Solution Focused Brief Counseling (SFBC) dengan memanfaatkan seni menggambar untuk mereduksi Academic Burnout pada siswa

Ataliya Khoirotunniswah Asy Syifa, Wahyu Nanda Eka Saputra, Rohmatus Naini

Abstract


Tuntutan akademik yang tinggi kepada siswa membuat siswa merasa terbebani yang mengakibatkan peserta didik menjadi jenuh dalam belajar atau disebut academic burnout yang  dimana siswa mengalami exhaustion, cynism, dan reduce academic efficacy. Academic burnout yang dialami siswa dapat menyebabkan berbagai macam dampak, yaitu : menurunnya prestasi academic siswa, terancam dikeluarkan dari sekolah, tidak masuk kelas (membolos), dan bahkan jika tidak diatasi dapat memicu bunuh diri. Sebagai seorang konselor perlu memperhatikan fenomena ini dengan  baik. Salah satu layanan yang dapat dipergunakan oleh konselor untuk membantu siswa adalah dengan  menggunakan  konseling  pendekatan  Solution Focused Brief Counseling berbasis seni menggambar. Tujuan peneltian ini adalah untuk menjabarkan implementasi konseling singkat berfokus solusi dengan bantuan seni menggambar untuk mereduksi academic burnout pada siswa. Pendekatan konseling singkat berfokus solusi dengan memanfaatkan seni menggambar ini dapat digunakan oleh guru BK untuk mengurangi academic burnout pada peserta didik. Metode penelitian yang diterapkan yaitu penelitian kualitatif atau yang dikenal sebagai kajian literature.. Kata kunci yang digunakan dalam pencarian jurnal kajian adalah academic burnout dan Solution Focused Brief Counseling (SFBC) berbasis seni kreatif. Hasil kajian literature menunjukkan bahwa konseling ringkas berfokus solusi dapat menggunakan bantuan seni menggambar yang dapat mereduksi burnout. Kajian literature pada penilitian ini dapat menjadi dasar untuk penelitian selanjutnya untuk menguji keefektivannya


Full Text:

PDF

References


Aguayo, R., Cañadas, G. R., Assbaa-Kaddouri, L., Cañadas-De la Fuente, G. A., Ramírez-Baena, L., & Ortega-Campos, E. (2019). A risk profile of sociodemographic factors in the onset of academic burnout syndrome in a sample of university students. International journal of environmental research and public health, 16(5), 707. https://doi.org/10.3390/ijerph16050707

Asrowi, A., Susilo, A. T., & Hartanto, A. P. (2020). ACADEMIC BURNOUT PADA PESERTA DIDIK TERDAMPAK PANDEMI COVID-19. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 123–130.

Astuti, R., Yusuf, M., & Karyanta, N. A. (2016). Hubungan Antara Emotion Focus Coping dan Motivasi Intrinsik Dengan Burnout Pada Siswa Program Akselerasi Di SMA Negeri 3 Surakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 5(1 Jun).

Ates, B. (2016). Effect of Solution Focused Group Counseling for High School Students in Order to Struggle with School Burnout. Journal of Education and Training Studies, 4(4), 27–34. https://doi.org/10.11114/jets.v4i4.1254

Aypay, A. (2017). A positive model for reducing and preventing school burnout in high school students. EDUCATIONAL SCIENCES-THEORY & PRACTICE, 17(4). https://doi.org/10.12738/estp.2017.4.0173

Bibi, S., Wang, Z., Ghaffari, A. S., Khalid, A., & Iqbal, Z. (2019). Factors Associated with School Burnout in High School Students of South Punjab, Pakistan. European Online Journal of Natural and Social Sciences, 8(4), pp-594.

Boumaaize, Z., Madhi, Y. E., Darif, H., & Faylali, H. E. (2021). Assessment of Academic Burnout among Moroccantrainee Teachers. Indian Journal of Forensic Medicine & Toxicology, 15(3), 4573.

Canevska, O., & Nergis Ramo Akgün. (2021). Implementation Of Art Therapy For Children Whit Special Edicational Needs. Gece Publishing.

Chen, H. L., Wang, H. Y., Lai, S. F., & Ye, Z. J. (2022). The Associations Between Psychological Distress and Academic Burnout: A Mediation and Moderation Analysis. Psychology Research and Behavior Management, 15, 1271. https://doi.org/10.2147/PRBM.S360363

Christiana, E. (2020). Burnout akademik selama pandemi covid 19. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, 8–15.

Corey, G. (2016). Theory and practice of counseling and psychotherapy, Enhanced. Cengage Learning.

Degges-White, S., & Davis, N. L. (2017). Integrating the expressive arts into counseling practice: Theory-based interventions. Springer Publishing Company.

Dewi, N. K., Ramli, M., & Radjah, C. L. (2021). Improving the Academic Resilience of Students Through the Focus Brief Counseling (SFBC) Solution Approach. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(2), 243–254.

Febriani, R. D., Triyono, T., Hariko, R., Yuca, V., & Magistarina, E. (2021). Factors affecting student’s burnout in online learning. Jurnal Neo Konseling, 3(3), 32–38.

Fiorilli, C., De Stasio, S., Di Chiacchio, C., Pepe, A., & Salmela-Aro, K. (2017). School burnout, depressive symptoms and engagement: Their combined effect on student achievement. International Journal of Educational Research, 84, 1–12. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2017.04.001

Gladding, S. T. (2016). The creative arts in counseling. Carolyn C. Baker.

Lisnawati, L., Suryaningsih, S., & Muslim, B. (2020). Penerapan Model Quantum Learning Sebagai Upaya Menurunkan Kejenuhan Belajar Siswa Dalam Mempelajari Kimia. Jambura Journal of Educational Chemistry, 2(1), 18–27.

Maslach, C., & Leiter, M. P. (2016). Understanding the burnout experience: Recent research and its implications for psychiatry. World psychiatry, 15(2), 103–111.

Muflihah, L., & Savira, S. I. (2021). Pengaruh Persepsi Dukungan Sosial Terhadap Burnout Akademik Selama Pandemi. Jurnal Penelitian Psikologi Mahasiswa, 8(02), 201–2011.

Na’imah, T., & Mudjahid, Q. (2018). Hard Work and Academic Burnout on Students Taking Thesis in Private Universities. Advanced Science Letters, 24(1), 95–99. https://doi.org/10.1166/asl.2018.11930

Orpina, S., & Prahara, S. A. (2019). Self-efficacy dan burnout akademik pada mahasiswa yang bekerja. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(2), 119–130. https://doi.org/10.30653/001.201932.93

Ozan, M. B., & Yüksel, G. (2021). The Effect of School Burnout on Academic Achievement and Well-Being in High School Students: A Holistic Model Proposal. International Journal of Contemporary Educational Research, 8(1), 145–162. https://doi.org/10.33200/ijcer.824488

Prilianinda, P., Lianawati, A., & Sutijono, S. (2020). Bimbingan kelompok teknik self instruction efektif untuk mereduksi burnout belajar siswa VII SMP Taruna Jaya 1 Surabaya. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 312–316.

Putri, D. A., Saputra, W. N. E., Hartanto, D., & Nugraha, A. (2019). The effectiveness of solution focused brief counseling (SFBC) based on creative art to reduce students social aggressive behaviour. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 6(2), 60–67. https://doi.org/10.29407/nor.v6i2.13616

Quick, E. K. (2008). 11—Positive Psychology and the Strategic Solution Focused Model (E. K. Quick, Ed.). Academic Press. https://doi.org/10.1016/B978-012374175-2.50012-2

Rahman, D. H. (2020). Validasi School Burnout Inventory versi Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(2), 85–93.

Rahmi, A., & Nurhasnah, N. (2020). Pengembangan Modul Seni Kreatif dalam Memberikan Layanan Bimbingan Konseling Inovatif. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 4(2), 163–180.

Ramadhani, E., & Sari, S. P. (2021). Konseling Singkat Berfokus Solusi Untuk Mengurangi Burnout Selama Belajar Mandiri Dari Rumah Pada Siswa. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling, 2(02), 166–177. https://doi.org/10.36728/cijgc.v2i02.1651

Ramadhani, R., Masrul, M., Nofriansyah, D., Abi Hamid, M., Sudarsana, I. K., Sahri, S., Simarmata, J., Safitri, M., & Suhelayanti, S. (2020). Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan. Yayasan Kita Menulis.

Sagita, D. D., & Meilyawati, V. (2021). Tingkat Academic Burnout Mahasiswa di Masa Pandemi COVID-19. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 8(2), 104–119.

Saputra, W. N. E., Wiretna, C. D., Utami, S. R., & Ramadhani, A. (2018). Drawing Solution: Ekspresi Seni dalam Konseling Ringkas Berfokus Solusi. Jurnal Fokus Konseling, 4(2), 185–191. https://doi.org/10.52657/jfk.v4i2.636

Sari, S. P., Indasari, M., & Surtiyoni, E. (2020). Konseling Kelompok Singkat Berorientasi Solusi menggunakan media boneka untuk mengurangi agresivitas Siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(2), 147–159.

Seungju Hyun & Wonyoung Cho. (2021). The Effect of Cadet’s Attentional Control to Perceived Stress and Academic Burnout. Journal of Military Art and Science, 77(3), 59–87.

Skodova, Z., Lajciakova, P., & Banovcinova, L. (2017). Burnout syndrome among health care students: The role of Type D personality. Western journal of nursing research, 39(3), 416–429. https://doi.org/10.1177/0193945916658884

Sugara, G. S. (2017). Integrasi Terapi Sandtray Dengan Pendekatan Konseling Berfokus Solusi Pada Anak Yang Mengalami Trauma. Jurnal Fokus Konseling, 3(1), 32–46.

Suranata, K., & Prakoso, B. B. (2020). Program web-based SFBC untuk mereduksi kecemasan akademik siswa saat pandemi COVID-19; sebuah pilot studi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 6(2), 47–52.

Yusuf, S. A., & Khasanah, U. (2019). Kajian Literatur Dan Teori Sosial Dalam Penelitian. Metode Penelitian Ekonomi Syariah, 80.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.