Layanan bimbingan kelompok sebagai alternatif untuk meningkatkan disiplin belajar

Agil Kiranti Devi, Irvan Budhi Handaka

Abstract


Artikel ini memahas mengenai layanan bimbingan kelompok sebagai alternatif untuk meningkatkan disiplin belajar siswa. Disiplin belajar yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu ketaatan terhadap tata tertib sekolah, ketaatan terhadap kegiatan pembelajaran di sekolah, melaksanakan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya, serta disiplin belajar dirumah. Tujuan dari penelitian ini adalah agar siswa mampu memecahkan masalahnya serta dapat meningkatkan disiplin belajar, karena disiplin rendah dapat menjadi factor prestasi belajar siswa menurun. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah perilaku disiplin belajar siswa disekolah dibutuhkan suatu layanan bimbingan kelompok melalui teknik problem solving.  Layanan bimbingan kelompok adalah salah satu upaya dari program bimbingan konseling, yang memanfaatkan dinamika kelompok sebagai bentuk usaha bimbingan dengan memberikan informasi mengenai materi disiplin belajar.

Penelitian yang digunakan yaitu studi literatur, yaitu dengan mengumpulkan beberapa penelitian terdahulu mengenai bimbingan kelompok teknik problem solving untuk meningkatkan disiplin belajar. Hal ini guna mengatahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik problem solving apakah efektif atau tidak untuk mengatasi disiplin belajar pada siswa. Namun dari beberapa penelitian ternyata layanan bimbingan kelompok teknik problem solving ini sangat efektif untuk meningkatkan disiplin belajar pada siswa. Sehingga sikap disiplin belajar pada siswa meningkat menjadi lebih baik.

Full Text:

PDF

References


Al Ulwani Yusup, F. A. Y. Y. I. D. (2020). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Dan Minat Belajar Terhadap Disiplin Belajar (Survey Pada Peserta Didik Kelas XI IPS Di SMA KHZ. Musthafa Sukamanah) (Doctoral Dissertation, Universitas Siliwangi).

Choirudin, C., Anwar, M. S., & Khabibah, N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Problem Solving. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1-13.

Damayanti, P., Hendriana, H., & Rosita, T. (2022). Bimbingan Kelompok Online Dengan Teknik Diskusi Untuk Keterampilan Sosial Rendah. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 5(1), 1-8.

Erika, Erika, Astalini Astalini, And Dwi Agus Kurniawan. "Literatur Review: Penerapan Sintaks Model Pembelajaran Problem Solving Pada Kurikulum 2013." Edumaspul: Jurnal Pendidikan 5.1 (2021): 147-153.

Febriyani, F., Susanto, B., & Maulana, M. A. (2019). Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving Siswa SMA. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 94-102.

Febriyani, Fitria, Bambang Susanto, And Muhammad Arief Maulana. "Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving Siswa SMA." Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 1.2 (2019): 94-102.

Hidayat, R. C., Handaka, I. B., Setyowati, A., & Utomo, N. B. (2022). Upaya Meningkatkan Kedisplinan Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Simulasi Kelas VII J SMP Negeri 15 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 945-950.

Irmanto, Rian Anugrah. "Pengaruh Manajemen Kesiswaan Terhadap Disiplin Belajar Dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa." Jurnal Pendidikan UNIGA 11.1 (2017): 1-8.

Mutmainah, M., & Jayidah, H. N. (2022). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Di SMK Kahuripan 1 Jakarta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6371-6379.

Riwana, P. P., Syahril, S., Irsyad, I., & Sulastri, S. (2021). Kedisiplinan Siswa Dalam Mengikuti Proses Pembelajaran Di SMK N 6 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4349-4357.

Rochayah, S. (2019). Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa (Doctoral Dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

SAFITRI, Y. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 10 Metro Timur Tahun Pelajaran 2015/2016.

Simbolon, J. (2020). Penerapan Metode Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 13(1), 77-88.

Sutomo, M., & Sutomo, M. (2022). Jurnal Basicedu Vol 6 No 5 Tahun 2022 P-ISSN 2580-3735 E-ISSN 2580-1147 JURNAL BASICEDU Penulis Moh. Sutomo. JURNAL BASICEDU.

Syauqi, R. F. A., & Suhaili, N. (2022). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Peserta Didik

Dachmiati, S., & Amalia, R. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Self-Esteem Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 148-153


Refbacks

  • There are currently no refbacks.