Konseling kelompok untuk meningkatkan keterampilan sosial dan resiliensi pada remaja yang terpapar kekerasan atau trauma

Aghni Rohmaniati, Ulfa Danni Rosada

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas konseling kelompok dalam meningkatkan keterampilan sosial dan resiliensi pada remaja yang terpapar kekerasan atau trauma. Remaja yang mengalami kekerasan atau trauma sering kali menghadapi tantangan dalam mengembangkan hubungan social yang sehat dan membangun kemampuan untuk pulih dari pengalaman traumatis.Studi ini melibatkan partisipan remaja yang telah mengalami kekerasan atau trauma, yang dibagi ke dalam kelompok konseling kelompok. Sesi konseling kelompok difokuskan pada pengembangan keterampilan sosial, seperti keterampilan komunikasi, penyelesaian konflik, dan empati, serta memperkuat resiliensi remaja dalam menghadapi stres dan kesulitan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial dan resiliensi pada remaja yang terpapar kekerasan atau trauma. Melalui partisipasi aktif dalam kegiatan kelompok, remaja dapat belajar dari pengalaman dan cerita orang lain, membangun hubungan yang mendukung, dan mengembangkan keterampilan interpersonal yang positif. Selain itu, konseling kelompok juga memberikan ruang aman bagi remaja untuk berbagi pengalaman mereka dan mendapatkan dukungan emosional dari sesama anggota kelompok yang mengalami pengalaman serupa. Hal ini dapat meningkatkan rasa saling pengertiandan memperkuat ikatan sosial yang penting untuk pemulihan dan pertumbuhan remaja.Dalam kesimpulannya, konseling kelompok merupakan pendekatan yang efektif dalam membantu remaja yang terpapar kekerasan atau trauma untuk meningkatkan keterampilan sosial dan resiliensi. Program konseling kelompok yang terstruktur dan terarah dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi remaja, membantu mereka mengatasi dampak negatif kekerasan atau trauma, dan membangun pondasi yang kuat untuk masa depan yang lebih sehat dan lebih baik

Full Text:

PDF

References


Botchway, E. N. A., & Kwapong, K. A. (2019). Effects of group counseling on social skills of adolescents who have experienced violence in Ghana. Social Work Research, 43(2), 120-131. 2.

de Pelaez, B., & Cardona, M. D. M. (2021). Effects of group counseling on resilience and academic performance in adolescents exposed to domestic violence. Children and Youth Services Review, 122, 105902.

Dinata, A. N., Murtini, M., & Safaria, T. (2019, November). Peran peer acceptance dan perilaku assertif pada keterampilan sosial remaja. In Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (pp. 327-334).

Ekayamti, E. (2020). Peningkatan Keterampilan Sosial Dan Harga Diri Remaja Retardasi Mental Ringan Melalui Modeling Partisipan Teman Sebaya. Media Keperawatan, 11(1), 43-50.

Grasso, D. J., Briggs-Gowan, M. J., Carter, A. S., & Goldstein, B. L. (2018). Group-based intervention to improve socioemotional skills and reduce depressive symptoms in adolescents exposed to traumatic stress: a pilot study. Journal of interpersonal violence, 0886260518794592.

Hoshmand, I., & Ollendick, T. (2018). Group cognitive-behavioral therapy for youth exposed to traumatic events: A randomized controlled trial. Journal of anxiety disorders, 54, 47-58.

Kliethermes, M., & White, J. (2020). From Hurting to Hopeful: Assessing an Intervention to Help Middle School Students with Adverse Childhood Experiences. Journal for Specialists in Group Work, 45(4), 311-329.

Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku konsumtif di kalangan remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2).

Prasetiawan, H. (2016). Upaya mereduksi kecanduan game online melalui layanan konseling kelompok. Jurnal Fokus Konseling, 2(2).

Puspitarini, A., Muninggar, A. F., Kurniawan, R. I., & Makhmudah, U. Group Counseling to Increase Students Confidence: A Systematical Literature Review. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 5, No. 2, pp. 554-562).

Syarofudin, A. (2023). Implementasi Konseling Krisis Untuk Mengatasi Trauma Korban Bullying Di Sekolah Menengah Atas. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 1862-1868.

Thompson, S., & Merrell, K. W. (2013). The effects of social skills training and peer coaching on the social behaviors of adolescents who have experienced maltreatment: a pilot study. Journal of child and family studies, 22(6), 838-846.

Warner-Richter, M., & Chen, D. E. (2020). Improving academic performance and well-being for Latino adolescents exposed to violence: An intervention using cognitive-behavioral therapy and problem-solving in group counseling format. Professional School Counseling, 24(1), 2156759X20952678.

Webb, A. K., Decker, L. R., & Roy, L. (2016). Increasing resiliency in adolescents exposed to domestic violence through a group counseling intervention. Journal of Family Violence, 31(1), 49-58.

Yoon, E., Lee, I., & Keum, B. (2019). The effects of group counseling with CBT on Korean adolescents’ posttraumatic stress and resilience: A pilot study. The Journal of Human Resource and Adult Learning, 15(2), 1-10.

Zhen, R., Mei, X., & Zhang, Y. (2018). Effects of group counseling on resilience and psychological status of adolescent survivors of the Wenchuan earthquake. Journal of loss and trauma, 23(7), 601-613


Refbacks

  • There are currently no refbacks.