Strategi layanan bimbingan klasikal untuk mengurangi loneliness

Rizka Pratitis, Caraka Putra Bhakti

Abstract


Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk menyajikan hasil studi literatur tentang strategi layanan bimbingan klasikal untuk mengurangi loneliness guna menambah wawasan Guru BK maupun pembaca mengenai loneliness. Manusia merupakan makhluk sosial, dimana mereka tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan maupun interaksi dengan orang di lingkungannya. Media sosial merupakan situs dimana setiap individu dapat membuat web page pribadi dan terhubung dengan setiap orang yang tergabung dalam media sosial untuk berbagi informasi dan melakukan komunikasi. Banyaknya fitur yang tersedia membuat individu semakin nyaman berinteraksi di media sosial. Sehingga yang terjadi saat ini adalah adanya kesenjangan antara kehidupan nyata mereka bersosial dengan kehidupan mereka di sosial media. Banyak penelitian menunjukkan bahwa penderita loneliness bukan hanya kalangan remaja namun juga usia dewasa dengan penyebab yang berbeda-beda. Salah satu penyebabnya yaitu media sosial. Ada beberapa jenis loneliness yang jika dibiarkan saja akan menjadi parah. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian bersifat studi literatur (review). Literature review atau studi literatur (Pustaka) merupakan suatu studi pustaka yang dilakukan dengan cara meneliti kembali tentang topik atau objek spesifik sebuah penelitian guna mempresentasikan topik tersebut dengan lebih jelas kepada pembaca. Loneliness dapat ditangani dengan berbagai cara, tergantung pada tingkat keparahannya. Maka dalam hal ini, perlu adanya strategi dari Guru BK untuk memberikan layanan yang dapat mengurangi loneliness, salah satunya dengan bimbingan klasikal.


Full Text:

PDF

References


Alberti, F. B. (2019). A biography of loneliness: The history of an emotion. Oxford University Press, USA.

Ridwan, M. F. N., & Bhakti, C. P. (2021, August). Strategi Layanan Dasar untuk Mereduksi Perilaku Loneliness dimasa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1).

Hidayati, D. S. (2015). Self compassion dan loneliness. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(1), 154-164.

de Jong Gierveld, J., Van Tilburg, T., & Dykstra, P. A. (2006). Loneliness and social isolation. Cambridge handbook of personal relationships, 485-500.

Gladding, S. T. (2021). The creative arts in counseling. John Wiley & Sons.

Johansson, T., & Andreasson, J. (2017). The web of loneliness: A Netnographic study of narratives of being alone in an online context. Social Sciences, 6(3), 101.

Barreto, M., Victor, C., Hammond, C., Eccles, A., Richins, M. T., & Qualter, P. (2021). Loneliness around the world: Age, gender, and cultural differences in loneliness. Personality and Individual Differences, 169, 110066.

Ziomek-Daigle, J. (Ed.). (2015). School counseling classroom guidance: Prevention, accountability, and outcomes. Sage Publications.

Salsabila, K., & Fatonah, S. F. (2021, August). Konseling Keluarga Struktural sebagai Upaya Mengurangi Tingkat Loneliness Remaja. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1).

Halim, C. F., & Dariyo, A. (2016). Hubungan psychological well-being dengan loneliness pada mahasiswa yang merantau. Jurnal Psikogenesis, 4(2), 170-181.

Fronika, W. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Sikap Remaja. Fak. Ilmu Pendidik. Univ. Negeri Padang Email, 1-15.

Nielsen, V. B., Malin, P., Julkunen, I., & Uggerhøj, L. (Eds.). (2022). Social Work, Social Welfare, Unemployment and Vulnerability among Youth. Routledge.

Hawkley, L. C., & Cacioppo, J. T. (2010). Loneliness matters: A theoretical and empirical review of consequences and mechanisms. Annals of behavioral medicine, 40(2), 218-227.

Kacewicz, E., Slatcher, R. B., & Pennebaker, J. W. (2007). Expressive writing: An alternative to traditional methods. In Low-cost approaches to promote physical and mental health (pp. 271-284). Springer, New York, NY.

Dunphy, K., Mullane, S., & Jacobsson, M. (2013). The effectiveness of expressive arts therapies: A review of the literature. Melbourne: Pacfa.

Barreto, M., Victor, C., Hammond, C., Eccles, A., Richins, M. T., & Qualter, P. (2021). Loneliness around the world: Age, gender, and cultural differences in loneliness. Personality and Individual Differences, 169, 110066.

Farid, M., & Wekke, I. S. (2019). Proses Menulis Artikel Ilmiah: Dari Ide Hingga Publikasi.

Mukhtar, M., Yusuf, S., & Budiamin, A. (2016). Program Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Self-Control Siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 1-16.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.