Studi literatur tentang konseling kelompok teknik manajemen diri bermuatan nilai-nilai profetik untuk mereduksi nomophobia
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arifin, K. L., & Agustin, D. A. C. (2022). Nomophobia: Dampak perkembangan teknologi di era modern. Al-Maquro. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 03(01), 36–52.
Asih, A. T., & Fauziah, N. (2017). Hubungan antara kontrol diri dengan kecemasan jauh dari smartphone (nomophobia) pada mahasiswa jurusan ilmu komunikasi fakultas ilmu sosial dan politik Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 6(2), 15–20. https://doi.org/10.2147/PRBM.S41386
Astuti, N. R. W., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi Perkembangan IPTEK. Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 41–49.
Bakhtiar, M. I., Zahra, A. B., & Yusuf, A. (2021). Model Konseling Islam Berbasis Nilai Profetik Terhadap Moral Awareness Siswa.
Bragazzi, N., & Del Puente, G. (2014). A proposal for including nomophobia in the new DSM-V. Psychology Research and Behavior Management, 7, 155–160. https://doi.org/10.2147/PRBM.S41386
Dhion, F. T., Saputra, W. N. E., & Handayani, N. (2022). Keberhasilan Konseling Kelompok Teknik Manajemen Diri untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa SMP. Jurnal Psikoedukasi dan Konseling, 6(2), 57–66. https://doi.org/10.20961/jpk.v6i2.64244
Fajrina, N., & Alfiandi, R. (2021). Hubungan konsep diri dengan kecenderungan nomophobia pada remaja. JIM Fkep, 5(1), 9–15.
Fajriyah, F. M., & Kumara, A. R. (2021). Pengembangan layanan bimbingan kelompok teknik self management dengan komik strip untuk mengalihkan nomophobia siswa SMP N 16 Yogyakarta. PROSIDING Seminar Nasional “Bimbingan dan Konseling Islami,” 400–424.
Haderani, H. (2018). Tinjauan Filosofis tentang Fungsi Pendidikan dalam Hidup Manusia. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 41–49. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2103
Kurniati, D., & Jailani, M. S. (2023). Kajian Literatur: Referensi Kunci, State Of Art, Keterbaruan Penelitian (Novelty). 1.
Kurniawan, H., Mansur Tamam, A., & Hayyie Al-Kattani, A. (2021). Konsepsi Manusia Seutuhnya Dalam Kitab al-Insan al-Kamil Karya Abdul Karim al-Jili. Rayah Al-Islam, 5(01), 1–20. https://doi.org/10.37274/rais.v5i1.384
Mujahidin, E., Rahman, I. K., & Nur, F. (2020). Pendekatan bimbingan dan konseling gestalt profetik (G-PRO) untuk meningkatkan toleransi beragama siswa di SMA Ibnu ‘Aqil. 09.
Prasetiawan, H. (2016). Upaya mereduksi kecanduan game online melalui layanan konseling kelompok. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 116–125.
Pratiwi, F., Rahman, I. K., & Suhandi, T. (2019). Efektivitas bimbingan gestalt profetik untuk meningkatkan keimanan siswa kelas X di SMAN 10 Kota Bogor. 1(1).
Rahayuningrum, D. C., & Sary, A. N. (2019). Studi Tingkat Kecemasan Remaja Terhadap No-Mobile Phone (Nomophobia) di SMA Negeri Kota Padang. Ensiklopedia of Journal, 1(2), 34–37.
Safithry, E. A., & Anita, N. (2019). Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 33–41. https://doi.org/10.33084/suluh.v4i2.624
Santosa, H. (2022). Bimbingan dan Konseling Berparadigma Profetik. Yogyakarta: UAD PRESS.
Santosa, H., Setiawan, F., Inawati, I., & Setyanto, N. B. (2022). Pelatihan Implementasi Nilai-Nilai Profetik Bagi Guru SMK Musaba Untuk Mengembangkan Karakter Siswa Hardi. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 0(0), 127–1281.
Saryono. (2016). Konsep Fitrah dalam Perspektif Islam. Medina-te, Jurnal Studi Islam, 14(2), 161–174.
Setyowati, A., Suardiman, S. P., Lestari, N. T., & Dahlan, U. A. (2023). Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Self Management Untuk Mereduksi Kecanduan Game online (Pada Siswa Kelas VIII) di SMP Negeri 1 Pundong. Indonesian Journal Of Educational Counseling, 7(1), 15–22.
Sulkha, D. U., & Masykur, A. M. (2021). Hubungan antara regulasi diri dengan kecemasan jauh dari smartphone pada siswa kelas XI SMAN 1 Tengaran. Jurnal EMPATI, 10(2), 108–115. https://doi.org/10.14710/empati.2021.31002
Ulfa, M., & Suarningsih, N. K. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Melalui Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kapontori. PSIKOLOGI KONSELING, 12(1), 120–132. https://doi.org/10.24114/konseling.v12i1.12181
Vandelis, P., Armaita, & Ramaita. (2019). Hubungan Ketergantungan Kecemasan (Nomophobia). Jurnal Kesehatan, 10(2), 89–93.
Widyastuti, D. A., & Muyana, S. (2018). Potret Nomophobia (No Mobile Phone Phobia) di Kalangan Remaja. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 62–71. https://doi.org/10.26638/jfk.513.2099
Yildirim, C., & Correia, A.-P. (2015). Exploring the Dimensions of Nomophobia: Development and Validation of a Self-Reported Questionnaire. Computers in Human Behavior Journal, 49, 130–137.
Yıldırım, D. S. (2018). Nomophobia Among Undergraduate Students: The Case Of A Turkish State University. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 9(4), 11–20.
Refbacks
- There are currently no refbacks.