Literature review : layanan bimbingan dan konseling sebagai upaya meningkatkan self control

Ardi Nurhidayat, Mufied Fauziah

Abstract


Self control adalah kemampuan dalam mengatur tingkah lakunya sendiri, mengambil positif setiap peristiwa yang dialami positif dan menghindari hal – hal yang negatif.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam pelayanan bimbingan dan konseling yang tepat sebagai upaya meningkatkan self control.  Tinjauan sistematis ini merangkum berbagai hasil studi dari sumber google scholar yang diterbitkan 2017-2022 dari 5.810 kemudian ditemukan 8 artikel relevan yang dapat sebagai upaya meningkatkan self control. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu literature review yang memberikan tinjauan komprehensif. Analisis data nantinya akan menggunakan analisis isi. Hasil penelitian ini adalah layanan bimbingan dan konseling yang efektif dalam meningkatkan self control siswa.


Full Text:

PDF

References


Artini N. P. (2019). Penggunaan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Pengendalian Diri Pada Siswa Kelas IX Smp. Jurnal Konseling Gusjigang, 5(2).

Faijin F. (2020). Implementasi Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Self control Pada Siswa. Guiding World: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 1-10.

Fajarani, dkk. (2017). Peningkatan Self control Melalui Konseling Kelompok Teknik Modelling Pada Siswa Kelas Viii. Alibkin (Jurnal Bimbingan Konseling), 5(3).

Fatimah D. N. (2017). Layanan Bimbingan Klasikal Dalam Meningkatkan Self control Siswa Smp Negeri 5 Yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(1), 25-37.

Marsela R. D., & Supriatna M. (2019). Konsep Diri: Definisi Dan Faktor. Journal Of Innovative Counseling: Theory, Practice, And Research, 3(02), 65-69.

Mukhtar, dkk. (2016). Program Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Self-Control Siswa. Psikopedagogia Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 1-16.

Tarmizi, T., & Julianti, A. (2019). Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Self control Dalam Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Kelas Vii-9 Di Mts Al-Jam’iyatul Wasliyah Tembung. Al-Mursyid: Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan Dan Konseling Islam (Ikabki), 1(1).

Wijayanti, dkk. (2019). Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Self control Pada Siswa. Alibkin (Jurnal Bimbingan Konseling), 7(4).

Widayanti W, dkk. (2020). Efektivitas Konseling Kelompok Sfbc Dengan Teknik Exception Dan Miracle Question Untuk Meningkatkan Self control Pada Siswa Pelaku Tawuran Di Smk Nasional Cirebon. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2).

Yulia C. (2021). Efektivitas Konseling Cognitive Behavior Therapy Dalam Meningkatkan Kontrol Diri Siswa. Consilium: Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 8(1), 9-18


Refbacks

  • There are currently no refbacks.