Layanan bimbingan dan konseling dengan teknik diskusi untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa

Ahsanul Fikri, Irvan Budhi Handaka

Abstract


Pembelajaran disiplin merupakan ciri khusus yang diekspresikan melalui serangkaian proses perilaku. Dengan meyakinkan sikap yang sesuai dengan ketaatan nilai- nilai, keteraturan dan ketertiban berdasarkan nilai moral individu yang ada pada masyarakat. Penelitian ini menggunakan teknik diskusi, rumusan masalah yang terdapatdalam penelitian ini apakah metode kepemimpinan pembelajaran dan diskusi dapat meningkatkan kedisiplinan diri siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas, penulis menetapkan bahwa disiplin diri dapat ditingkatkan melalui metode diskusi. Hal ini dapat diindikasi bahwa siswa dapat memperoleh informasi yang berharga dari teman diskusi dan pembimbing diskusi. Sehingga siswa dapat diskusi dan tidak membuat keributan di kelas, suasana kelas menjadi lebih kondusif dan terarah. Guru dapat mengontrol siswa dengan teknik diskusi dengan memberikan materi secara problem based learning.


Full Text:

PDF

References


Ajeng Nuraliyah Azhar, dkk.2017.Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa.

B. Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta:PT. Rineka Cipta.

Dewa Ketut Sukardi.(2008). Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta:Rineka Cipta.

Niko Reski, dkk.2017. Konsep Diri Dan Kedisiplinan Siswa.

Padil Nashruddin.2021.Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Di Sekolah.

Prayitno.1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Fropil). Jakarta:Ghalia Indonesia

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta, CV.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.