Keefektifan layanan konseling kelompok teknik Cognitive Restructuring untuk mereduksi kecemasan belajar siswa kelas IX SMP N 3 SEWON

Tety Lismawati, Hardi Prasetiawan

Abstract


Kecemasan belajar terjadi pada saat peserta didik tidak dapat mengontrol pemikiran yang negatif maupun yang kurang rasional dalam belajarnya. Namun terdapat solusi untuk mereduksi kecemasan belajar peserta didik yaitu dengan layanan konseling kelompok menggunakan teknik cognitive restructuring. Konseling kelompok merupakan layanan yang ada di sekolah untuk mengentaskan suatu permasalahan peserta didik yang sedang dialami serta sebagai membantu peserta didik mengembangkan kompetensi yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemaparan keefektifan dari layanan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring yang dilaksanakan oleh guru Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan menggunakan jenis penelitian quasi experimental design dengan bentuk nonrandomized control group pretest-posttest design, yang mana kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dari seluruh populasi siswa kelas IX SMP N 3 Sewon. Hipotesis pada penelitian ini bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring dapat menjadi salah satu cara alternatif yang efektif untuk mereduksi kecemasan belajar peserta didik

Full Text:

PDF

References


Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21–46. Https://Doi.Org/10.21580/At.V8i1.1163

Hasanah, N., Suryana, Y., & Nugraha, A. (2018). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Siswa Tentang Gaya Dapat Mengubah Gerak Suatu Benda. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 127–139.

Herdayanti. (2021). Efektivitas Teknik Cognitive Restructuring Untuk Mengurangi Kecemasan Akademik Pada Siswa Kelas Xi Mia Di Sma Negeri 12 Banjarmasin. Universitas Lambung Mangkurat.

Hudayana, E., Jannah, C., Hartinah, A. S., & Subhi, M. R. (2020). Menurunkan Kecemasan Belajar Santri Baru Melalui Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 6(1), 37–45. Https://Doi.Org/10.52657/Jfk.V6i1.645

Indrawati, I. (2021). Penerapan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Self-Esteem Siswa. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 1–8. Https://Doi.Org/10.33369/Diadik.V11i1.18363

Ireel, A. M., Elita, Y., & Mishbahuddin, A. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Mereduksi Kecemasan Menghadapi Ujian Siswa Smp Di Kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 1–10. Https://Doi.Org/10.33369/Consilia.1.2.1-10

Jannah, L. A. (2021). Efektivitas Teknik Cognitive Restructuring Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Siswa Saat Presentasi Di Depan Kelas Di Mts Al-Mukhlishin Galis. Edu Consilium : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 2(1), 90–102. Https://Doi.Org/10.19105/Ec.V2i1.4224

Keli, M. W. (2020). Pengaruh Penggunaan Teknik Restrukturisasi Kognitif Dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Kecemasan Belajar Siswa SMP. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(1), 83–88. Https://Doi.Org/10.1234/Pdabkin.V1i1.22

Kodirun, K., Masi, L., & Aprilia, A. (2017). Pengaruh Kecemasan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gu. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 25–36. Https://Doi.Org/10.36709/Jpm.V8i1.5928

Kumbara, H., Metra, Y., & Ilham, Z. (2019). Analisis Tingkat Kecemasan (Anxiety) Dalam Menghadapi Pertandingan Atlet Sepak Bola Kabupaten Banyuasin Pada Porprov 2017. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 17(2), 28–35. Https://Doi.Org/10.24114/Jik.V17i2.12299

Mukholil, M. (2018). Kecemasan Dalam Proses Belajar. Eksponen, 8(1), 1–8. Https://Doi.Org/10.47637/Eksponen.V8i1.135

Mulkiyan, M. (2017). Mengatasi Masalah Kepercayaan Diri Siswa Melalui Konseling Kelompok. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 136–142.

Noviandari, H., & Kawakib, J. (2016). 76 Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Self Efficacy Belajar Siswa. Https://Scholar.Archive.Org/Work/Esabxgqh6jhedj3qftc7c5orm4

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. Https://Doi.Org/10.24952/Fitrah.V3i2.945

Purnomo, P., & Palupi, M. S. (2016). Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah Yang Berkaitan Dengan Waktu, Jarak Dan Kecepatan Untuk Siswa Kelas V. Jurnal Penelitian, 20(2), Article 2. Https://E-Journal.Usd.Ac.Id/Index.Php/JP/Article/View/872

Riswanto, D. (2019). Kompetensi Manajerial Konselor Pada Layanan Konseling Kelompok. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 156–168. Https://Doi.Org/10.33650/Al-Tanzim.V3i1.514

Rufaidah, A., & Karneli, Y. (2020). Penerapan Teknik Cognitive Restructuring Dalam Konseling Perorangan Untuk Mereduksi Gangguan Kecemasan. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 214–222. Https://Doi.Org/10.26539/Teraputik.42417

Selvia, F., Sugiharto, D. Y. P., & Samsudi, S. (2017). Teknik Cognitive Restructuring Dan Thought Stopping Dalam Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 20–27. Https://Doi.Org/10.15294/Jubk.V6i1.17430

Solehah, L. F. N. (2014). Faktor-Faktor Penyebab Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Nasional. Perspektif Ilmu Pendidikan, 25(XVI), 16–32. Https://Doi.Org/10.21009/PIP.251.3

Syam, S. (2020). Reducing Student Learning Anxiety Through Cyber Counseling-Based Individual Counseling Services. Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(02), 105–113. Https://Doi.Org/10.34005/Akademika.V9i02.1048

Syamila, D., & Herdi, H. (2021). Konseling Online: Pemanfaatan Teknologi Dalam Layanan Konseling Kelompok Di SMP Global Islamic School Jakarta. Jurnal Paedagogy, 8(4), 475–481. Https://Doi.Org/10.33394/Jp.V8i4.3997

Vivin, V. (2019). Kecemasan Dan Motivasi Belajar. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 8(2), 240–257. Https://Doi.Org/10.30996/Persona.V8i2.2276

Wahyuni, S. (2018). Konsep Dasar Konseling Kelompok. Hikmah, 12(1), 78–97.

Yanti, S., Erlamsyah, E., Zikra, Z., & Ardi, Z. (2013). Hubungan Antara Kecemasan Dalam Belajar Dengan Motivasi Belajar Siswa. Konselor, 2(1), Article 1. Http://Ejournal.Unp.Ac.Id/Index.Php/Konselor/Article/View/1242

Yulianti, Y. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Membangun Generasi Emas Indonesia. Cermin: Jurnal Penelitian, 5(1), 28–35. Https://Doi.Org/10.36841/Cermin_Unars.V5i1.969


Refbacks

  • There are currently no refbacks.