Urgensi penggunaan media ular tangga dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan perencanaan studi lanjut

Tri indri Astuti, Hardi Prasetiawan

Abstract


Perencanaan studi lanjut merupakan sebuah proses yang pasti dilalui setiap peserta didik. Namun dalam perkembangannya tidak semua peserta didik dapat merencanakan studi lanjut sesuai dengan minat, bakat, serta kompetensi dirinya. Disinilah peran Guru Bimbingan dan Konseling berada yaitu dengan memberikan Layanan Bimbingan kelompok menggunakan media ular tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi layanan bimbingan kelompok menggunakan media ular tangga untuk merencanakan studi lanjut siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan menggunakan metode literature review. Metode analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan studi kepustakaan, peneliti menelaah buku, jurnal dan prosiding serta beberapa sumber yang relevan dan berkaitan dengan permasalahan yang akan dibahas. Subyek dalam penelitian ini ialah peserta didik yang masih memerlukan bantuan dalam perencanaan studi lanjutnya.

Full Text:

PDF

References


ANA, M. (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Dalam Meningkatkan Perencanaan Karier Peserta Didik Kelas XII SMK Muhammadiyah Tumijajar [Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/17194/

Asmarani, D. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga Tentang Perencanaan Karir Siswa Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Jetis Bantul. http://digilib.uad.ac.id/penelitian/Penelitian/detail/118809/pengembangan-media-ular-tangga-tentang-perencanaan-karir-siswa-pada-siswa-kelas-xi-sma-negeri-1-jetis-bantul

Diananda, A. (2019). Psikologi Remaja dan Permasalahannya. Istighna: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20

Erlangga, E. (2017). Bimbingan Kelompok Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 149–156. https://doi.org/10.15575/psy.v4i1.1332

Fadilah, S. N. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan [Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta]. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2325512&val=10700&title=Layanan%20Bimbingan%20Kelompok%20dalam%20Membentuk%20Sikap%20Jujur%20Melalui%20Pembiasaan

Hanggara, G. S. (2016). Keefektifan “Proses Guru” Sebagai Teknik Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karier Siswa SMK. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(4), 148–157.

Haqiqi, A. (2017). Haqiqi (2017) tentang Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Untuk Layanan Bimbingan Dan Konseling Bagi Siswa Kelas VII [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://r.search.yahoo.com/_ylt=Awrx0co22dNiZUUAkBXLQwx.;_ylu=Y29sbwNzZzMEcG9zAzEEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1658079670/RO=10/RU=https%3a%2f%2fcore.ac.uk%2fdownload%2fpdf%2f154914552.pdf/RK=2/RS=TYFfZAyR5uGkEwWT9.FsrO.cFwI-

Irfan, I., Jarkawi, J., & Handayani, E. S. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Perencanaan Karier. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 3(2), 79–87. https://doi.org/10.36835/jcbkp.v3i2.827

Muwakhidah, M., & Pravesti, C. A. (2017). Keefektifan Konseling Kelompok Cognitive Behavior Therapy untuk Mengurangi Keraguan Pengambilan Keputusan Karier Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 66–75.

Nisa’, E. Z., & Wiryosutomo, H. W. (n.d.). Pengembangan Aplikasi Karier Model Cognitive Information Processing (Cip) Untuk Perencanaan Studi Lanjut Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Panceng Gresik. 8.

Novaliany, W. (2022). Layanan Konseling Kelompok Berbantuan Media Ular Tangga Untuk Mengurangi Setres Akademik Siswa SMK Farmasi Pelaihari. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(10), 3447–3452. https://doi.org/10.47492/jip.v2i10.1342

Pade, S. D., Rahim, M., & Kau, M. (2022). Permainan Ular Tangga Sebagai Media Bimbingan Klasikal Untuk Pengenalan Budaya Daerah Toli-Toli Pada Siswa. Student Journal of Guidance and Counseling, 1(2), 23–38. https://doi.org/10.37411/sjgc.v1i2.1226

Prastiwi, C. E. (2014). Pengembangan Media Ular Tangga Perencanaan Karier dalam Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 17 Surabaya (Issue 3) [Journal:eArticle, State University of Surabaya]. https://www.neliti.com/publications/250501/

Yulihastuti, N. K. (2019). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Perencanaan Studi Lanjut Pada Siswa. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK, 15(2), 147–158. https://doi.org/10.33658/jl.v15i2.144


Refbacks

  • There are currently no refbacks.