Dampak blended learning terhadap kemandirian siswa SMP

Milinia Indah Saputri, Agus Ria Kumara

Abstract


Pendidikan merupakan bagian esensial dari kehidupan manusia. Pandemi Covid-19 telah mendorong inovasi pembelajaran dengan blended learning. Di Indonesia, pendekatan tersebut telah diimplementasikan di berbagai jenjang pendidikan termasuk Sekolah Menengah Pertama (SMP). Meski demikian, terdapat tantangan dalam membentuk kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak blended learning terhadap kemandirian siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Berdasarkan hasil pencarian literatur, didapatkan 7 artikel ilmiah yang membahas dampak blended learning terhadap kemandirian siswa smp. hasilnya, beberapa dampak yang ditimbulkan adalah kemudahan dalam mengakses bahan belajar, kegiatan pembelajaran yang fleksibel, meningkatkan motivias belajar siswa dan memudahkan proses pengumpulan tugas. Secara keseluruhan, penerapan blended learning dapat meningkatkan kemandirian siswa SMP dalam belajar. Optimasi dan evaluasi blended learning harus terus dilakukan di masa yang akan datang untuk menjamin kualitas kegiatan pembelajaran, meningkatkan kompetensi tenaga didik, dan mengoptimalkan luaran pembelajaran yang dihasilkan.


Full Text:

PDF

References


Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

UNESCO. (2020). Methodological Note: Monitoring COVID-19 caused school and university closure. The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.

Yeigh, T., Lynch, D., Fradale, P., Lawless, E., Turner, D., & Willis, R. (2021). Improving Schools with Blended Learning. Routledge.

Cobanoglu, A., & Yurdakul, B. (2014). The Effect of Blended Learning On Students’ Achievement, Perceived Cognitive Flexibility Levels And Self-Regulated Learning Skills. Journal of Education and Practice, 5(22), 176-197.

Diana, P. Z., Wirawati, D., & Rosalia, S. (2020). Blended Learning Dalam Pembentukan Kemandirian Belajar. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 9(1), 16-22.

Djidu, H., Mashuri, S., Nasruddin, Sejati, A. E., Rasmuin, Ugi, L. E., & Arua, A. L. (2021). Online learning in the post-Covid-19 pandemic era: Is our higher education ready for it? Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 5(2), 139-151.

Fitriasari, P., Tanzimah, & Sari, N. (2018). Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Pada Mata Kuliah Metode Numerik. Jurnal Elemen, 4(1), 1-8.

Kidjab, M. R., Ismail, S., & Abdullah, A. W. (2019). Deskripsi Kemandirian Belajar Dalam Pembelajaran Matematika SMP. EULER: Jurnal Matematika, Sains dan Teknologi, 7(1), 25-31.

Lusa, H., Adnan, & Yurniwati. (2021). Effect of Blended Learning on Students’ Learning Outcomes: A Meta-Analysis. Jurnal Pendidikan Progresif, 11(2), 309-325.

Mustapa, M. A. S., Ibrahim, M., & Yusoff, A. (2015). Engaging Vocational College Students through Blended Learning: Improving Class Attendance and Participation. Social and Behavioral Sciences, 204, 127-135.

Muttaqin, T. (2017). Why Do Children Stay Out Of School In Indonesia? Jurnal Perencanaan Pembangunan, 1(2), 94-106.

Nieuwoudt, J. E. (2020). Investigating synchronous and asynchronous class attendance as predictors of academic success in online education. Australasian Journal of Educational Technology, 36(3), 15-25.

Olsson, T., Jarusriboonchai, P., WoŸniak, P., Paasovaara, S., Väänänen, K., & A., L. (2020). Technologies for Enhancing Collocated Social Interaction: Review of Design Solutions and Approaches. Computer Supported Cooperative Work, 29(28-38).

Pamungkas, M. T. A., Basori, & Maryono, D. (2019). The Effect of Mastery-Based Blended Learning on the Independence and Creativity of Students. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 440, 58-62.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81-95.

Sandi, G. (2012). Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemandirian Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 45(3), 241-251.

Setiawan, A., Putra, D. R., Sujalwo, S., & Cahyo, A. N. (2020). Development of Moodle-based Learning Media using Blended Learning Methods in Graphic Design Subject. International Journal on Informatics for Development, 8(2), 52.

Sujiwo, D. A. C., & A’yun, Q. (2020). Pengaruh Pemanfaatan E-learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. JUSTINDO (Jurnal Sistem & Teknologi Informasi Indonesia), 5(2), 53-59.

Wahyuni, R., & Nurhayati. (2019). Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 3(2), 76-81.

Yanto, B., & Retnawati, H. (2018). Dapatkah Model Blended Learning Mempengaruhi Kemandirian Belajar Matematika Siswa? Aksioma, 7(3), 324-333.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.