Layanan konseling kelompok menggunakan pendekatan Cognitive Behavior Therapy teknik Self Management dalam mereduksi intensitas penggunaan smartphone pada siswa

Lola Febriyanti, Siti Muyana

Abstract


Di era seperti sekarang, manusia tidak lepas dari hadirnya teknologi smartphone yang selalu memunculkan kecanggihan dan selalu menunjukkan pembaharuan. Namun, di balik kecanggihan ini, terdapat pengaruh dan dampak negatif yang dapat terjadi akibat tingginya intensitas penggunaan smartphone seperti penundaan akademik atau penundaan tugas, kemalasan belajar, kurangnya interaksi sosial, menurunnya konsentrasi belajar dan minat belajar, mempengaruhi perilaku pada anak-anak bahkan sampai-sampai ada yang kecanduan dan menimbulkan masalah kesehatan. Masalah-masalah ini harus diperhitungkan ketika memberikan layanan bimbingan dan konseling. Konseling kelompok yang menggunakan pendekatan manajemen diri dan pendekatan terapi perilaku kognitif adalah salah satu layanannya. Untuk dapat mengontrol, mengontrol, dan mengatur intensitas penggunaan smartphone merupakan tujuan dari layanan konseling kelompok untuk pendekatan CBT terhadap strategi manajemen diri. Tujuan lainnya adalah agar siswa lebih jarang menggunakan smartphone agar tidak menggunakannya secara berlebihan. Studi literatur dan studi tinjauan pustaka adalah metodologi yang digunakan dalam karya ini.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, A., Thalib, M., & Munifah, M. (2016). Upaya mereduksi perilaku prokrastinasi

akademik melalui konseling kelompok dengan teknik self management (studi kasus di kelas XI SMA Negeri 2 Palu). Jurnal Konseling dan Psikoedukasi.

Jane E Fisher, william T odonohue. (2017) Cognitiv Behavior Therapy (Yogyakarta: Pustaka

Pelajar).

Gavali, M. Y., Khismatrao, D. S., Gavali, Y. V., & Patil, K. B. (2017). Smartphone, the new

learning aid amongst medical students. Journal of clinical and diagnostic research: JCDR, 11(5), JC05.

Hayes, S. C., Follette, V. M., & Linehan, M. M. (Eds.). (2004). Mindfulness and acceptance:

Expanding the cognitive-behavioral tradition. New York: Guilford Press.

Hayes, S. C., Strosahl, K. D., & Wilson, K. G. (Eds.). (2011). Acceptance and commitment

therapy: The process and practice of mindful change (2nd ed.). New York: Guilford Press.

Corey, G. (2015). Theory & Practice of Group Counseling.

Elna Yuslaini Siregar, & Rodiatul Hasanah Siregar. (2013). Penerapan Cognitive Behavior Therapy (CBT) Terhadap Pengurangan Durasi Bermain Games Pada Individu Yang Mengalami Games Addiction. Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 9(Juni), 17–24.

Irna, S. (2020). The effect of smartphone usage on student discipline, motivation and learning achievement. Journal of Physics: Conference Series, 1521(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032105

Mochamad Nursalim, Strategi dan Intervensi Konseling, Jakarta: Akademi Permata, 2013

Muhammad Reza, R., & Mulawarman, M. (2021). Efektivitas Konseling Kelompok Online Pendekatan Behavior Teknik Self Management Untuk Mengurangi Kecenderungan Kecanduan Game Online Siswa. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling, 2(1), 22–30. https://doi.org/10.36728/cijgc.v2i1.1432

Nuryani, E. (2014). Hubungan intensitas mengakses facebook dengan motivasi belajar siswa sma negeri 2 tenggarong seberang. Jurnal ilmu komunikasi, 2(3), 178-192.

Nurningtyas, F., & Ayriza, Y. (2021). Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Intensitas Penggunaan Smartphone Pada Remaja. Acta Psychologia, 3(1), 14–20. https://doi.org/10.21831/ap.v3i1.40040

Melumad, S., & Pham, M. T. (2020). The smartphone as a pacifying technology. Journal of Consumer Research, 47(2), 237-255.

Oemarjoedi, A. Kasandra. Pendekatan Cognitive Behavior dalam Psikoterapi . Jakarta: Kreativ Media, 2003.

Permatasari, I., Yusmansyah, & Widiastuti, R. (2019). Penggunaan Bimbingan Kelompok Teknik Self Management untuk Menurunkan Kecenderungan Nomophobia Siswa SMA. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 7(5), 1–15. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/19915

PLANO DE DISCIPLINA - PROF LEONARDO - POLÍTICAS PÚBLICAS. (2019). No Titיליle. ペインクリニック学会治療指針2, 1–9. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78

Retnowulan, D. A., & Warsito, H. (2013). Penerapan Strategi Pengelolaan Diri (Self Management) untuk Mengurangi Kenakalan Remaja Korban Broken Home. Jurnal BK Unesa, 3(01), 335-340.

Rinjani, H., & Firmanto, A. (2013). Kebutuhan afiliasi dengan intensitas mengakses facebook pada remaja. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 76-85.

Rismanto. 2016. ”Meningkatan Self Management Dalam Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modelling”. Jurnal Penelitian Tindakan BK, Volume 02, Nomor 01.

Setioninggrum, F. (2019). Hubungan antara konsep diri dan gaya hidup dengan intensitas penggunaan gadget pada remaja. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 1–165. http://repository.radenintan.ac.id/7952/1/SKRIPSI FULL.pdf

Sholihah, N. (2013). Penerapan Strategi Self-Management Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Pada Siswa Tunadaksa Cerebral Palcy Kelas IV SDLB-D YPAC SURABAYA. Jurnal BK Unesa, 3(1), 1–13.

Sukayasa, M. dkk. 2014. ”Penerapan Teori Konseling Behavioral Dengan Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Xi C Ap Smk Negeri 1 Singaraja”. eJurnal Undiksha, Volume 2, Nomor 1.

Suwanto, I. (2016). Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Membantu Kematangan Karir Siswa SMK. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 1(1), 1. https://doi.org/10.26737/jbki.v1i1.96

Syifa, A. (2020). Intensitas penggunaan smartphone, prokrastinasi akademik, dan perilaku phubbing Mahasiswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 83. https://doi.org/10.25273/counsellia.v10i1.6309

Tim May, Malcolm Williams, Richard Wiggins, and P. A. B. (2021). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title (Issue 1996).

Wilantika, C. F. (2015). Pengaruh penggunaan smartphone terhadap kesehatan dan perilaku remaja. Jurnal Obstretika Scientia, 3(2), 1–18.

Xy = 0,675. (2013). 01(01), 76–85.

Gibson, Robert L & Mitchell, Marianne H. (2016). Bimbingan dan Konseling. Pustaka

Belajar.

Prayitno, Haji & Amti, Erman. (2013). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta :

Rineke Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.