Bimbingan kelompok dengan teknik permainan dalam meningkatkan hubungan sosial siswa

Handono Lakstianto, Agus Ria Kumara

Abstract


Penelitian ini merupakan studi literatur dengan kajian kepustakaan yang berusaha menggambarkan peran layanan bimbingan kelompok teknik permainan dalam meningkatkan hubungan sosial siswa. Penelitian ini menggunakan studi literatur dari berbagai sumber seperti jurnal, artikel, dan dokumen yang relevan lainnya. Layanan bimbingan dan konseling memiliki fungsi untuk membantu siswa meningkatkan hubungan sosialnya yang ada pada dalam dirinya, sehingga siswa dapat melakukan penyesuaian diri dengan teman dan lingkungan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan untuk meningkatkan hubungan sosial siswa. Terbukti bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan mampu untuk meningkatkan hubungan sosial, hal tersebut dikarenakan terjadinya suatu dinamika kelompok pada layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan, sehingga mampu meningkatkan hubungan sosial.


Full Text:

PDF

References


Amalia DP, Y. Y. (2018). Penggunaan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. jurnal.fkip.unila.ac.id. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/16293

Anita Dewi Astuti, Sugiyo, S. (2013). MODEL LAYANAN BK KELOMPOK TEKNIK PERMAINAN (GAMES) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA. Jurnal Bimbingan dan Konseling 2, 1.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Choiriyah, N. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Simulasi Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Peserta Didik Kelas VIII di SMP NEGERI 1 Jati Agung. http://repository.radenintan.ac.id/9395/1/PUSAT.pdf

Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan. PT. Remaja Rosdakarya.

Dewa Ketut, S. (2018). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Rineka Cipta.

Fitriyah, F. K., & Mustofa. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Gobak Sodor dalam Bimbingan Kelompok terhadap Peningkatan Interaksi Sosial Anak Autis. Education and Human Development Journal, 4(2), 13–20.

Gusti, I., Rinjani, A., Suranata, K., & Gading, I. K. (2019). Application of Modeling and Aversi Technique to Develop Self-Achievement Students of Vocational Schools. Bisma The Journal of Counseling, 3(1), 7–17. https://doi.org/10.23887/BISMA.V3I1.17935

Harmiliya, R., … M. M.-I. J. of, & 2019, undefined. (2019a). Pola Relasi Sosial Teman Sebaya Ditinjau dari Penggunaan Media Sosial Pada Siswa. journal.unnes.ac.id, 8(1). https://doi.org/10.15294/ijgc.v8i1.19153

Hurlock, E. B. (2013). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentan Kehidupan. Erlangga.

Indraswari, F., & Pratiwi, T. (2013). PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN KERJA SAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X-1 SMA NEGERI 3 LAMONGAN. Jurnal BK UNESA.

Nasution, H. P. P. (2018). Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Terhadap Pengendalian Emosi Siswa Di MAS Al-Ittihadiyah Mamiyai Medan.

Ni Desak Made Santi Diwyarthi, D. P. D. A. L. (2021). Psikologi Sosial. Widina Bhakti Persada.

Prayitno. (2017). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Ghalia Indonesia.

Rici, O. T. W., & Alawiyah, T. (2019). LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN KERJASAMA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 2(5), 171–180.

Saeed, S., & Zyngier, D. (2012). How Motivation Influences Students Engangement: A Qualitative Case Study. Monash University.

Sulistiana, 1301405060. (2011). Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Juwana Tahun Pelajaran 2009/2010.

Suwarjo. (2012). 55 Permainan (Games) dalam Bimbingan dan. Konseling. Paramitha Publishing.

Teguh, M., & Wicaksono. (2016). Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 16 Surabaya. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/17573

Thalib, S. B. (2010). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisi Empiris Aplikatif. Kencana.

Yustinus Semium. (2006). Kesehatan Mental 1. Kanisius.

Yusuf, S. (2010). Psikologi perkembangan anak dan remaja. http://repo.unikadelasalle.ac.id/index.php?p=show_detail&id=5804&keywords=


Refbacks

  • There are currently no refbacks.