Layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan Kedisiplinan belajar siswa

Nazmi M Nurendang, Irvan Budhi Handaka

Abstract


Artikel ini akan membahas mengenai layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Disiplin belajar yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu belum patuh pada ketentuan belajar di sekolah, belum mendukung kegiatan belajar di sekolah, belum mempertahankan peraturan yang berlaku dalam proses pembelajaran di sekolah, dan belum mempunyai rasa tanggung jawab dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah agar siswa mampu memecahkan masalahnya dan meningkatkan disiplin belajar mereka di sekolah, rendahnya perilaku disiplin belajar siswa menjadi faktor terhambatnya proses belajar. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah perilaku disiplin belajar siswa di sekolah, perlunya diberikan layanan bimbingan kelompok teknik prblem solving. Penelitan yang digunakan disini yaitu studi literatur yang dimana penelitian studi literatur itu merupakan suatu proses pengumpulan beberapa penelitian terdahulu mengenai bimbingan kelompok teknik problem solving untuk meningkatkan kedisiplinan belajar. Gunanya untuk menjawab pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik problem solving ini efektif atau tidak jika di lakukan kepada siswa. Dan dari beberapa hasil penelitian ternyata layanan bimbingan kelompok teknik problem solving ini efektif dilakukan kepada siswa ada beberapa penelitian yang menjelaskan mengenai efektivitas bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan belajar. Setalah siswa diberikan layanan bimbingan kelompok atau dengan teknik problem solving kedisiplinan belajar pada siswa tersebut meningkat menjadi lebih baik.


Full Text:

PDF

References


Prayitno, Erman Amti, Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling (Jakarta: PT Rineka Cipta,2009), Hal. 309-310.

Anggraeni, D. (2021). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar. Seminar Nasional “Bimbingan dan Konseling Islami”.

Rahayu, J., Hidayat, S., Lidinillah, M. A. D. (2022). Analisis Kedisiplinan Belajar Siswa Pada Masa Covid-19 di kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9 (1) 14-27.

Amti dan Marjohan. Bimbingan dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan. (Bandung: Rineka Aditama. 2006). Hal. 69.

Febriyani, F., Susanto, B,. Maulana, A. M. (2019). Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving Siswa SMA: Jurnal Advice. Vol 1 (1); p.94-102.

Retong, L. M. (2019). Peningkatan Kedisiplinan Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok: Studi kelas XI SMA Negeri 1 Maumere. Gema Wiralodra, Vol 10, No 1 Hal 155-166.

Pangestuti, S. R., Wahyuni, N. (2021). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII Di SMPN 3 Sewon Tahun 2019/2020; Jurnal Bimbingan dan konseling. Vol. 6 No. 1.

Suwignyo, H., Nusantoro E. (2015). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas VII D; Jurnal bimbingan dan konseling. 4 (3).

Romlah, T. (2001). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok, (Malang : Universitas Negeri Malang). Hal. 93.

Hamiyah, N., Juhar, M. (2014). Strategi Belajar Mengajar di Kelas, (Jakarta : Prestasi Pustakarya). Hal. 127.

Djamarah, B. S,. Zani, A. (2010). Strategi Belajar, (Jakarta:Rineka Cipta). Hal 92.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.