Faktor yang mempengaruhi gangguan emosional pada remaja yang kecanduan game online

Marshanda Putri Riswanto, Mufied Fauziah

Abstract


Artikel ini membahas tentang hubungan antara kecanduan game online dengan masalah emosional remaja. Salah satu penyimpangan yang dilakukan oleh remaja akibat kecanduan game online adalah game online itu sendiri, termasuk perilaku kekerasan. Remaja yang mengaku kalah saat bermain game online menjadi tidak stabil secara emosional dan terlibat dalam perilaku kekerasan. Oleh karena itu, banyak anak muda yang berlomba-lomba dalam permainan online untuk mendapatkan kepuasan psikologis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan elemen-elemen yang menyebabkan sensitivitas emosional remaja akibat kecanduan game online. Subjek penelitian ini adalah remaja. Artikel  yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kajian literatur yang diperoleh dari beberapa jurnal di Google Schoolar. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder. Teknik analisis data pada penilitian ini menggunakan content analysis dengan artikel yang dipilih sesuai dengan pernyataan pada penelitian ini sebanyak 11 artikel. 

Full Text:

PDF

References


Nasution, I. K. (2007). Perilaku merokok pada remaja. Medan: Fakultas Kedokteran Universitas Sumatra Utara.

Masya, H., & Candra, D. A. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku gangguan kecanduan game online pada peserta didik kelas x di madrasah aliyah al furqon prabumulih tahun pelajaran 2015/2016. Konseli: jurnal bimbingan dan konseling (ejournal), 3(2), 103-118.

WH, D. P., Hartanto, F., & Hendrianingtyas, M. Hubungan Durasi Dan Frekuensi Bermain Video Game Dengan Masalah Mental Emosional Pada Remaja. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 3(1), 112619.

Juliani, I. R., & Wulandari, I. S. M. (2022). HUBUNGAN TINGKAT KECANDUAN GADGET DENGAN GANGGUAN EMOSI DAN PERILAKU REMAJA KELAS 8. Jurnal Keperawatan BSI, 10(1), 30-40.

Setiawan, F., & Winarti, Y. (2021). Literature Review Hubungan Kecanduan Smartphone dengan Gangguan Emosional Remaja. Borneo Student Research (BSR), 3(1), 574-581.

Hidayati, K. B., & Farid, M. (2016). Konsep diri, adversity quotient dan penyesuaian diri pada remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 5(02), 137-144.

Ulfa, M., & Risdayati, R. (2017). Pengaruh kecanduan game online terhadap perilaku remaja di mabes game center jalan hr. subrantas kecamatan tampan pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).

Suplig, M. A. (2017). Pengaruh kecanduan game online siswa SMA kelas X terhadap kecerdasan sosial sekolah kristen swasta di Makassar. Jurnal jaffray, 15(2), 177-200.

Irawan, S. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecanduan Game Online Peserta Didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 7(1).

Adiningtiyas, S. W. (2017). Peran guru dalam mengatasi kecanduan game online.

KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 4(1).

Rani, D., Hasibuan, E. J., & Barus, R. K. I. (2018). Dampak Game Online Mobile

Legends: Bang Bang terhadap Mahasiswa. Perspektif, 7(1), 6-12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.