Efektifitas layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa sekolah SMAN 1 Rajagaluh

Anissa Nur Halimatussayyidah, Akhmad Fajar Prasetya

Abstract


Masih banyak siswa yang tidak lanjutkan ke perguruan tinggi karena kurangnya motivasi dari diri dan lingkungan sekitarnya masih kurangnya strategi guru BK dalam pelaksanaan bimbingan karir sehingga layanan bimbingan yang diberikan menjadi kurang optimal. Masih banyaknya siswa yang belum mampu menumbuhkan motivasi untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi sehingga menghambat siswa dalam mengambil keputusan ,kurangnya minat siswa, dan kurangnya dorongan dari keluarga dan lingkungan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, kurangnya strategi guru BK dalam pelaksanaan bimbingan karir sehingga layanan bimbingan menjadi kurang optimal. Rendahnya motivasi siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Keterbatasan pengetahuan siswa tentang perguruan tinggi sehingga lambat dalam mengambil keputusan, kurangnya minat siswa untuk melanjutkan ke peirguiruian tinggi, kuirangnya dorongan dari keiluiarga dan lingkuingan uintuik meilanjuitkan kei peirguiruian tinggi, kondisi eikonomi siswa rata-rata meineingah kei atas namuin siswa tidak ada keiteirtarikan uintuik meilanjuitkan kei peirguiruian tinggi, kuirangnya layanan informasi karir, siswa yang meilanjuitkan kei peirguiruian tinggi hanya siswa-siswa beirpreistasi. Deisain peineilitian dalam peineilitian ini adalah quiasi-eikspeirimeintal uintuik meinguiji variabeil indeipeindein dan deipeindein.Teiknik peinguimpuilan data ini meingguinakan angkeit dan skala.  Beirdasarkan paradigma teirseibuit peineiliti ingin meingeitahuii angka peingaruih program bimbingan karir uintuik meiningkatkan motivasi meilanjuitkan peindidikan kei peirguiruian tinggi. Suibjeik peineilitian adalah siswa keilas XII SMAN 1 Rajagaluih yang teirdiri dari keilas IPA dan IPS seibanyak 420 siswa deingan sampeil 40 siswa. Proseiduir peinguimpuilan data meingguinakan meitodei obseirvasi ini dilakuikan uintuik meingamati proseis bimbingan karir seipeirti cara guirui BK meimbeirikan layanan bimbingan karir dan keigiatan yang dilakuikan siswa pada saat proseis bimbingan beirlangsuing seirta meingamati keiadaan lingkuingan seikolah. Dan juiga peinyeibaran instruimein angkeit deingan meimakai jeinis angkeit teirtuituip dan cara meimbeirikan deingan cara langsuing di mana angkeit dijawab oleih reispondein yang beirsangkuitan dan dibeiri keiseimpatan uintuik meimbeirikan jawaban yang diseidiakan. Angkeit diguinakan uintuik meimpeiroleih data langsuing dari reispondein meingeinai variabeil bimbingan karir dan variabeil motivasi meilanjuitkan peindidikan keipeiduilian tinggi.Angkeit ataui skala ini meindeiskripsikan variabeil beibas (indeipeindein) yang diteiliti adalah bimbingan karir, seidangkan variabeil teirikatnya (deipeindein) adalah motivasi meilanjuitkan kei peirguiruian tinggi. Seilain itui, angkeit ataui skala ini meinguingkapkan peingaruih bimbingan karir teirhadap motivasi meilanjuitkan kei peirguiruian. Beirdasarkan analisis angkeit dan skala, bimbingan karir beirpeingaruih teirhadap motivasi meilanjuitkan kei peirguiruian tinggi. Teirdapat peingaruih positif peilayanan bimbingan karir teirhadap motivasi meilanjuitkan kei peirguiruian tinggi di seikolah SMA Neigeiri 1 Rajagaluih. Seimakin seimakin baik peimbeirian layanan bimbingan karir teirhadap siswa maka seimakin tinggi minat meilanjuitkan peindidikan kei peirguiruian tinggi pada diri siswa, seibaliknya makin kuirang peilaksanaan layanan bimbingan karir keipada siswa maka seimakin reindah minat majui dan peindidikan keipeirluian tinggi pada siswa

Full Text:

PDF

References


Ariianah, A., Susantii, D., & Eiffeindii, Ei. (2019). Peingaruh Kondiisii Sosiial Eikonomii Orang Tua Teirhadap Motiivasii Siiswa Meilanjutkan Studii Kei Peirguruan Tiinggii Keilas Xiiii SMA Muhammadiiyah 2 Karang Teingah. Utiiliity: Jurnal Iilmiiah Peindiidiikan dan Eikonomii, 3(1), 15–28. https://doii.org/10.30599/utiiliity.v3ii1.556

Eindang Woro Kasiih, Ei. N., Gulö, Ii., Srii Wahyuniingsiih, N., & Amaliia Saadah, R. (2022). Motiivasii Meilanjutkan Studii Kei Peirguruan Tiinggii Bagii Siiswa SMA Deisa Margosarii. Eimpoweirmeint: Jurnal Peingabdiian Masyarakat, 1(4), 482–488. https://doii.org/10.55983/eimpjcs.v1ii4.180

Rahmadanii, N. (2021). Kiineirja Guru Bk Dalam Meilaksanakan Program BK Layanan Biimbiingan Kariir Dii SMA. Jurnal Biimbiingan dan Konseiliing Teirapan, 5(1), 37. http://dx.doii.org/10.30598/jbkt.v5ii1.1070

Iistiirahayu, Ii., Mayasarii, D., Fiitriiyadii, S., & Damayantii, Z. (2018). Biimbiingan Kariir Teirhadap Peimiiliihan Studii Lanjut Siiswa Keilas XIiIi. Jurnal Biimbiingan dan Konseiliing Teirapan, 2(2), 139. http://dx.doii.org/10.30598/jbkt.v2ii2.372

Anshorii, M., & Iiswatii, S. (2019). Meitodologii peineiliitiian kuantiitatiif: eidiisii 1. Aiirlangga Uniiveirsiity Preiss.

Seityawan, B. (2019). Peingeimbangan meidiia Googlei Siitei dalam biimbiingan klasiikal dii SMAN 1 Sampung. Nusantara of Reiseiarch: Jurnal Hasiil-hasiil Peineiliitiian Uniiveirsiitas Nusantara PGRIi Keidiirii, 6(2), 78-87.

Asrii, R., Yusuf, A. M., & Afdal, A. (2021). Peiniingkatan Keimatangan Kariir Siiswa deingan Teiorii Holland. SCHOULIiD: Iindoneisiian Journal of School Counseiliing, 6(2), 121-132.

Bahriidah, P., Yusuf, A. M., & Afdal, A. (2021). Teiorii Traiit And Factor Dalam Peirkeimbangan Biimbiingan Kariir Dii SMA. Riisteikdiik: Jurnal Biimbiingan Dan Konseiliing, 6(1), 135-141.

Nii'matuzahroh, S. P. M. S., & Praseityaniingrum, S. (2018). Obseirvasii: teiorii dan apliikasii dalam psiikologii (Vol. 1). UMMPreiss

Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran articulate storyline kurikulum 2013 berbasis kompetensi peserta didik abad 21 tema 7 kelas IV sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193-204.

Ningsih, Y. L., Misdalina, M., & Marhamah, M. (2017). Peningkatan hasil belajar dan kemandirian belajar metode statistika melalui pembelajaran blended learning. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 155-164.

Angelina, P. R. (2018). Optimalisasi Bimbingan dan Konseling Karir di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Sntp, 1.

Bahri, S. (2020). Studi Evaluasi Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Pencerahan, 14(1), 39-61.

Sari, A. K., Yusuf, A. M., Iswari, M., & Afdal, A. (2021). Analisis teori karir krumboltz: Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1).

Setyawan, B. (2019). Pengembangan media Google Site dalam bimbingan klasikal di SMAN 1 Sampung. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 6(2), 78-87.

Fathimatuzzahrah, A. (2020). Keefektifan Format Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Stad Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 1-8.

Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan konseling sekolah. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 17(4), 447-454.

Yusuf, S., & Nurihsan, A. J. (2019). Landasan bimbingan dan konseling.

Wibowo, D. M. L. M. E., & Tadjri, I. (2018). Pengembangan modul bimbingan karir berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan kematangan karir siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1).

Nurrillah, S. L. (2017). Program Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Kematangan Karir Mahasiswa. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 1(01).

Caroline, E. (2019). Metode Kuantitatif. Media Sahabat Cendekia.

Nugroho, S., & Umanto, F. D. D. E. (2017). Metode kuantitatif..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.