Evaluasi Penggunaan Obat Rasional di Puskesmas Bambanglipuro Bulan Maret 2022

Ayu Lestari, Asih Ulandani, Dyah Aryani Perwitasari, Listyas Wijayanti

Abstract


Penggunaan Obat Rasional merupakan kebijakan dalam memberikan pelayanan kesehatan untuk memastikan efektivitas, keamanan, dan biaya yang terjangkau untuk masyarakat (cost effectiveness). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengevaluasi pelaksanaan Penggunaan Obat Rasional (POR) di Puskesmas Bambanglipuro pada bulan Maret 2022. . Penelitan ini merupakan suatu penelitian observasonal dengan data yang bersifat retrospektif dengan rancangan analisis deskriptf. Data penelitian ini diambil dari data sekunder yaitu menggunakan data resep obat pasien di Puskesmas Bambanglipuro selama bulan Maret 2022. Analisis data menggunakan batas toleransi indikator peresepan yang telah ditetapkan oleh Kemenkes RI. Dari evaluasi yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa persentase peresepan antibiotik pada pasien ISPA non Pneumonia dan diare non spesifik secara berturut turut yaitu 8,33% dan 0%, serta rerata item obat per lembar resep 2,7. Maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Obat Rasional di Puskesmas Bambanglipuro pada bulan Maret 2022 telah memenuhi target yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai 98,41%.


Full Text:

PDF

References


Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2012 Sistem Kesehatan Nasional, 2012: Jakarta

Direktorat Bina Pelayanan Kefarmasian Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2011. Modul Penggunaan Obat Rasional, Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia hal. 3-19

Sari, D. P. (2020). Evaluasi Penggunaan Obat Rasional di Puskesmas Kabupaten Pasuruan Tahun 2019 berdasarkan Indikator Pencapaian Kementerian Kesehatan. FARMASIS: Jurnal Sains Farmasi, 1(1), 1– 5.

World Health Organization, 2013, The world health report 2013: research for universal health coverage. Geneva, Switzerland: World Health Organization.

Indiarto, E.N, dkk. 2020. Profil Penggunaan Obat Rasional di Puskesmas Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur Tahun 2017. Calyptra, 9 (1)

Dinkes. 2020. Program Kefarmasian dan Alat Kesehatan Tahun 2019. Dinkes Provinsi Kalimantan Tengah

Depkes. 2008. Pedoman Pengobatan Dasar di Puskesmas 2007. Jakarta : Departemen Kesehatan RI

Abdulkadir W. 2015. Evaluasi Penggunaan Antibiotik yang Rasional di Rumah Sakit Gorontalo dengan Kategori Gyssens. Vol. 8. Jurnal Santek.

IDI. 2017. Panduan Praktik Klinis Bagi Dokter di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer Edisi I.Menteri Kesehatan republik Indonesia. Jakarta: Ikatan Dokter Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.