalui pembelajaran diri oleh dan untuk masyarakat agar dapat menolong dirinya sendiri, serta mengembangkan kegiatan yang bersumber daya masyarakat sesuai sosial budaya setempat dan didukung oleh kebijakan publik yang berwawasan kesehatan. Bersamaan dengan meningkatnya jumlah pasien positif COVID-19, semakin kuat juga isu bahwa beragam tanaman herbal di Indonesia dapat menyembuhkan penyakit yang diakibatkan oleh SARS-CoV-2. Berdasarkan masalah tersebut maka perlu dilakukan promosi kesehatan mengenai penggunaan herbal yang dapat meningkatkan imun di masa pandemi COVID 19 yang bertujuan untuk menambah informasi bagi masyarakat terkait herbal yang dapat membantu menjaga dan meningkatkan imun selama masa pandemi. Metode yang digunakan adalah penyuluhan secara luring dengan tatap muka dimana dilakukan dengan metode ceramah menggunakan media poster tentang tanaman herbal yang dapat meningkatkan imun saat pandemi COVID-19.


Full Text:

PDF

References


Ang, L., Song, E., Lee, H.W., Lee, M.S., (2019). Herbal Medicine for the Treatment of Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): A Systematic Review and Meta-Analysis of Randomized Controlled Trials. J Clin Med, 9:1–20.

Kemenkes RI. (2016). Promosi Kesehatan. Kementerian Kesehatan RI, Jakarta.

Pandey, P., Basnet, A., Mali, A., (2020). Quest for COVID-19 cure: integrating traditional

Wahyuningrum, R., The Potential Roles of Jamu for COVID-19: A Learn from the Traditional Chinese Medicine. Pharm Sci Res, 7:12–22.

Pranita. (2020). Ahli: Herbal Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Bukan Sembuhkan Covid-19. Siregar, M. L., (2015). Peran Imunomodulator Pada Penyakit Infeksi.

Widowati, A., (2016). Mengemas Pesona Herbal Dalam Pembelajaran Ipa Sebagai Upaya Menumbuhkan Kesadaran Lingkungan. Sosiohumaniora.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.