Keefektivan layanan bimbingan kelompok metode problem based learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bantul

Litta Luciana Rosa Primara, Hardi Prasetiawan, Arif Budi Prasetya

Abstract


Penelitian ini bertujuan guna memaparkan keefektivan dari pemberian Layanan Bimbingan Kelompok di mana dilakukan oleh guru BK SMA Negeri 1 Bantul dengan Metode Problem Based Learning (PBL) yang berguna meningkatkan motivasi belajar siswa pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bantul. Jenis penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan bentuk desain non equivalent control group design di mana kedua kelompok diberi pre-test dan post-test. Adapun, teknik pengambilan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan skala psikologis. Dalam penelitian ini, populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bantul yang terdiri dari 58 siswa dengan sampel sebanyak 20 siswa berdasar kelas yang berbeda dan tidak sama. Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini, peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa Layanan Bimbingan Kelompok metode Problem Based Learning (PBL) dapat menjadi salah satu cara alternatif yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, di mana peneliti juga berpedoman pada jurnal penelitian terdahulu. Berdasarkan penelitian, peneliti berasumsi masih terdapat layanan dan metode lain yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Akbar, Z. Y. (2020). Pengaruh Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa KMS di SMP N 5 Yogyakarta. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, 1(0), 220–231. https://doi.org/10.30659/psisula.v1i0.7708

Anggerawati, N. ladyna, & Rizkiyah, N. (2021). Peran Guru Bk Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Mts Darussalam Balikpapan Utara. Al Musyrif: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(1), 1–16.

Arianti, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (Pbl). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 38–48. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3263

Dwiyanti, N., & Ediati, A. (2020). Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga Dengan Motivasi Belajar Siswa Sma N 1 Batangan Kabupaten Pati. Jurnal Empati, 7(2), 647–653. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21694

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Esema, D., Susari, E., & Kurniawan, D. (2012). Problem-Based Learning. Satya Widya, 28(2), 167–174. https://doi.org/10.24246/j.sw.2012.v28.i2.p167-174

Fadilah, S. N. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 167. https://doi.org/10.29240/jbk.v3i2.1057

Harapit, S. (2018). Peranan Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 912–917. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.41

Hidayah, N., & Hermansyah, F. (2016). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung Tahun 2016/2017. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 87–93. https://doi.org/10.24042/terampil.v3i2.1190

Ilyas, I. (2016). Pendidikan Karakter Melalui Homeschooling. Journal of Nonformal Education, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/jne.v2i1.5316

Indah, M. Y. N., Yanti, M. M., Arifi, Y., Pawestri, A. A. M., & Hermahayu, H. (2020). Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kota Magelang. Jurnal Varidika, 32(1), 61–69. https://doi.org/10.23917/varidika.v32i1.11141

Khairi, A., & Yustiana, Y. R. (2018). Bimbingan Kelompok Teknik Psikodrama Untuk Meningkatkan Keyakinan Diri Akademik Peserta Didik. International Conference on Islamic Guidance and Counseling, 1(1), 104–112.

Lestari, E. T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Deepublish.

Lestiyaningsih, A., Endang, B., & Astuti, I. (t.t.). Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengembangkanmotivasi Berprestasi Siswa Di Sekolah. 11.

Mulyati, S., & Kamaruddin, K. (2020). Peran Guru dalam Pelaksanaan Bimbingan Konseling. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 172–184. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.241

Oktava, muh A. (2020). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Reinforcement Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Batealit. Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling, 2(1), 1–11.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Prihartanta, W. (2015). TEORI-TEORI MOTIVASI. 1(83), 12.

Primastuti, R. W., Tagela, U., & Setyorini, S. (2020). Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa Kelas Xi Bahasa Sma Kristen Satya Wacana Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019. Psikologi Konseling, 15(2), Article 2. https://doi.org/10.24114/konseling.v15i2.16193

Sitompul, D. N. (2015). Pengaruh Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role-Playing Terhadap Perilaku Solidaritas Siswa dalam Menolong Teman. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(01), Article 01. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/265

Subakti, H., Utami, N. R., Sulaeman, D., Soputra, D., Hardiyanti, S. A., Avicenna, A., Panjaitan, M. M. J., Arianti, I., Susanti, S. S., Chamidah, D., & Yuniwati, I. (2022). Teori Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Suhar, S. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Science : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.51878/science.v2i1.984

Suharini, D. E. S. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pendekatan Bimbingan Kelompok. Jurnal Kreatif Online, 9(3), 90–98.

Suhendar, U., & Ekayanti, A. (2018). Problem Based Learning Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 15–19.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Promosi: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144

Syah, M. (2016). Psikologi Pendidikan (Bandung). PT. Remaja Rosakarya. //repo.unikadelasalle.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D11142%26keywords%3D

Tanjung, R., Cecep, H., Musyadad, V. F., Hayani, H., Iskandar, Y. Z., Simarmata, N. I. P., & Mahatmaharti, R. A. K. (2021). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Yayasan Kita Menulis.

Tyas, R. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Tecnoscienza, 2(1), 43–52.

Uno, H. B. (2021). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.