Pendekatan realita dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis mahasiswa perantau: Studi Literatur

Anisa Rahma Lia, Amien Wahyudi

Abstract


Mahasiswa merupakan individu atau seseorang yang sedang menempuh perguruan tinggi, baik itu di kotanya maupun di luar kota. Mahasiswa yang menempuh perguruan tinggi di luar kotanya biasanya disebut dengan mahasiswa perantau. Mahasiswa di perantauan menemui berbagai permasalahan yang dapat mengganggu kesejahteraan psikologisnya. Kesejahteraan psikologis adalah kemampuan dari diri seseorang serta wujud nyata dari potensi yang dimiliki individu tersebut yang bersifat jangka panjang. Kesejahteraan psikologis mahasiswa perantau berkaitan dengan keadaannya di rantauan. Untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis mahasiswa perantau dapat melakukan konseling yang disediakan oleh pihak kampus maupun tempat lain. Konseling yang diberikan dapat menggunakan pendekatan realita yang berfokus pada keinginan dan harapan mahasiswa perantau terhadap dirinya di perantauan. Penelitian ini menggunakan studi literature, dimana peneliti mengambil rujukan dari jurnal dan prosiding yang ada pada google schoolar. Hasil penelitian ini mengungkap tentang kesejahteraan psikologis mahasiswa perantau serta keefektivan pendekatan realita dalam layanan bimbingan dan konseling. Sesuai dengan hasil penelitian terdahulu, bahwa pendekatan realita terbukti efektif digunakan dalam layanan bimbingan dan konseling.

Full Text:

PDF

References


Astuti, A. D., & Hastanti, I. P. (2021). Konseling Realita Untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Peserta Didik. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 7(3), 93. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v7i3.5790

Awaliyah, A., & Arruum Listiyandini, R. (2018). Pengaruh Rasa Kesadaran terhadap Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa. Journal Psikogenesis, 5(2), 89. https://doi.org/10.24854/jps.v5i2.498

Batubara, J. (n.d.). Efektivtas Konseling Realita Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. 12.

Halim, C. F., & Dariyo, A. (2017). Hubungan Psychological Well-Being dengan Loneliness pada Mahasiswa yang Merantau. Journal Psikogenesis, 4(2), 170. https://doi.org/10.24854/jps.v4i2.344

Juita, B. D., Susanti, R. H., Permatasari, D., & Bimbingan, P. (n.d.). Upaya Meningkatkan Tanggung Jawab Akademik Mahasiswa Manggarai Universitas PGRI Kanjuruhan Malang Melalui Konseling Kelompok Realita. 6(2), 6.

Kurniasari, E., Rusmana, N., & Budiman, N. (2019). Gambaran Umum Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa. 3(2), 7.

Kurniawan, S. R., & Eva, N. (2020). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Rantau. 11.

Ningrum, F. S. (2018). Layanan Konseling Pada Pendekatan Realita Di Era Digital Terkait Dengan Nilai-Nilai Budaya. 5.

Rantepadang, A., & Gery, A. B. (2020). Hubungan Psychological Well-Being Dengan Loneliness. Nutrix Journal, 4(1), 59. https://doi.org/10.37771/nj.Vol4.Iss1.428

Rohi, M. M. (2019). Hubungan Ketangguhan Dengan Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa Perempuan Yang Merantau Dari Luar Provinsi Jawa Timur. 14.

Sari, N. M., Amirus, K., & Febriani, C. A. (2021). Pengaruh Terapi Konseling Realitas dalam Mengurangi Stigma Diri pada Penderita TB. Jurnal Dunia Kesmas, 10(1), 120–129. https://doi.org/10.33024/jdk.v10i1.3054

Sekali, R. B. K. (2020). Upaya Meningkatkan Penerimaan Diri (SelfAcceptance) Siswa Melalui Konseling Individu Dengan Pendekatan Realita Kelas XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung. 2(2), 13.

Simanjuntak, J. G. L. L., Prasetio, C. E., Tanjung, F. Y., & Triwahyuni, A. (2021). Psychological Well-Being Sebagai Prediktor Tingkat Kesepian Mahasiswa. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 11(2), 158. https://doi.org/10.26740/jptt.v11n2.p158-175

Wirastania, A., & Farid, D. A. M. (n.d.). Efektivitas Konseling Realita Terhadap Resiliensi Diri Mahasiswa. 5.

Yuliani, I. (2018). Konsep Psycological Well-Being Serta Implikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling. 6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.