Pengaruh game online terhadap minat belajar peserta didik

Khofifah Maulatunnisa, Agus Ria Kumara

Abstract


Seiring dengan perkembangan teknologi, masyarakat banyak menggunakan penemuan, kemajuan di bidang pendidikan, teknologi dan kesehatan, bahkan olahraga yang diminati oleh kalangan anak-anak dan remaja. Game online merupakan aplikasi yang digandrungi oleh semua orang saat ini terutama dari anak-anak hingga orang dewasa, karena sistem online memudahkan orang-orang dari seluruh dunia untuk mengakses game. Sementara game online memiliki efek baik dan buruk bagi pengguna, efek baik hanya untuk hiburan, tetapi ada juga efek negatif bagi remaja saat ini, seperti terhambatnya aktivitas belajar dan berkurangnya konsentrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game online terhadap minat belajar siswa kelas X. Hipotesis penelitian yang akan diuji antara lain: Ada hubungan antara minat belajar game online dengan pembelajaran. di rumah dan di game center mudah diakses di smartphone atau ponsel, yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja.


Full Text:

PDF

References


Adams, E. & Rolling, A (2010) Fundamentals og Game Online Design (2nd es) B,CA. Barkeley CA – New Riders.

Anonim, (2012). Internet usage and statistics. Internet world stat. March 25, 2012. http://www.internetworldstats.com/asia.htm.

Imanuel, N. (2009). Gambaran profil kepribadian pada remaja yang kecanduan game online dan yang tidak kecanduan game online (Skripsi). Depok: Fakultas Psikologi UI.

Jessica, M. (1999). History of game online. May 30, 2012. http://tharsis-gate.org/articles/imaginary/HISTOR~3.HTM.

Kusumadewi, T. (2009). Hubungan kecanduan game online dengan perilaku sosial pada remaja (Skripsi). Depok: Fakultas Psikologi UI.

Lee, Eun Jin. (2011). Acase study of internet game addiction. Journal of Addiction Nursing, 22, 208-213.

Meiriyati, E. (2011). Pengaruh game online terhadap minat belajar (Skripsi). Lampung.

Pande A Mahrani (2015) Hubungan Kecanduan Game Online dengan Prestasi Belajar Siswa SMP Negri 1 Kuta. Jurnal Psikologi Udayana, Vol 2 No 2. Hlm 165-166.

Samuel Henry ( 2010 ) Cerdas dengan Game. Jakarta: PT Gramedia Pustaka. Slameto ( 2010 ) Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:

Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.