Studi literatur tentang konseling kelompok teknik manajemen diri bermuatan nilai-nilai profetik untuk mereduksi nomophobia

Nurul Fitaningsih, Hardi Santosa

Abstract


Penggunaan smartphone secara berlebihan dan tidak bertanggung jawab dapat menyebabkan munculnya nomophobia. Nomophobia adalah gangguan dimana individu merasa tidak nyaman dan khawatir apabila tidak mengoperasikan smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah teori-teori tentang konseling kelompok dengan teknik manajemen diri, nilai-nilai profetik dalam konseling, nomophobia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain literatur review. Terdapat delapan artikel yang dianalisis untuk mencapai tujuan penelitian. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data teks yang bersumber dari google scholar yang dipublikasikan dari tahun 2018 sampai tahun 2023. Analisis data dilakukan dengan menafsirkan, membandingkan, menghubungkan dan mecari keterkaitan antar variabel yang menjadi fokus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat tiga elemen dasar nilai-nilai profetik yaitu transendensi, humanisasi, dan liberasi, (2) konseling kelompok teknik manajemen diri mempunyai kekuatan memperluas wawasan diri, dapat bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan orang lain, (3) nomophobia semakin menggejala dikalangan generasi muda, (4) gejala nomophobia perlu intervensi melalui layanan konseling yang bermuatan nilai transendensi dan kekuatan diri. Untuk itu konseling kelompok manajemen diri bermuatan nilai profetik perlu diuji efektifitasnya dalam mereduksi nomophobia

Full Text:

PDF

References


Arifin, K. L., & Agustin, D. A. C. (2022). Nomophobia: Dampak perkembangan teknologi di era modern. Al-Maquro. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 03(01), 36–52.

Asih, A. T., & Fauziah, N. (2017). Hubungan antara kontrol diri dengan kecemasan jauh dari smartphone (nomophobia) pada mahasiswa jurusan ilmu komunikasi fakultas ilmu sosial dan politik Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 6(2), 15–20. https://doi.org/10.2147/PRBM.S41386

Astuti, N. R. W., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi Perkembangan IPTEK. Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 41–49.

Bakhtiar, M. I., Zahra, A. B., & Yusuf, A. (2021). Model Konseling Islam Berbasis Nilai Profetik Terhadap Moral Awareness Siswa.

Bragazzi, N., & Del Puente, G. (2014). A proposal for including nomophobia in the new DSM-V. Psychology Research and Behavior Management, 7, 155–160. https://doi.org/10.2147/PRBM.S41386

Dhion, F. T., Saputra, W. N. E., & Handayani, N. (2022). Keberhasilan Konseling Kelompok Teknik Manajemen Diri untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa SMP. Jurnal Psikoedukasi dan Konseling, 6(2), 57–66. https://doi.org/10.20961/jpk.v6i2.64244

Fajrina, N., & Alfiandi, R. (2021). Hubungan konsep diri dengan kecenderungan nomophobia pada remaja. JIM Fkep, 5(1), 9–15.

Fajriyah, F. M., & Kumara, A. R. (2021). Pengembangan layanan bimbingan kelompok teknik self management dengan komik strip untuk mengalihkan nomophobia siswa SMP N 16 Yogyakarta. PROSIDING Seminar Nasional “Bimbingan dan Konseling Islami,” 400–424.

Haderani, H. (2018). Tinjauan Filosofis tentang Fungsi Pendidikan dalam Hidup Manusia. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 41–49. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2103

Kurniati, D., & Jailani, M. S. (2023). Kajian Literatur: Referensi Kunci, State Of Art, Keterbaruan Penelitian (Novelty). 1.

Kurniawan, H., Mansur Tamam, A., & Hayyie Al-Kattani, A. (2021). Konsepsi Manusia Seutuhnya Dalam Kitab al-Insan al-Kamil Karya Abdul Karim al-Jili. Rayah Al-Islam, 5(01), 1–20. https://doi.org/10.37274/rais.v5i1.384

Mujahidin, E., Rahman, I. K., & Nur, F. (2020). Pendekatan bimbingan dan konseling gestalt profetik (G-PRO) untuk meningkatkan toleransi beragama siswa di SMA Ibnu ‘Aqil. 09.

Prasetiawan, H. (2016). Upaya mereduksi kecanduan game online melalui layanan konseling kelompok. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 116–125.

Pratiwi, F., Rahman, I. K., & Suhandi, T. (2019). Efektivitas bimbingan gestalt profetik untuk meningkatkan keimanan siswa kelas X di SMAN 10 Kota Bogor. 1(1).

Rahayuningrum, D. C., & Sary, A. N. (2019). Studi Tingkat Kecemasan Remaja Terhadap No-Mobile Phone (Nomophobia) di SMA Negeri Kota Padang. Ensiklopedia of Journal, 1(2), 34–37.

Safithry, E. A., & Anita, N. (2019). Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 33–41. https://doi.org/10.33084/suluh.v4i2.624

Santosa, H. (2022). Bimbingan dan Konseling Berparadigma Profetik. Yogyakarta: UAD PRESS.

Santosa, H., Setiawan, F., Inawati, I., & Setyanto, N. B. (2022). Pelatihan Implementasi Nilai-Nilai Profetik Bagi Guru SMK Musaba Untuk Mengembangkan Karakter Siswa Hardi. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 0(0), 127–1281.

Saryono. (2016). Konsep Fitrah dalam Perspektif Islam. Medina-te, Jurnal Studi Islam, 14(2), 161–174.

Setyowati, A., Suardiman, S. P., Lestari, N. T., & Dahlan, U. A. (2023). Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Self Management Untuk Mereduksi Kecanduan Game online (Pada Siswa Kelas VIII) di SMP Negeri 1 Pundong. Indonesian Journal Of Educational Counseling, 7(1), 15–22.

Sulkha, D. U., & Masykur, A. M. (2021). Hubungan antara regulasi diri dengan kecemasan jauh dari smartphone pada siswa kelas XI SMAN 1 Tengaran. Jurnal EMPATI, 10(2), 108–115. https://doi.org/10.14710/empati.2021.31002

Ulfa, M., & Suarningsih, N. K. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Melalui Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kapontori. PSIKOLOGI KONSELING, 12(1), 120–132. https://doi.org/10.24114/konseling.v12i1.12181

Vandelis, P., Armaita, & Ramaita. (2019). Hubungan Ketergantungan Kecemasan (Nomophobia). Jurnal Kesehatan, 10(2), 89–93.

Widyastuti, D. A., & Muyana, S. (2018). Potret Nomophobia (No Mobile Phone Phobia) di Kalangan Remaja. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 62–71. https://doi.org/10.26638/jfk.513.2099

Yildirim, C., & Correia, A.-P. (2015). Exploring the Dimensions of Nomophobia: Development and Validation of a Self-Reported Questionnaire. Computers in Human Behavior Journal, 49, 130–137.

Yıldırım, D. S. (2018). Nomophobia Among Undergraduate Students: The Case Of A Turkish State University. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 9(4), 11–20.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.