Fenomena kepercayaan diri pada remaja tingkat sekolah menengah kejuruan (SMK) sebelum Pandemic Covid-19

Ajeng Mayna Saria, Agus Ria Kumara

Abstract


Kepercayaan diri yang ada pada setiap individu menjadi salah satu aspek kepribadian yang sangat penting dalam perkembangan seseorang. Kepercayaan diri dapat bertumbuh ketika seseorang mengalami proses belajar dalam hidupnya. Proses belajarnya pun tidak hanya di lingkungan sekolah saja namun dilingkungan keluarga hingga lingkungan masyarakat. Rasa percaya sendiri dapat muncul ketika seseorang memiliki keyakinan akan kemampuannya dalam mencapai tujuan dalam hidupnya menggunakan potensi-potensi yang ada pada dirinya sebagai sumber kekuatan. Penelitian ini tentu memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui fenomena kepercayaan diri yang terjadi pada peserta didik di jenjang sekolah menengah kejuruan (SMK) sebelum pandemic melanda negara Indonesia. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan salah satu jenis penelitian yaitu kualitatif dengan metode kajian literature atau atau  literature review, dimana peneliti melakukana analisis untuk mendeskripsikan fenomena kepercayaan diri pada remaja di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK. Sumber pustaka yang digunakan dalam penulisan ini adalah dengan memahami berbagai jurnal dan juga prosiding. Dalam artikel ini dibahas terkait dengan adanya permasalahan rendahnya kepercayaan diri peserta didik di berbagai sekolah kejuruan yang ada di Indonesia yang disebabkan oleh beberapa faktor baik faktor internal maupun eksternal. Artinya ini memerlukan perhatian khusus dari berbagai pihak baik guru, konselor maupun orang tua untuk berkejasama agar peserta didik mampu berkembang secara optimal dengan versinya masing-masing. Harapannya hasil penelitian kajian literature ini dapat digunakan sebagai bekal untuk para konselor dalam memberikan bantuan berupa layanan bimbingan dan konseling sekolah.


Full Text:

PDF

References


Buku

Krisphianti, Y. D., Setyaputri, N. Y., & Gumilang, G. S. (2021). Ground, Understand, Revise, Use (Guru) Untuk Percaya Diri Remaja SMK Bisa. CV. Penerbit Qiara Media. https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625

Jurnal

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.29210/02017182

Handayani, Y. (2019). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Bimbingan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas X Ips1 Sma Negeri 1 Weleri Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 6–15. https://doi.org/10.24905/jcose.v1i2.24

Junaida, H. K. C. (2016). Meningkatkan Percaya Diri dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pengembangan Modul Mata Pelajaran Mmeberikan Pelayanan Kepada Pelanggan Guided Inquiry. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 75–93.

Kamaruddin, N. (2019). HIPNOTERAPI DALAM PENGUATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMK PENERBANGAN ANGKASA ARDHYA GARINI (AAG) ADISUTJIPTO YOGYAKARTA. 1–9. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78

Larassati, R., Astuti, L. P., & Yogyakarta, U. (2017). Peningkatan Percaya Diri Siswa Menggunakan LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI PENDEKATAN PERSON CENTERED. Basic Education, 1(1), 238–248.

Manoma, S. (2019). Seri Ilmu-ilmu Sosial dan Kependidikan Volume 3 Nomor 2 Tahun 2019 http://journal.unhena.ac.id. 3(2014), 76–86.

Oktariani, M., Barlian, I., & Fatimah, S. (2017). Analisis Tingkat Kepercayaan Diri Peserta Didik Program Lintas Minat Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 14 Palembang. Jurnal Profit, 1(1), 92–106.

Prasetiawan, H., & Saputra, W. N. E. (2018). Profil tingkat percaya diri siswa SMK Muhammadiyah kota Yogyakarta. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 19. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.2248

Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri “X.” Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7(1), 43. https://doi.org/10.26740/jptt.v7n1.p43-49

Rubio, P. F. (2013). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dalam Berkomunikasi Dengan Komunikasi Interpersonal. 1, 81–109.

Suryani, C. D. (2019). Peningkatan Kepercayaan Diri melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas X PS2 SMK Negeri 1 Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(3), 252–269. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i3.14997

Tambusai, K. (2021). Bimbingan Kelompok Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. Al-Irsyad, 11(1), 117. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v11i1.9500

Yanti, F. (2017). Hubungan Antara Citra Tubuh Dengan Kepercayaan Diri Pada Remaja Putri. 15. http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/1255/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.