Keefektifan layanan konseling kelompok teknik Cognitive Restructuring untuk mereduksi kecemasan belajar siswa kelas IX SMP N 3 SEWON
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21–46. Https://Doi.Org/10.21580/At.V8i1.1163
Hasanah, N., Suryana, Y., & Nugraha, A. (2018). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Siswa Tentang Gaya Dapat Mengubah Gerak Suatu Benda. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 127–139.
Herdayanti. (2021). Efektivitas Teknik Cognitive Restructuring Untuk Mengurangi Kecemasan Akademik Pada Siswa Kelas Xi Mia Di Sma Negeri 12 Banjarmasin. Universitas Lambung Mangkurat.
Hudayana, E., Jannah, C., Hartinah, A. S., & Subhi, M. R. (2020). Menurunkan Kecemasan Belajar Santri Baru Melalui Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 6(1), 37–45. Https://Doi.Org/10.52657/Jfk.V6i1.645
Indrawati, I. (2021). Penerapan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Self-Esteem Siswa. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 1–8. Https://Doi.Org/10.33369/Diadik.V11i1.18363
Ireel, A. M., Elita, Y., & Mishbahuddin, A. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Mereduksi Kecemasan Menghadapi Ujian Siswa Smp Di Kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 1–10. Https://Doi.Org/10.33369/Consilia.1.2.1-10
Jannah, L. A. (2021). Efektivitas Teknik Cognitive Restructuring Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Siswa Saat Presentasi Di Depan Kelas Di Mts Al-Mukhlishin Galis. Edu Consilium : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 2(1), 90–102. Https://Doi.Org/10.19105/Ec.V2i1.4224
Keli, M. W. (2020). Pengaruh Penggunaan Teknik Restrukturisasi Kognitif Dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Kecemasan Belajar Siswa SMP. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(1), 83–88. Https://Doi.Org/10.1234/Pdabkin.V1i1.22
Kodirun, K., Masi, L., & Aprilia, A. (2017). Pengaruh Kecemasan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gu. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 25–36. Https://Doi.Org/10.36709/Jpm.V8i1.5928
Kumbara, H., Metra, Y., & Ilham, Z. (2019). Analisis Tingkat Kecemasan (Anxiety) Dalam Menghadapi Pertandingan Atlet Sepak Bola Kabupaten Banyuasin Pada Porprov 2017. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 17(2), 28–35. Https://Doi.Org/10.24114/Jik.V17i2.12299
Mukholil, M. (2018). Kecemasan Dalam Proses Belajar. Eksponen, 8(1), 1–8. Https://Doi.Org/10.47637/Eksponen.V8i1.135
Mulkiyan, M. (2017). Mengatasi Masalah Kepercayaan Diri Siswa Melalui Konseling Kelompok. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 136–142.
Noviandari, H., & Kawakib, J. (2016). 76 Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Self Efficacy Belajar Siswa. Https://Scholar.Archive.Org/Work/Esabxgqh6jhedj3qftc7c5orm4
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. Https://Doi.Org/10.24952/Fitrah.V3i2.945
Purnomo, P., & Palupi, M. S. (2016). Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah Yang Berkaitan Dengan Waktu, Jarak Dan Kecepatan Untuk Siswa Kelas V. Jurnal Penelitian, 20(2), Article 2. Https://E-Journal.Usd.Ac.Id/Index.Php/JP/Article/View/872
Riswanto, D. (2019). Kompetensi Manajerial Konselor Pada Layanan Konseling Kelompok. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 156–168. Https://Doi.Org/10.33650/Al-Tanzim.V3i1.514
Rufaidah, A., & Karneli, Y. (2020). Penerapan Teknik Cognitive Restructuring Dalam Konseling Perorangan Untuk Mereduksi Gangguan Kecemasan. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 214–222. Https://Doi.Org/10.26539/Teraputik.42417
Selvia, F., Sugiharto, D. Y. P., & Samsudi, S. (2017). Teknik Cognitive Restructuring Dan Thought Stopping Dalam Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 20–27. Https://Doi.Org/10.15294/Jubk.V6i1.17430
Solehah, L. F. N. (2014). Faktor-Faktor Penyebab Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Nasional. Perspektif Ilmu Pendidikan, 25(XVI), 16–32. Https://Doi.Org/10.21009/PIP.251.3
Syam, S. (2020). Reducing Student Learning Anxiety Through Cyber Counseling-Based Individual Counseling Services. Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(02), 105–113. Https://Doi.Org/10.34005/Akademika.V9i02.1048
Syamila, D., & Herdi, H. (2021). Konseling Online: Pemanfaatan Teknologi Dalam Layanan Konseling Kelompok Di SMP Global Islamic School Jakarta. Jurnal Paedagogy, 8(4), 475–481. Https://Doi.Org/10.33394/Jp.V8i4.3997
Vivin, V. (2019). Kecemasan Dan Motivasi Belajar. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 8(2), 240–257. Https://Doi.Org/10.30996/Persona.V8i2.2276
Wahyuni, S. (2018). Konsep Dasar Konseling Kelompok. Hikmah, 12(1), 78–97.
Yanti, S., Erlamsyah, E., Zikra, Z., & Ardi, Z. (2013). Hubungan Antara Kecemasan Dalam Belajar Dengan Motivasi Belajar Siswa. Konselor, 2(1), Article 1. Http://Ejournal.Unp.Ac.Id/Index.Php/Konselor/Article/View/1242
Yulianti, Y. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Membangun Generasi Emas Indonesia. Cermin: Jurnal Penelitian, 5(1), 28–35. Https://Doi.Org/10.36841/Cermin_Unars.V5i1.969
Refbacks
- There are currently no refbacks.