Penggunaan media stop, think, and relax card game untuk mereduksi agresivitas pada siswa: Alternatif strategi membangun iklim sekolah kondusif

Ayuningtyas Nurul Dzakiyyah, Suharsimi Arikunto, Wahyu Nanda Eka Saputra

Abstract


Masa remaja menggambarkan era pergantian selang masa kehidupan kanak-kanak dan masa kehidupan matang, yang mana dicirikan atas pertumbuhan dan perkembangan biologis serta psikologis. Di masa remaja inilah individu memiliki resiko yang cukup tinggi terhadap sebuah perilaku yang dapat memberi pengaruh pada agresivitas. Tingkat agresivitas yang cukup tinggi terjadi karena remaja tidak memiliki  kemampuan untuk memecahkan permasalahannya sendiri serta tidak memiliki kemampuan untuk mengontrol dirinya sendiri. Oleh karena itu diperlukannya kontrol diri untuk dapat mereduksi siswa remaja terhadap perilaku agresivitas. Penelitian ini bergerak dari permasalahan tingginya perilaku agresivitas pada siswa usia remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesiprikan konseling ringkas berfokus solusi untuk dapat mereduksi agresivitas pada siswa. Hasil dari kajian literatur menunjukkan bahwa konseling ringkas berfokus solusi dapat menggunakan bantuan kartu permainan yang dapat untuk menjabarkan implementasi kartu pemainan stop, think, and relax pada siswa. Kajian literatur pada penelitian ini dapat menjadi dasar untuk penelitian selanjutnya untuk menguji keefektivannya. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mereduksi perilaku agresivitas pada siswa SMP yang memiliki perilaku agresivitas tinggi dengan menggunakan media  kartu permainan stop, think, and relax.


Full Text:

PDF

References


Pratiwi, H.D, Dkk. (2019). Gambaran Agresivitas Remaja. Prosding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan. Hal. 227-233

Raviyoga, T.T & Marheni, A. (2019). Hubungan Kematangan Emosi Dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Agresivitas Remaja Di SMAN 3 Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana. Vol.6, No.1 hal. 44-55

Hidayati, B.K & Farid, M. (2016). Konsep Diri, Adversity Quotient dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Jurnal Psikologi Indonesia. Vol. 5, No. 2, hal 137-144

Kurniasih, R. Dkk. (2021). Penerapan Metode Reinforcement Oleh Guru Dalam Menangani PerilakuAgresif Anak Di Paud Ceria Kubu Raya. Jurnal Eksistensi. Vol.3, No.1, hal. 16-28

Said Alhadi, Dkk. 2018. Agresivitas Siswa SMP di Yogyakarta. Jurnal Fokus Konseling , Volume 4, No. 1 (2018), 93-99. DOI: https://doi.org/10.26638/jfk.507.2099

Zulaiha Zulaiha, dkk. 2019. Analisis faktor penyebab perilaku agresif pada siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan&Konseling. Vol.4, No.1. hal. 77-82

Restu Y & Yusri. (2013). Studi Tentang Perilaku Agresif Siswa Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol.2, No.1, hal. 243-249.

Sentana, Mohammad Arif & Kumala, Intan Dewi. AGRESIVITAS DAN KONTROL DIRI PADA REMAJA DI BANDA ACEH.

Auliya, M. (2014). HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU AGRESI PADA SISWA SMA NEGERI 1 PADANGAN BOJONEGORO. 02, 6.

Bariyyah Hidayati, K., & . M. F. (2016). Konsep Diri, Adversity Quotient dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 5(02). https://doi.org/10.30996/persona.v5i02.730

Budikuncoroningsih, S. (2017). Pengaruh Teman Sebaya dan Persepsi Pola Asuh Orang Tua Terhadap Agresivitas Siswa di Sekolah Dasar Gugus Sugarda. JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), 1(2), 85. https://doi.org/10.30595/jssh.v1i2.1704

Husen, M., & Bakar, A. (n.d.). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB PERILAKU AGRESIF PADA SISWA. 6.

Kurniasih, R. (n.d.). Penerapan Metode Reinforcement Oleh Guru Dalam Menangani Perilaku Agresif Anak Di Paud Ceria Kubu Raya. 13.

Perilaku Agresif Peserta Didik di MTsN ThawalibPadusan.pdf. (n.d.).

Pratiwi, H. D., & Situmorang, N. Z. (2019). Gambaran agresivitas remaja. 7.

Raviyoga, T. T., & Marheni, A. (2019). Hubungan kematangan emosi dan konformitas teman sebaya terhadap agresivitas remaja di SMAN 3 Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01), 44. https://doi.org/10.24843/JPU.2019.v06.i01.p05

Restu, Y., & . Y. (2013). STUDI TENTANG PERILAKU AGRESIF SISWA DI SEKOLAH. Konselor, 2(1). https://doi.org/10.24036/02013211074-0-00

A Afdal, Dkk. 2020. Exploration of aggressive behavior among adolescent in Indonesia. Jurnal Konselor: vol. 9, no. 4, 14 Des 2020, pp 165-173, DOI: https://doi.org/ 10.24036/0202094111914-0-00

A Putra, Dkk. 2018. Perilaku Agresif Peserta Didik di MTsN Thawalib Padusunan. Jurnal Al-Taujih: vol. 4, no. 1, 20 Jun. 2018, pp. 32-41, doi:10.15548/atj.v4i1.510.

Berkowitz, Leonard. (1995)..Agresi 1, Sebab dan Akibatnya. Jakarta: Pustaka Pressindo

Desi WS & Sri MA. 2021. Thought Shopping untuk Menurunkan Kecemasan Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi. JURNAL INTERVENSI PSIKOLOGI. Vol.13. No.2. hal.139

Ferdiana G & S. Noviyani. 2020. Analisis perilaku agresif siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia). Vol. 5, No.2. hal. 5-12

Helmi, Avin Fadilla & Soedardjo. (1998). Beberapa perspektif perilaku agresif. Buletin Psikologi, Tahun VI, Nomor 2, Desember, hal 9

Ika JG & Achir Yani SH. 2019. The Effect Of The Thought Stopping Therapy On Reducing Anxiety Among Mother Of Children With Stunting. Internatinal Journal of Nursing and Health Service. Vo.2. No.2. hal. 29-35

Koeswara, E. (1988). Agresi Manusia (Sarwono, S.W. editor). Jakarta: Eresco.

Kurniasih R, dkk. 2021. Penerapan Metode Reinforcement Oleh Guru dalam Menangani Perilaku Agresif Anak di Paud Ceria Kubu Raya. Jurnal Eksistensi. Vol. 3, No. 1. Hal. 16

Robin A. Chapman and Karen J. Shedlack, McLean Hospital and Harvand Medical School Jeanne France. 2006. Stop-Think-Relax: An Adapted Self-Control Training Strategy for Individuals with Mental Retardation and Coexisting Psychiatric Illness. Cognitive and Behavioral Practice. Vol.13. hal. 205-2014

Said Alhadi, Dkk. 2018. Agresivitas Siswa SMP di Yogyakarta. Jurnal Fokus Konseling , Volume 4, No. 1 (2018), 93-99. DOI: https://doi.org/10.26638/jfk.507.2099


Refbacks

  • There are currently no refbacks.