Video interaktif sebagai alternatif layanan tentang manajemen waktu siswa

Nur Alizza Zahratunnisa, Irvan Budhi Handaka

Abstract


Penelitian ini berawal dari permasalahan yang sering terjadi pada siswa adalah tentang manajemen waktu. Siswa tidak memiliki pemahaman yang banyak mengenai manajemen waktu. Hal ini tentunya menimbulkan dampak yang negatif bagi siswa, yaitu siswa lebih banyak menggunakan waktunya untuk hal yang tidak penting. Sehingga guru BK membutuhkan media interaktif sebagai alternatif dalam layanan bimbingan kelompok tentang masalah manajemen waktu. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas video interaktif sebagai alternatif layanan tentang manajemen waktu siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur. Literatur yang digunakan adalah berasal dari jurnal penelitian dari 10 tahun sebelumnya. Hasil penelitiannya adalah berdasarkan penelitian sebelumnya, media interaktif dapat digunakan dalam layanan bimbingan kelompok. Karena hal tersebut dapat memudahkan guru untuk menyampaikan informasi serta siswa lebih tertarik untuk menonton video interaktif. Kesimpulannya video interaktif dapat digunakan sebagai alternatif layanan bimbingan kelompok mengenai permasalahan manajemen waktu siswa. Tujuannya agar siswa dapat lebih memahami dan menghargai waktu yang ada, sehingga siswa memanfaatkan waktunya sebaik mungkin untuk hal yang positif.

Full Text:

PDF

References


Bangun, N., & Saragih, A. H. (2015). Pengembangan Media Web Bimbingan Konseling. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3285

Budiastuti. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok Berbantuan Media Video-Klip Dapat Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).

Habsy, A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling: Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2).

Maryati. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Time Management Skill pada Siswa. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 4(1).

Muttaqin, R., & Tadjri, I. (2017). Keefektifan Layanan Informasi Karier Berbantuan Video Interaktif dan Live Modeling untuk Meningkatkan Pemahaman Karier Siswa SMP. 6.

Nurhidayati, D. D. (2016). Peningkatan Pemahaman Manajemen Waktu Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving pada Siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 24. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4592

Prasetya, B., Prasetiawan, H., & Dahlan, U. A. (2022). Upaya Meningkatkan Manajemen Waktu Melalui Bimbingan Klasikal Model Project Based Learning (PjBL) pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 8.

Pratiwi, S., Faisal, E. E., & Waluyati, S. A. (2018). Pengaruh Manajemen Waktu Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, 5(2), 8.

Setyorini, L. R. T., & Nugroho, P. W. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Interaksi Sosial Siswa SMA Negeri 1 Nguter. 1, 8.

Widyastuti, A. (2022). Peranan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Focus Group Disscussion Untuk Meningkatkan Ketrampilan Learning Time Management Pada Peserta Didik. Edu Consilium: Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, 3(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.