Keefektivan layanan konseling kelompok teknik self management untuk mereduksi kecanduan game online

Fitria Nur Aulya, Hardi Santosa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi kecanduan game online dengan melaksanakan layanan konseling kelompok dan dilakukan oleh guru BK di SMP Negeri 1 Imogiri. Permasalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah kecanduan game online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental design dengan bentuk desain one group pre-test posttest. Teknik pengambilan datanya dengan purposive sampling yang diambil dari seluruh kelas IX SMP N 1 Imogiri yang mana peserta didik memiliki skor tertinggi dalam kecanduan game online atau yang memiliki kebiasaan bermain game online. Hipotesis pada penelitian ini yaitu, layanan konseling kelompok teknik self management  dapat berjalan efektif dan dapat menjadi alternatif untuk mereduksi kecanduan game online pada peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Ali, N. (2020). PENGARUH TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS XI DI MAN PINRANG [Diploma, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR]. http://eprints.unm.ac.id/17461/

Anggraeni, I. E. (2020). Pengaruh Penggunaan Strategi Self-Management dalam Konseling Kelompok Terhadap Sikap Kecanduan Game Online pada Siswa Kelas X IPA 2 di SMA Hang Tuah 4 Surabaya. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(1), 288–294. https://doi.org/10.1234/pdabkin.v1i1.50

Fauziawati, W. (2015). Upaya Mereduksi Kebiasaan Bermain Game Online Melalui Teknik Diskusi Kelompok. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 115–123.

Indrawati, I. (2021). PENERAPAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF-ESTEEM SISWA. JURNAL ILMIAH TEKNOLOGI PENDIDIKAN, 11(1), 1–8. https://doi.org/10.33369/diadik.v11i1.18363

Irawan, S., & W, D. S. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecanduan Game Online Peserta Didik. JURNAL KONSELING GUSJIGANG, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.24176/jkg.v7i1.5646

Lebho, M. A., Lerik, M. D. Ch., Wijaya, R. P. C., & Littik, S. K. A. (2020). Perilaku Kecanduan Game Online Ditinjau dari Kesepian dan Kebutuhan Berafiliasi pada Remaja. Journal of Health and Behavioral Science, 2(3), 202–212. https://doi.org/10.35508/jhbs.v2i3.2232

Lutfiwati, S. (2018). Memahami Kecanduan Game Online Melalui Pendekatan Neurobiologi. ANFUSINA: Journal of Psychology, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.24042/ajp.v1i1.3643

Mais, F. R., Rompas, S. S. J., & Gannika, L. (2020). KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN INSOMNIA PADA REMAJA. JURNAL KEPERAWATAN, 8(2), 18–27. https://doi.org/10.35790/jkp.v8i2.32318

MRAN, N. A. I. (2021). PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KECANDUAN MEDIA SOSIAL PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 SINJAI [Masters, Universitas Negeri Makassar]. http://eprints.unm.ac.id/19360/

Mulkiyan, M. (2017). Mengatasi Masalah Kepercayaan Diri Siswa melalui Konseling Kelompok. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 136–142. https://doi.org/10.29210/120800

Nungdyasti, D. R., & Nuryono, W. (2019). PENERAPAN KONSELING KELOMPOK PERILAKU DENGAN STRATEGI PENGELOLAAN DIRI (SELF-MANAGEMENT) UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 SIDOARJO. Jurnal BK UNESA, 9(3), Article 3. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/27613

Nursalim, M. (2021). Penerapan Konseling Individu Teknik Self Management Terhadap School Refusal Peserta Didik Kelas X SMAN 8 Surabaya.

Ondang, G. L., Mokalu, B. J., & Goni, S. Y. V. I. (2020). DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN SOSIOLOGI FISPOL UNSRAT. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture, 0, Article 0. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/29290

Prasetiawan, H. (2016). UPAYA MEREDUKSI KECANDUAN GAME ONLINE MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.52657/jfk.v2i2.215

Putra, A. A., & Syahriman, S. (2020). PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MANAJEMEN DIRI UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE SISWA KELAS VIII C SMP N 17 KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 3(3), 262–270. https://doi.org/10.33369/consilia.3.3.262-270

Sugiyono.(2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta - PDF Free Download. (t.t.). Adoc.Pub. Diambil 26 Juli 2022, dari https://adoc.pub/sugiyono2014-metode-penelitian-kombinasi-mixed-methods-bandu.html

Suplig, M. A. (2017). Pengaruh Kecanduan Game Online Siswa SMA Kelas X Terhadap Kecerdasan Sosial Sekolah Kristen Swasta Di Makassar. Jurnal Jaffray, 15(2), 177–200.

Trisnani, R. P., & Wardani, S. Y. (2019). PERAN KONSELOR SEBAYA UNTUK MEREDUKSI KECANDUAN GAME ONLINE PADA ANAK. Dialektika Masyarakat: Jurnal Sosiologi, 2(2), 71–80.

Widaryati, S. (2013). Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Efikasi Diri Siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2, 94. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v2i2.2576


Refbacks

  • There are currently no refbacks.