Strategi layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemandirian belajar pada siswa

Reneta Mage Tania, Caraka Putra Bhakti

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini yaitu memberikan suatu gambaran dan juga alternatif strategi layanan bimbingan kelompok yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa Sekolah Menengah Pertama. Kemandirian belajar merupakan suatu kewajiban dan kebutuhan yang mana siswa harus. Karena ketika siswa emiliki kemandirian belajar tenatu saja mereka mampu melakukan dan menentukan cara belajar mereka secara efektif agar dapat mencapai tujuan belajar secara optimal. Namun pada kenyataanya, terdapat beberapa siswa Sekolah Menengah Pertama yang masih mempunyai tingkat pada kemandirian belajar yang rendah. Dalam hal ini dapat terlihat dari kurangnya tanggung jawab siswa terkait proses belajar, kurang nya kreatifitas yang dimiliki oleh siswa untuk melaksanakan pembelajaran dan juga siswa selalu bergantung kepada orang lain. Dari tingkat rendahnya  kemandirian belajar pada siswa dapat mengakibatkan proses belajar yang tidak efektif dan juga menurunya prestasi akademik siswa. Maka dari itu upaya untuk meningkatkan kemandirian belajar dibutuhkan peran guru bimbingan dan konseling untuk melaksanakan bimbingan kelompok guna membantu siswa untuk meningkatkan kemandirian belajar tersebut. Bimbingan kelompok menjadi  alternatif dan Upaya dalam mencapai serta meningkatkan kemandirian belajar siswa. Karena terdapat beberapa teknik yang menunjang, contohnya seperi home room, psikodrama, role palying, diskusi kelompok dan juga problem based learning. Untuk dapat menunjang layanan bimbingan kelompok guru bk harus memberikan layanan secara inovatif dan kreatif, sesuai dengan Teknik yang digunakan dalam peningkatan kemandirian belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Badriyah, R. D. U., & Yanti, I. G. A. N. (2022). Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling: Kajian dan Aplikasi, 1(1), 54-61.

Fatmala, S. (2021). Efektifitas Teknik Role Playing Menggunakan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI SMK Ma’arif 01 Malang (Doctoral dissertation, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang).

Hadijah, S. (2023). Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Kelas X SMAN 2 Batanghari. Paedagogy: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 3(1), 69-77.

Hartanti, J. (2022). Bimbingan kelompok.

Khusna, A. U., Handayani, A., & Ajie, G. R. (2020). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Psikodrama Terhadap Kemandirian Belajar: Group Coaching With Psikodrama Techniques On Learning Independence. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(2), 36-43.

Primara, L. L. R., Prasetiawan, H., & Prasetya, A. B. (2022, October). Keefektivan layanan bimbingan kelompok metode problem based learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bantul. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 2).

Ramadani, A. I. S., Alam, F. A., & Rauf, W. (2022). Implementasi Bimbingan Kelompok Dalam Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 2(1), 1-12.mbingan dan Konseling, 2(1), 1-11.

Satria, M., & Ibrahim, S. T. (2021). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Homeroom Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Di SMPN 12 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Susilo, T., & Kurniawan, D. E. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas Vii Di Smp It Masjid Syuhada Yogyakarta. Advice: Jurnal Bi

Syelitiar, F., & Putra, A. (2021). Systematic Literatur Review: Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring. Sepren, 2(2), 23-31


Refbacks

  • There are currently no refbacks.