Pengembangan media pop up book morality dalam layanan bimbingan kelompok teknik simulation games untuk mengatasi degradasi moral pada peserta didik

Nuri Cholidah Hanum, Ariadi Nugraha

Abstract


Degradasi moral anak dapat terjadi karena berbagai faktor, termasuk pengaruh lingkungan, pendidikan, media, dan nilai-nilai yang ditanamkan dalam keluarga dan masyarakat. Perubahan sosial, perkembangan teknologi, dan perubahan nilai-nilai budaya juga dapat mempengaruhi perkembangan moral anak. Bimbingan kelompok menjadi salah satu layanan dalam bimbingan dan konseling sebagai layanan preventif atau upaya untuk pencegahan dalam mengatasi masalah serta meningkatkan keterampilan tertentu pada konseli. Dalam hal ini guru bimbingan dan konseling memiliki peran penting sebagai pemimpin kelompok, selain itu diperlukan adanya sebuah inovasi media dalam layanan bimbingan kelompok. Inovasi media dalam layanan bimbingan kelompok dapat memberikan banyak manfaat dan meningkatkan efektivitas intervensi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kajian studi literatur dengan mengumpulkan berbagai macam jurnal yang terkait dengan pokok pembahasan penelitian. Hasil dari beberapa penelitian yang sudah ada sebelumnya menunjukkan bahwa media sangat berperan penting dalam mendukung terlaksananya layanan bimbingan kelompok serta menarik semangat peserta didik dalam mengikuti layanan

Full Text:

PDF

References


Abidah, A. (2023). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Degradasi Moral Pelajar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 2716-2725.

Bela, D. V., Susilawati, N., & Sholehah, I. N. (2020). Upaya Meningkatkan Moral Peserta Didik Melalui Media POP UP Pintar Di Sekolah Dasar. PAKAR Pendidikan, 18(1), 9-18.

BISRI, M. H. (2016). Efektivitas Penggunaan Pop-Up Sebagai Media Belajar Anak Pada Materi Pokok Geometri (Bangun Ruang) Di Rumah Singgah Sanggar Alang-Alang Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).

Cahyani, D. D., & Sari, M. (2020). Penggunaan media pop up book dalam menanamkan pendidikan moral pada anak usia dini. Journal of Civics and Moral Studies, 5(1), 73-86.

Febriana, R. (2021). Evaluasi pembelajaran. Bumi Aksara.

Heni, M. (2023). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Sikap Remaja Dalam Pencegahan Hiv/Aids Pada Siswa Smk Negeri I Wanareja (Doctoral dissertation, Universitas Al-Irsyad Cilacap).

Ikhsan, A., & Hartanto, D. (2021, August). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Model Pop-Up untuk Meningkatkan Pemahaman Perilaku Bullying Siswa Kelas VII SMP N 2 Piyungan. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1).

Isnaeni, N., & Hildayah, D. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148-156.

Kurniawan, A. R., & Maulia, S. T. (2023). Lunturnya Moral Milenial Akibat Dampak Negatif Sosial Media. Civilia: Jurnal Kajian Hukum dan Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1), 42-52.

Mufidah, E. F. (2021). Efektivitas Buku Pop-Up Karier untuk Meningkatkan Kesadaran Karier Siswa Sekolah Dasar. Ristekdik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 158.

Munif, A., Syahamah, W., Damayanti, B. A., & Fadhilah, R. Y. (2023). Sosialisasi pada remaja yang Terdampak Sosial Media terhadap Pergaulan Bebas (Studi di MTs Al-Ihsan Desa Banjaragung, Bareng, Jombang). NAJWA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 9-19.

Oka, G. P. A. (2022). Media dan multimedia pembelajaran. Pascal Books.

Purwoko, Y. (2023). Memasuki Masa Remaja Dengan Akhlak Mulia. Nuansa Cendekia.

Saimun, S. (2022). Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Mengkontruksi Religiusitas Remaja. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 6(2).

Saniyyah, L., Setiawan, D., & Ismaya, E. A. (2021). Dampak penggunaan gadget terhadap perilaku sosial anak di desa jekulo kudus. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2132-2140.

Sari, M., & Fauzan, A. (2023). Dampak Lingkungan Sosial Terhadap Kenakalan Remaja: Studi Kasus Di Dusun Suka Damai II Desa Monta Baru Kecamatan Lambu Kabupaten Bima. TAMADDUN: Jurnal Ilmu Sosial, Seni, dan Humaniora, 1(1), 26-37.

Sulfemi, W. B. (2018). Penggunaan metode demontrasi dan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Ips. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 151-158.

Tsoraya, N. D., Khasanah, I. A., Asbari, M., & Purwanto, A. (n.d.). Literaksi : Jurnal Manajemen Pendidikan Pentingnya Pendidikan Karakter Terhadap Moralitas Pelajar di Lingkungan Masyarakat Era Digital. xx(xx), 7–12.

Umar, F. (2023). Strategi Konselor Dalam Upaya Menanggulangi Kenakalan Remaja. Fitrawan Umar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.