Faktor penyebab burnout akademik pembelajaran daring dan luring

Ananda Ikhsan Ilmawan, Hardi Santosa

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor burnout akademik pembelajaran daring dan luring pada siswa SMK. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu metode kualitatif deskriptif dengan desain studi kepustakaan atau literatur. Pengumpulan data yang digunakan berupa teks jurnal dengan kurun waktu 10 tahun terakhir dan buku yang relevan sesuai dengan penelitian yang berkaitan tentang burnout akademik pembelajaran daring dan luring. Analisis yang dilakukan menggunakan model analisis data Miles & Hubermen dengan mengumpulkan, mengkaji, memilih, memaparkan, dan menyimpulkan penelitian oleh para ahli sebelumnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat persamaan faktor burnout akademik pada pembelajaran daring dan luring, yaitu konsep diri, kelebihan beban kerja, kurangnya dukungan sosial, dan kurangnya kontrol.


Full Text:

PDF

References


Adnyaswari, N. A., & Adnyani, I. G. A. D. (2017). Pengaruh dukungan sosial dan burnout terhadap kinerja perawat rawat inap RSUP Sanglah [PhD Thesis]. Udayana University.

AFANDI, D., & Wisma, N. (2022). PROFIL EFIKASI DIRI SISWA YANG MENGALAMI BURNOUT (KEJENUHAN) BELAJAR DI SMA NEGERI 13 PALEMBANG [PhD Thesis]. Sriwijaya University.

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran online berbasis proyek salah satu solusi kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70.

Asrowi, A., Susilo, A. T., & Hartanto, A. P. (2020). ACADEMIC BURNOUT PADA PESERTA DIDIK TERDAMPAK PANDEMI COVID-19. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 123–130.

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.

Charkhabi, M., Azizi Abarghuei, M., & Hayati, D. (2013). The association of academic burnout with self-efficacy and quality of learning experience among Iranian students. Springerplus, 2(1), 1–5.

Christiana, E. (2020). Burnout akademik selama pandemi covid 19. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 8–15.

DEWI, O. P., & Yosef, Y. (2021). KEJENUHAN (BURNOUT) BELAJAR DARI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 PESERTA DIDIK KELAS XII SMA KARYA 45 KABUPATEN MUSI RAWAS [PhD Thesis]. Sriwijaya University.

Gold, Y., & Roth, R. A. (2013). Teachers managing stress & preventing burnout. Routledge.

Hamdan, K. M., Al-Bashaireh, A. M., Zahran, Z., Al-Daghestani, A., Samira, A.-H., & Shaheen, A. M. (2021). University students’ interaction, Internet self-efficacy, self-regulation and satisfaction with online education during pandemic crises of COVID-19 (SARS-CoV-2). International Journal of Educational Management.

Harnida, H. (2015). Hubungan efikasi diri dan dukungan sosial dengan burnout pada perawat. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(1).

Iis, M. (2021). PENGARUH KEJENUHAN (BURNOUT) BELAJAR DAN STRES AKADEMIK TERHADAP COPING STRESS DALAM PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS VIII DI SMP BHINNEKA KARYA [PhD Thesis]. Universitas Widya Dharma Klaten.

Ikbar, R. R., & Prihartanti, N. (2019). Hubungan Konsep Diri dan Dukungan Sosial Dengan Burnout Pada Asisten Mata Kuliah Praktikum Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta [PhD Thesis]. Universitas muhammadiyah surakarta.

Karabulut-Ilgu, A., & Jahren, C. (2016). Evaluation of Hybrid Learning in a Construction Engineering Context: A Mixed-Method Approach. Advances in Engineering Education, 5(3), n3.

Kattoua, T., Al-Lozi, M., & Alrowwad, A. (2016). A review of literature on E-learning systems in higher education. International Journal of Business Management and Economic Research, 7(5), 754–762.

Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas pembelajaran berbasis daring: Sebuah bukti pada pembelajaran bahasa inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19–33.

Kusuma, T., & Afdal, A. (2020). Difference in Burnout Conditions for Male and Female Employees of Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Jurnal Neo Konseling, 2(2).

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan pembelajaran daring dan luring dengan metode bimbingan berkelanjutan pada guru sekolah dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76.

Mardiyanti, A. T. (2017). HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN BURNOUT PADA PEGAWAI BANK JATENG CABANG UNGARAN” [PhD Thesis]. Fakultas Psikologi UNISSULA.

Maslach, C. (2003). Burnout: The cost of caring. Ishk.

Mostafavian, Z., Farajpour, A., Ashkezari, S. N., & Shaye, Z. A. (2018). Academic burnout and some related factors in medical students. Journal of Ecophysiology and Occupational Health, 18(1 & 2), 1–5.

Nakayama, M., Mutsuura, K., & Yamamoto, H. (2021). Impact of learner’s characteristics and learning behaviour on learning performance during a fully online course. In Note Taking Activities in E-Learning Environments (pp. 15–36). Springer.

Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas pembelajaran daring terintegrasi di era pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2).

Purnama, R., Yosef, Y., & Harlina, H. (2017). Hubungan Antara Academic Self-Confidence Dengan Kejenuhan (Burnout) Belajar Siswa SMK Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori Dan Praktik Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 14–27.

Putri, A. P., Rahhayu, R. S., Suswandari, M., & Ningsih, P. A. R. (2021). Strategi pembelajaran melalui daring dan luring selama pandemi covid-19 di SD Negeri Sugihan 03 Bendosari. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1–8.

Rohmatun, S., Fathoni, A., & Haryono, A. T. (2018). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN BIROKRATIS, PERATURAN, DAN KONTROL DIRI TERHADAP BURNOUT MELALUI SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABLE INTERVENING PADA MAHASISWA SANTRI (studi kasus Pondok Pesantren Darussalam Semarang). Journal of Management, 4(4).

Romadhoni, L. C., Asmony, T., & Suryatni, M. (2015). Pengaruh beban kerja, lingkungan kerja, dan dukungan sosial terhadap burnout pustakawan di Kota Mataram. Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 3(2), 125–145.

Rothe, C., Schunk, M., Sothmann, P., Bretzel, G., Froeschl, G., Wallrauch, C., Zimmer, T., Thiel, V., Janke, C., & Guggemos, W. (2020). Transmission of 2019-nCoV infection from an asymptomatic contact in Germany. New England Journal of Medicine, 382(10), 970–971.

Sahaduta, B. Y. (2017). PENGARUH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DAN WORK OVERLOAD TERHADAP JOB STRESS PADA KARYAWAN PT BAHARI UTAMA KARYA. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 5(2).

Sakaluk, J., Williams, A., & Biernat, M. (2014). Analytic review as a solution to the misreporting of statistical results in psychological science. Perspectives on Psychological Science, 9(6), 652–660.

Sari, N. (2015). Hubungan beban Kerja, faktor demografi, locus of control dan harga diri terhadap burnout syndrome pada perawat pelaksana IRD RSUP Sanglah. COPING Ners Journal, 3(02).

Seibert, G. S., May, R. W., Fitzgerald, M. C., & Fincham, F. D. (2016). Understanding school burnout: Does self-control matter? Learning and Individual Differences, 49, 120–127.

Siahaan, S. M. (2012). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika Universitas Sriwijaya, 4 Juli 2012.(Energi, Lingkungan, Dan Teknologi Masa Depan: Tantangan Dan Peluang Ilmu Fisika), 13–20.

Slivar, B. (2001). The syndrome of burnout, self-image, and anxiety with grammar school students. Horizons of Psychology, 10(2), 21–32.

Soelton, M., Hardianti, D., Kuncoro, S., & Jumadi, J. (2020). Factors affecting burnout in manufacturing industries. 4th International Conference on Management, Economics and Business (ICMEB 2019), 46–52.

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran daring kombinasi berbasis whatsapp pada kelas karyawan prodi teknik informatika universitas pgri madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 8(1), 81–86.

Sugiarto, W., Milfayetti, S., & Lubis, M. R. (2020). Hubungan Lingkungan Kerja dan Konsep Diri dengan Burnout pada Anggota Brigade Mobile Kepolisian Daerah Sumatera Utara. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 2(2), 182–188.

UTARI, D., Yosef, Y., & Sofah, R. (2020). PROFIL EFIKASI DIRI SISWA YANG MENGALAMI BURN OUT (KEJENUHAN) BELAJAR DI SMA SRIGUNA PALEMBANG [PhD Thesis]. Sriwijaya University.

Yang, H.-J. (2004). Factors affecting student burnout and academic achievement in multiple enrollment programs in Taiwan’s technical–vocational colleges. International Journal of Educational Development, 24(3), 283–301.

Yeni, Y., & Niswati, I. (2017). Pengaruh burnout terhadap motivasi berprestasi dalam bekerja pada sales. Psibernetika, 5(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.