Layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk mengurangi perilaku perundungan

Fanny Rahmahdiyanti, Hardi Prasetiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk mengurangi perilaku perundungan. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif, peneliti mengumpulkan informasi data dengan bersumber berbagai kajian literatur. Data dan informasi tersebut dikumpulkan dan dianalisis dari berbagai sumber tertulis seperti jurnal nasional dan prosiding ,lalu dilakukan analisis dan disusun secara sistematis. Subyek dalam penelitian ini ialah peserta didik yang mempunyai kecenderungan melakukan perilaku perundungan baik secara verbal maupun fisik. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini bahwa layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dapat digunakan untuk mengurangi perilaku perundungan pada peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Afiyani, I. A., Wiarsih, C., & Bramasta, D. (2019). Identifikasi Ciri-Ciri Perilaku Bullying Dan Solusi Untuk Mengatasinya Di Sekolah. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 5(3), 21–25. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v5i3.2433

Afriana, D., Yusmansyah, Y., & Utaminingsih, D. (2014). Upaya Mengurangi Perilaku Bullying Di Sekolah Dengan Menggunakan Layanan Konseling Kelompok. Alibkin (Jurnal Bimbingan Konseling), 3(2), Article 2. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/6482

Arinata, F. S., Sugiyo, S., & Purwanto, E. (2017). Keefektifan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling dan Pengukuhan Positif untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa SD. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 154–158. https://doi.org/10.15294/jubk.v6i2.21790

Dewi, K. (2016). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Perilaku Asertif Siswa Kelas Ix Smp Negeri 25 Semarang Tahun Ajaran 2015/2016 [Thesis]. Universitas Negeri Semarang.

Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i1.526

Fadilah, S. N. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 167. https://doi.org/10.29240/jbk.v3i2.1057

Fauziyah, N., & Rusmana, N. (2022). Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa. Ristekdik : Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(1), 22–32.

Hardi, M., Kharis, A., & Aini, N. (2019). Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja (Studi pada SMKN 5 Mataram). JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik), 7(1), 44–55. https://doi.org/10.31764/jiap.v7i1.775

Haryati, A., Wibowo, M. E., & Mulawarman, M. (2017). Model Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Empati Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 28–33. https://doi.org/10.15294/jubk.v6i1.17431

Hasanah, K. N. S. (2021). Efektivitas Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Sosiodrama Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa [Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/58593/1/T_PBB_1802481_Title.pdf

Kurniawan, D. E., & Pranowo, T. A. (2018). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Mengatasi Perilaku Bullying. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 126–135. https://doi.org/10.52657/jfk.v4i1.499

Maemunah, S., & Karneli, Y. (2021). Teknik Role Playing dalam Mengurangi bullying di SMP Muhammadiyah 3 Jakarta. Prophetic Guidance and Counseling Journal, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v2i1.4729

Mayasari, A., Hadi, S., & Kuswandi, D. (2019). Tindak Perundungan di Sekolah Dasar dan Upaya Mengatasinya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(3), 399–406. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12206

Nasution, N. B., & Samosir, S. S. (2021). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Pelaku Bullying Siswa. Indonesian Counseling And Psychology, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.24114/icp.v1i2.25765

Pramono, A. (2013). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Psikodrama Untuk Mengembangkan Konsep Diri Positif. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/jubk.v2i2.2722

Pranoto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Sma Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 1(1), 100–111. https://doi.org/10.24127/jlplppm.v1i1.108

Prasetiawan, H., Wahyudi, A., & Kurniawan, S. J. (2020). Pelatihan Gerakan Anti Perundungan (Gap) Untuk Meningkatkan Nilai Sosial Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Wilayah Bantul. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, SNPPM2020SH-SNPPM2020SH.

Saputri, N. F. D., & Zuhdi, M. S. (2022). Efektifitas Bimbingan Kelompok Teknik Homeroom Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Pada Remaja. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 5(1), 63–77.

Saputro, K. Z. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 25–32. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v17i1.1362

Setiyawati, V. (2013). Efektivitas teknik sosiodrama untuk mengurangi perilaku bullying pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) [Universitas Negeri Malang]. http://repository.um.ac.id/id/eprint/2052

Widyaningrum, D., & S, V. D. (2016). Penerapan Bimbingan Sosial Berbantuan Metode Sosiodrama Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa Pada Kelas Viii Smp Negeri 1 Bendo Kabupaten Magetan. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.25273/counsellia.v5i1.270

Yandri, H. (2014). Peran Guru Bk/Konselor Dalam Pencegahan Tindakan Bullying Di Sekolah. Jurnal Pelangi, 7. https://doi.org/10.22202/jp.v7i1.155


Refbacks

  • There are currently no refbacks.