Strategi meningkatkan intensitas ibadah sholat wajib bagi siswa Sekolah Dasar : Studi kepustakaan

A’zhamul Adna Diamanthy, Amien Wahyudi

Abstract


Ibadah sholat wajib termasuk rukun islam yang kedua setelah syahadat artinya sholat fardhu ini satu ibadah wajib bagi setiap muslim. Mulai dari anak-anak sampai dewasa. Karenannya orang tua ataupun pengasuh harus mulai mengenalkan dan mengajarkan ibadah sholat wajib kepada anak-anak sejak kecil atau sedini mungkin. Tentunya mendidik anak-anak dan seni mendidik anak memerlukan strategi dan sesuatu yang baru agar menjadikan anak-anak senang mendirikan sholat sehingga anak-anak mampu terus melaksanakan sholat tanpa merasa mendirikan sholat adalah suatu beban bagi mereka. Mulailah dari hal yang sederhahana kenalkan kepada mereka tentang tata cara sholat; bacaan maupun gerakanya, mengajak anak untuk sholat berjama’ah terlebih lagi anak laki-laki kenalkan kepada mereka tentang masjid dan ajak mereka untuk pergi ke masjid. Teknik artikel ini menggunakan studi kepustakaan, studi kepustakaan adalah rangkaian kegiatan mengumpulkan data dengan cara membaca, mencatat, mengelola. Data data yang digunakan dalam artikel ini di dapatkan melalui database google scholar/google Cendekia. Kajian tersebut digunakan dengan focus bagaimana Strategi Meningkatkan Intensitas Ibadah Sholat Wajib bagi Siswa Sekolah Dasar.


Full Text:

PDF

References


Zahira, Z. (2019). Islamic Montessori: Panduan Mendidik Anak dengan Metode Montessori dan Pendekatan Nilai-nilai Islami untuk Usia Anak 3-6 Tahun. Jakarta: Anakkita.

Zahira, Z. (2019). Islamic Montessori Inspired Activity. Bentang Pustaka.

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish.

Ardiansari, B. F., & Dimyati, D. (2021). Identifikasi Nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 420–429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.926

Erfan Gazali. (2018). Pesantren Di Antara Generasi Alfa Dan Tantangan Dunia Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. OASIS : Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 2(2), 94–109.

Hermawan, R. (2018). Pengajaran Sholat Pada Anak Usia Dini Perspektif Hadis Nabi Muhammad Saw. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 282–291. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2301

Julianti, I., Qaddafi, M., & Anggereni, S. (2018). Intensitas Penggunaan Internet Terhadap Interaksi Sosial Antara Teman Sebaya dan Perilaku Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 115.

K, F., & Dewi Aisyah. (2021). Peningkatan Kesehatan Mental Anak Dan Remaja Melalui Ibadah Keislaman. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.51339/isyrof.v3i1.292

Khasanah, H., Nurkhasanah, Y., & Riyadi, A. (2017). Metode Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Sholat Dhuha Pada Anak Hiperaktif Di Mi Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Jurnal Ilmu Dakwah, 36(1), 1. https://doi.org/10.21580/jid.v36i1.1623

Mhd Iqbal Wardhani. (2020). Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman. Al-Munqidz, 3(3), 396–412.

Perilaku, D., Pada, A., Indonesia, U. I., Psikologi, F., & Indonesia, U. I. (2003). Hubungan antara intensitas ibadah shalat.

Rahmat, S. T. (2018). Pola Asuh yang Efektif dalam Mendidik Anak di Era Digital. Journal Education and Culture Missio, 10(2), 143. https://repasitory.stikipsantupaulus.ac.id/122/1/Artikel-jurnal-missio

Rozi, A., Saputra, R., & Rahmi. (2020). Peningkatan Pengamalan Ibadah Shalat Siswa Melalui Kerjasama Guru dengan Orang Tua Wali di SMP Negeri 2 Talamau. Jurnal Kajian Dan Pengembangan …, 3(2), 1–11. http://jurnal.umsb.ac.id/index.php/ummatanwasathan/article/view/2117

Toni Sukendar. (2013). Metode Pembelajaran Tata Cara Sholat Dengan Animasi Interaktif Pada Tk Al Husnaah Jakarta. Konferensi Nasional Ilmu Sosial & Teknologi (KNiST), 462–468. http://seminar.bsi.ac.id/knist/index.php/knist/article/view/463

Yasyakur, M. (2017). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 5.09(2), 1185–1230. file:///C:/Users/User/Downloads/86-178-1-SM (1).pdf

Zamrodah, Y. (2016). Peran Orang Tua Dalam Membiasakan Anak Melaksanakan Ibadah Sholat (Vol. 15, Issue 2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.