Perencanaan individual untuk meningkatkan adaptabilitas karir pada siswa Sekolah Menengah Pertama

Nisrina Hasna Safira, Caraka Putra Bhakti

Abstract


Penelitian ini ditujukan untuk mengkaji paradigma layanan perencanaan individual dalam bimbingan karir yang ditujukan untuk meningkatkan adaptabilitas karir. Metode yang digunakan adalah metode penelitian studi literatur. Teori, data, fakta, dan permasalahan yang ada dikumpulkan dari berbagai sumber kepustakaan seperti buku, artikel, karya ilmiah, ataupun publikasi-publikasi yang relevan untuk kemudian dikritisi dan dianalisis. Topik utama pembahasannya adalah perencanaan individual untuk menunjang peningkatan adaptabilitas karir. Adaptabilitas karir disebut juga sebagai kemampuan individu dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan baru yang berkaitan dengan karirnya. Adanya kemampuan adaptabilitas karir yang dikuasai, akan membantu siswa dalam proses pengembangan diri di dunia kerja. Adapun indikator adaptabilitas karir terdiri atas concern (kekhawatiran), control (kontrol), curiosity (keingintahuan), dan confidence (kepercayaan diri). Hasilnya, penerapan layanan perencanaan individual dapat dipertimbangkan sebagai layanan untuk menyampaikan informasi seputar karir. Disamping itu, pelaksanaan program layanan perencanaan individual sebagai bagian dari layanan bimbingan karir efektif untuk meningkatkan pemahaman tentang penjurusan. Lebih jauh lagi, perencanaan karir dapat membantu siswa mengembangkan potensi dan menentukan pilihan karir.


Full Text:

PDF

References


Abdillah, H. (2014). Bimbingan Karier Berdasarkan Pendekatan Naratif untuk Meningkatkan Adaptabilitas Karier Peserta Didik. Jurnal tidak diterbitkan. Diakses pada, 28, 13–22.

Basyarah, S. F., Marjo, H. K., & Herdi, H. (2021). Pengembangan Program Bimbingan Karier untuk Meningkatkan Adaptabilitas Karier Siswa Jurusan IPA SMA Negeri 7 Bekasi. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 7(3), 13–20.

Carina, T., & Supriyadi. (2016). Studi Korelasi Perilaku Adaptif dan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar pada Siswa Underachiever di Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 3(1), 35–44.

Cobia, D. C., & Henderson, D. A. (2003). Handbook of School Counseling. Hoboken, NJ: Prentice Hall.

Creed, P. A., Fallon, T., & Hood, M. (2009). The Relationship Between Career Adaptability, Person and Situation Variables, and Career Concerns in Young Adults. Journal of Vocational Behavior, 74(2), 219–229.

Curry, J., & Milsom, A. (2017). Career and College Readiness Counseling in P-12 Schools (2 ed.). New York: Springer Publishing Company.

Fiah, R. E. (2014). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Idea Press.

Fitriani, A. N., & Muhari. (2013). Penerapan Layanan Perencanaan Individual untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Penjurusan di Kelas X-1 SMA Negeri 3 Bojonegoro. Jurnal BK UNESA, 4(1), 304–312.

Fitriyani, E., & Rosyidah, A. (2018). Peran Layanan Peminatan dan Perencanaan Individual terhadap Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir pada Anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Penerapan Panduan Operasional Penyelenggaraan (POP) Bimbingan dan Konseling di Sekolah dalam Menyikapi Tantangan Profesi BK di Abad 21. Seminar Nasional BK FIP-UGRIS 2017.

Ilyas, A. (2017). Kepuasan Kerja; Harapan dan Tantangan bagi Konselor. Semarak 50 Tahun Jurusan BK FIP UNP. Seminar Konseling & Talkshow Nasional, Padang.

International Labour Organization. (2020). COVID-19 dan Dunia Kerja: Dampak dan Tanggapan. International Labour Organization. www.ilo.org

Kardafi, M., & Rakhmawati, L. (2017). Pengaruh Adaptabilitas Karir terhadap Kepuasan Kerja dengan Older Worker Age dan Motivasi Kerja sebagai Pemoderasi pada Pegawai Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 2(1), 178–201.

Lamb, S., Jackson, J., & Rumberger, R. (2015). ISCY Technical Paper: Measuring 21st Century Skills in ISCY. Melbourne: International Study of City Youth.

Lund, S., Madgavkar, A., Manyika, J., Smit, S., Ellingrud, K., Meaney, M., & Robinson, O. (2021). The Postpandemic Economy: The Future of Work After COVID‑19. McKinsey Global Institute.

Masdudi. (2015). Bimbingan dan Konseling Perspektif Sekolah. Cirebon: Nurjati Press.

Mirshad, Z. (2014). Persamaan Model Pemikiran Al-Ghaza dan Abraham Maslow tentang Model Motivasi Konsumsi [Tesis]. UIN Sunan Ampel.

Nkechi, E. E., Ewomaoghene, E. E., & Egenti, N. (2016). The Role of Guidance and Counselling in Effective Teaching and Learning in Schools. RAY: International Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), 36–48.

Noviyanti, D., & Setiyani, R. (2019). Kesiapan Kerja Siswa: Studi Empiris Tentang Pengaruh Mediasi Employability Skills. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 551–567. https://doi.10.15294/eeaj.v8i2.31481

Nugraheni, E. P., Wibowo, M. E., & Murtadho, A. (2017). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar: Analisis Mediasi Adaptabilitas Karir pada Prestasi Belajar. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 127–134.

Purnamasari, D., Setyorini, & Sumardjono. (2015). Tingkat Kematangan Karir Siswa Kelas VIII SMP Islam Sudirman Ambarawa. Widya Sari, 17(2), 1–7.

Ramdhani, dkk. (2014). Writing a Literature Review Research Paper: A Step-by-Step Approach. International Journal of Basic and Applied Science, 3(1), 47–56.

Rikard, C. (2014). Self Confidence Secret: Quickly and Easy to Boost Your Self Esteem and Self Confidence Today so You Can Start to Achieve Anything, Make More Money, and Live the Life You’ve Always Wanted. Kenly: Softpress Publishing.

Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.

Savickas, M. L. (2002). Career Construction. Career Choice and Development, 149, 205.

Savickas, M. L. (2005). The Theory and Practice of Career Construction. Career Development and Counseling: Putting Theory and Research to Work, 1, 42–70.

Savickas, M. L., & Savickas, S. (2017). Vocational Psychology, Overview.

Siamah, N. L., & Wiyono, B. D. (2018). Evaluasi Layanan Peminatan dan Perencanaan Individual Model Discrepancy SMAN se-Kota Surabaya [Disertasi]. Universitas Negeri Surabaya.

Sisca, S., & Gunawan, W. (2016). Gambaran Adaptabilitas Karier Remaja. Jurnal Psikologi, 11(2), 111–119.

Snyder, H. (2019). Literature Review as a Research Methodology: An Overview and Guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Zacher, H. (2014). Individual Difference Predictors of Change in Career Adaptability Over Time. Journal of Vocational Behavior, 84(2), 188–198.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.