Paper penelitian tentang pengaruh tingkat kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa SMA

Siti Sri Widya

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kedisiplinan siswa di kelas berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa SMA. Jenis survei ini adalah survei deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei dengan menggunakan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA pada tanggal 105 April, 120 Mei, dan Juni 142, dan diambil sampelnya dengan teknik total sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, dinyatakan dalam persentase. Pengamatan dari bulan April sampai Juni dan data yang diperoleh menunjukkan bahwa jumlah siswa yang terdaftar di akhir tahun mengalami peningkatan dalam tiga bulan terakhir. Sekolah memberlakukan hukuman pada siswa yang terlambat, tetapi menemukan bahwa jumlah siswa yang terlambat terus bertambah.


Full Text:

PDF

References


Gunawan, I. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Retrieved June, 7, 2017.

Wirantasa, U. (2017). Pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1).

Chulsum, U. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kedisiplinan Siswa, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Di SMA Negeri 7 Surabaya. Jurnal ekonomi pendidikan dan Kewirausahaan, 5(1), 5-20.

Amalda, N., & Prasojo, L. D. (2018). Pengaruh motivasi kerja guru, disiplin kerja guru, dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 11-21.

Risma, R., Suarni, W. O., & Arifyanto, A. T. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Ilmiah Bening: Belajar Bimbingan dan Konseling, 4(1), 87-98.

Syafi'i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123.

Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa smk kesehatan di kota tangerang. Pujangga, 1(2), 31.

Santosa, D. S. S., Sampaleng, D., & Amtiran, A. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 11-24.

Luthfiana, S. (2020). Salma Luthfiana (NIM. 1710111220027)" revisi Proposal Salma" Mata Kuliah Metode Penelitian Kualitatif-Kuantitatif.

Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Deepublish.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.