Pemanfaatan layanan konseling kelompok dengan teknik client centered untuk meningkatkan kemandirian dalam pengambilan keputusan study lanjut

Vinny Aprilinsia, Ulfa Danni Rosada

Abstract


Kebingungan dan keraguan sudah menjadi permasalahan umum yang dirasakan pada peserta didik jenjang pendidikan menengah atas, dalam pengambilan keputusan untuk melanjutkan study lanjut ke jenjang perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan manfaat terkait gambaran berdasarkan studi kepustakaan tentang kemandirian peserta didik dalam pengambilan keputusan yang menggunakan teknik layanan konseling kelompok yaitu client centered, dalam  teknik ini lebih ditekankan pada kemandirian peserta didik atas pilihan sendiri sehingga tidak adanya pemaksaan dari pihak manapun saat menentukan pilihan. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan yang bertujuan untuk mengkaji lebih dalam tentang tema yang diangkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap kemandirian dalam pengambilan keputusan study lanjut sangat penting, karena dapat  membantu individu membuat pilihan yang sesuai. Teknik client centered dianggap perlu dan dapat digunakan ketika memberikan layanan yang memfokuskan peserta didik dalam menemukan solusi terhadap permaslahan yang sedang dihadapi dengan menggunakan layanan konseling bidang karir dapat membantu peserta didik memahami potensi yang ada pada dirinya dan menyesuaikan pilihannya.


Full Text:

PDF

References


Adesti, Mellyn Yulia Ine. 2019. “EFEKTIVITAS KONSELING CLIENT CENTERED UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN MENGAMBIL KEPUTUSAN SISWA.” 8.

Agustriyana, Nur Astuti. 2017. “FULLY HUMAN BEING PADA REMAJA SEBAGAI PENCAPAIAN PERKEMBANGAN IDENTITAS.” JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia) 2(1):9. doi: 10.26737/jbki.v2i1.244.

Asiani, Hesti Nur, Syaifuddin Latif, dan Shinta Mayasari. 2013. “MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN STUDI LANJUT MENGGUNAKAN PENDEKATAN CLIENT CENTERED.” 12.

Emaculata Hapsari, Etta. 2016. “UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN STUDI LANJUT MELALUI ANALISIS SWOT PADA SISWA KELAS XI IPA 4 DI SMA NEGERI 1 SLEMAN.”

Hartono. 2010. “Kemampuan Memilih Studi Lanjut Siswa.” Vol.1.

Kartadinata, Sunaryo. 2008. PenataanPendidikan Profesi Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Mujidatul Iffah, Hanim. 2013. “Layanan Informasi Karir Melalui Media Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Kemantapan Pengambilan Keputusan Studi Lanjut Siswa Kelas XI IPA-2 SMAN 1 Menganti.”

Ristian, Trias, Nadya Rahmadani, dan Dede Rahmat Hidayat. 2020. “Studi Literature: Pendekatan Teori Trait and Factor Dalam Pengambilan Keputusan Karir Siswa SMA.” Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha 10(2).

Royani, Ida. 2020. “PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR.” 7(2):16.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.