Pengembangan instrumen skala penerimaan diri pada mahasiswa

Puput Novita Saria, Mufied Fauziah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument skala penerimaan diri dan menguji kelayakan instrument ditinjau dari validitas dna reliabilitas instrumen. Pendekatan penelitian yang digunakan dalah penelitian pegembangan dengan desain 3D yang merupakan bentuk penyederhanaan dari desain penelitian pengembangan menurut Thiagarajan yaitu 4D. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan. Analisis data menggunakan analisis product moment untuk mengetahui validitas butir pernyataan pada instrument skala penerimaan diri, sedangkan uji reliabilitas menngunakan alpha cronbach. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, dari 35 butir pernyataan terdapat 32 butir valid dan sebanyak 3 butir tidak valid. Untuk nilai reliabilitas instrument ialah sebesar 0, 907 dan termasuk pada kategori tinggi. Pengembangan instrument ini dapat dimanfaatkan oleh konselor/Guru BK atau pihak yang membutuhkan dalam melakukan pengumpulan data terutama data terkait tingkat penerimaan diri siswa, sehingga dapat diberikan layanan yang tepat. 


Full Text:

PDF

References


Rahmadi, A. N., & Heryanto, B. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri. Jurnal Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1(2).ppppppp

Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1). ppppppp

Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan Reliabilitas Kuisioner Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah. Prosiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020. ppppppp

Dililla, M., Dantes, N., & Suranata, K. (2020). Pengembangan Instrumen Skala Kecemasan Menghadapi Ujian Pada Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(2). ppppppp

Zuhdi, M. S. (2019). Pengembangan Inventori Resiliensi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. At-Taujih: Bimbingan dan Konseling Islam, 2(1). ppppppp

Nugroho, A. F. (2018). Teori-teori bimbingan konseling dalam pendidikan. Jurnal Tawadhu, 2(1), 428-446. ppppppp

Triananda, S. F., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peranan Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Remaja. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9106-9110. ppppppp

Ulan, A., Idris, I., & Alwi, N. M. (2021). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Permainan untuk Membantu Meningkatkan Penerimaan Diri Siswa. Pedagogika, 120-133. ppppppp

Utari, M., & Rumyeni, R. (2017). Pengaruh media sosial Instagram Akun @princessyahrini terhadap gaya hidup hedonis para followersnya (Doctoral dissertation, Riau University). ppppppp

Evi, T. (2020). Manfaat bimbingan dan konseling bagi siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1), 72-75. ppppppp

Ardimen, A. (2018). Visi baru konselor sekolah dalam rangka meningkatkan kualitas layanan pendidikan di sekolah dan madrasah. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 4(1), 22-29.pp

Meilana, M. S. (2021). MEDIA SOSIAL BAGI PENERIMAAN DIRI, HARGA DIRI DAN KEBAHAGIAAN REMAJA: APAKAH AKAN MERUSAK ATAU MEMBANGUN?. Jurnal Selaras, 4(2), 132-143. ppppppp

Hasmalawati, N. (2018). Pengaruh citra tubuh dan perilaku makan terhadap penerimaan diri pada wanita. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 2(2), 107-115. ppppppp

Putri, R. K. (2018). Meningkatkan self-acceptance (penerimaan diri) dengan Konseling Realita berbasis Budaya Jawa. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling (Vol. 2, No. 1, pp. 118-128). ppppppp

Sitorus, M. W., Badrujaman, A., & Fitri, S. (2019). Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan metode permainan terhadap penerimaan diri siswa. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1), 18-23. ppppppp

Winarsih, M., Nasution, E. S., & Ori, D. (2020). Hubungan dukungan keluarga dengan penerimaan diri orang tua yang memiliki ABK di SLB Cahaya Pertiwi Kota Bekasi. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 4(2), 73-82. ppppp

Firmansyah, O. B. M., Bashori, K., & Hayati, E. N. (2019). Pengaruh terapi pemaafan dengan dzikir untuk meningkatkan penerimaan diri pada orang dengan hiv/aids (odha). Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 5(1), 13-23. ppppppp

Waney, N. C., Kristinawati, W., & Setiawan, A. (2020). Mindfulness Dan Penerimaan Diri Pada Remaja Di Era Digital. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 22(2), 73-81. ppppppp

Hensides, M. F. I. (2018). Penerimaan Diri Lansia Di Panti Werdha. Fakultas Psikologi: Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. ppppppp

Ramadhiati, A. (2020). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Religiusitas Dengan Penerimaan Diri Pada Lansia Di Desa Langkai (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. ppppppp

Septiana, A. C., & Muhid, A. (2022). EFEKTIVITAS MINDFULNESS THERAPY DALAM MENINGKATKAN SELF ACCEPTANCE REMAJA BROKEN HOME: LITERATURE REVIEW. Edu Consilium: Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, 3(1), 14-24. ppppppp


Refbacks

  • There are currently no refbacks.