Monopoli bermuatan ajaran K.H Ahmad Dahlan: Alternative media dalam bimbingan kelompok untuk mereduksi agresivitas

Indah Saputri, Wahyu Nanda Eka Saputra, Arif Budi Prasetya

Abstract


Peristiwa saat ini yang sering terjadi di sekolah adalah perilaku agresivitas pada siswa. Agresivitas adalah suatu dorongan atau keinginan untuk menyakiti seseorang dengan berbagai macam bentuk perlakuan baik secara fisik maupun secara verbal. Perilaku agresivitas akan memberikan dampak bagi korban dan pelakunya sendiri, dampak agresivitas bagi korban yaitu tidak percaya diri, munculnya rasa marah, merasa dunia tidak adil, serta timbulnya rasa sakit fisik dan mental. Sedangkan dampak bagi pelaku yaitu pelaku mengalami ketergantungan pada perilaku agresivitas, perilaku agresivitas menjadi perilaku fondasi, menjadi model yang buruk, serta pelaku akan dijauhi dan tidak disukai orang-orang. Hal yang bisa dilakukan oleh konselor yaitu memasukan permainan monopoli bermuatan ajaran K.H Ahmad Dahlan dimana suatu media yang bisa dimanfaatkan pada layanan bimbingan kleompok. Pengembangan monopoli bermuatan ajaran K.H Ahmad Dahlan berisi nilai ajaran kebaikan yang harus dimiliki setiap siswa supaya siswa dapat menghindari perilaku agresivitas. Adapun ajaran K.H Ahmad yaitu ikhlas, rendah hati, kritis, toleransi, dan welas asih. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan implementasi bimbingan kelompok dengan bantuan monpoli bermuatan ajaran K.H Ahmad Dahlan untuk mereduksi agresivitas siswa. Hasil kajian literature menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat menggunakan bantuan media monopoli bermuatan ajaran K.H Ahmad Dahlan yang dapat mereduksi agresivitas. Kajian literature pada penelitian ini dapat menjadi dasar penelitian selanjutnya untuk menguji kelayakan.


Full Text:

PDF

References


Alhadi, S., Purwadi, P., Muyana, S., Saputra, W. N. E., & Supriyanto, A. (2018). Agresivitas siswa SMP di Yogyakarta. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 93–99. https://doi.org/10.52657/jfk.v4i1.507

Aulya, A., Ilyas, A., & Ifdil, I. (2016). Perbedaan Perilaku Agresif Siswa Laki-Laki dan Siswa Perempuan. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 91–97. https://doi.org/10.29210/12016239

Azhar, R. K. D., Bashori, K., & Samsuddin, M. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Perdamaian di Peacesantren Welas Asih Samarang Garut. Profetika: Jurnal Studi Islam, 21(2), 134–146. https://doi.org/10.23917/profetika.v21i2.13075

Biswas, P. (2015). Mahatma Gandhi’s Views On Peace Education. Education Journal, 4(1), 10–12. https://doi: 10.11648/j.edu.s.2015040101.13

Buss, A. H., & Ferry, M. (1992). The Aggression Questionnaire. Journal of Personality and Social Psychology. 63(3), 452.

Dundar, H., Erdogan, E., & Hareket, E. (2016). A Role Model In Light Of Values: Mahatma Gandhi. Educational Research and Reviews, 11(20), 1889–1895. https://doi:10.5897/ERR2016.2667

Fadilah, S. N. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 167–178. https://doi.org/10.29240/jbk.v3i2.1057

Firdaus, A. H., Purnomo, A., & Ahmad, T. A. (2018). Kesadaran Sejarah Siswa Terhadap Ketokohan dan Keteladanan Sunan Kudus Di MA Qudsiyyah Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(2), 150–161.

Larasati, D., & Nursalim, M. (2020). Pengembangan Modifikasi Media Monopoli Untuk Perencanaan Karier Pada Peserta Didik Kelas XI MIPA di SMA Kemala Bhayangkari 4 Waru. Jurnal BK UNESA. 11(2), 191–197.

Nurani, W., Saputra, W. N. E., Mu’arifah, A., & Barida, M. (2020). Bimbingan kedamaian: Implementasi pendidikan kedamaian dalam seting bimbingan untuk mereduksi agresivitas. (Webinar) Seminar Nasional Pendidikan 2020, 1(1), 178–192.

Nurisma, S. Z., Saputra, W. N. E., Putranti, D., & Sutanti, T. (2020). Sosiodrama kedamaian: Teknik bimbingan kelompok dalam mereduksi agresivitas siswa pada masa pandemi COVID-19. (Webinar) Seminar Nasional Pendidikan 2020, 1(1), 148–154.

Parti, N. J. (2019). Efektifitas Konseling Motivational Interviewing untuk Mereduksi Agresivitas Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 5(2), 110–115. https://doi.org/10.52657/jfk.v5i2.949

Saputra, W. N. E., Handaka, I. B., Barida, M., Muyana, S., Wahyudi, A., Widyastuti, D. A., & Rodhiyya, Z. A. (2022). Peace guidance based on the perspective of Markesot: Acceptability and effectiveness of reducing student aggressiveness. Pegem Journal of Education and Instruction, 12(1), 213–221.

Saputra, W. N. E., Hanifah, N., & Widagdo, D. N. (2017). Perbedaan tingkat perilaku agresi berdasarkan jenis kelamin pada siswa sekolah menengah kejuruan Kota Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(4), 142–147.

Saputra, W. N. E., Mappiare-AT, A., Hidayah, N., & Ramli, M. (2021). KH Ahmad Dahlan’s The Values Of Peace in The Novel Entitled Sang Pencerah: A Hermeneutics Study. Pegem Journal of Education and Instruction, 11(2), 32–42. https://doi.org/10.14527/pegegog.2021.04

Saputra, W. N. E., Supriyanto, A., Astuti, B., & Ayriza, Y. (2019). Bimbingan kedamaian: Strategi konselor untuk mereduksi agresivitas. K-Media.

Sari, S. P., Indasari, M., & Surtiyoni, E. (2020). Konseling Kelompok Singkat Berorientasi Solusi Menggunakan Media Boneka untuk Mengurangi Agresivitas Siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(2), 147–159. https://doi.org/10.25273/counsellia.v10i2.7569

Sekar, P. R. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Agresivitas Remaja. Psyche 165 Journal, 14(1), 27–31.

Suciati, S., Septiana, I., & Untari, M. F. A. (2015). Penerapan Media Monosa (Monopoli Bahasa) Berbasis Kemandirian dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 175–188.

Suherman, N., Saputra, W. N. E., Alhadi, S., & Kumara, A. R. (2020). Peace Card: Media dalam Bimbingan Kelompok Untuk Mereduksi Agresivitas Siswa. (Webinar) Seminar Nasional Pendidikan 2020, 1(1), 093–097.

Suryani, E. (2022). Permainan Monopoli IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Sikap Ilmiah Siswa SD. Penerbit Lakeisha.

Swadnyana, I. P. B., & Tobing, D. H. (2019). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Agresivitas pada Remaja Madya di SMA Dwijendra Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6, 120–129.

Syaikhudin, A. (2019). Analisis Metode Permainan Sosial Untuk Membelajarkan Materi IPS di SD. Seminar Nasional Pendidikan 2015, 762–771.

Yanti, F., & Anggraini, N. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Monopoly Game Smart Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Sejarah Kelas X Di SMA Negeri 14 Batam Tahun Pelajaran 2014/2015. HISTORIA: Journal of Historical Education Study Program, 1(1). https://doi.org/10.33373/his.v1i1.391

Yuono, C., & Purwoko, B. (2015). Pengembangan media permainan monopoli percaya diri pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wonodayu. Universitas Negeri Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.