Konseling kelompok dengan teknik simbolik: Strategi untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri siswa

Ambarwati Ambarwati, Wahyu Nanda Eka Saputra

Abstract


Percaya diri merupakan aspek yang  penting dalam mengembangkan potensi yang ada pada diri siswa. Dengan memiliki kepercayaan diri yang tinggi , diharapkan siswa dapat mencapai prestasi dan hasil belajar yang lebih baik. Tujuan penelitian ini Mendiskripsikan pola layanan simbolik untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri siwa.Penelitian ini adalah kajian literatur dengan melibatkan artikel-atikel yang sesuai dengan tujuan penelitian. Tinjauan literatur sitematis mencari dan mengulas berbagai artikel menggunakan mesin pencari jurnal, artikel/jurnal yang bereputasi. Studi ini meninjau beberapa artikel dengan langkah-langkah prosedur berikut : identifikasi,  penyaringan, kelayakan, dan masukan. Analisis data penelitian ini menggunakan ekstraksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konselor dapat menggunakan Teknik simbolik untik meningkatkan kepercayaan diri siswa. Tulisan ini akan membahas bimbingan kelompok dengan Teknik simbolik untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa

Full Text:

PDF

References


Andayani, B., & Afiatin, T. (1996). Konsep diri, harga diri, dan kepercayaan diri remaja. Jurnal Psikologi, 23(2), 23–30.

Bhakti, C. P., & Kurniawan, S. J. (2020). Konsep Psikoedukasi Berbasis Blended Learning bagi Remaja di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 52–60.

Bordbar, M. F., & Faridhosseini, F. (2012). Psychoeducation for bipolar mood disorder. Clinical, Research and Treatment Approaches to Affective Disorders, 13, 323–344.

Brown, N. W. (2018). Psychoeducational groups: Process and practice. Routledge.

Caraka, P. B., & Nindiya, E. S. (2015). Implementasi Permendikbud RI Nomor 111 Tahun 2014 Dalam Pengembangan Layanan BK di Sekolah Menengah. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 55–61.

Durrotunnisa, D., & Sari, T. D. (2022). Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 6828–6835. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2984

Hidayah, U. N. (2022). Interaksi Edukatif Antara Guru dan Peserta Didik Dalam Kitab Ta’LĪM Al-Muta’Allim dan Implikasinya di Era Disrupsi [PhD Thesis]. Universitas Islam Sultan Agung (Indonesia).

Islakh, A. (2019). Etika murid terhadap guru menurut kitab ta’lim al-muta’allim karya syaikh az-zarnuji [PhD Thesis]. IAIN Purwokerto.

Ismail, I. (2017). Konsep Etika Guru Dan Murid Dalam Persfektif Al-Zarnuji Dan Iman Ghazali Kitab Ta’limul Mutaalim Dan Ihya Ulumuddin [PhD Thesis]. UIN Raden Intan Lampung.

Konsep Diri, Harga Diri, Dan Kepercayaan Diri Remaja | Andayani | Jurnal Psikologi. (n.d.). Retrieved August 6, 2023, from https://journal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/10046

Puspitasari, D. N., Prabawangi, R. P., Ridhoi, R., Febrinan, J., & An-Nisa, L. (2019). Psikoedukasi membangun komunikasi efektif dalam menghadapi remaja pada guru SMA di Malang. Jurnal Graha Pengabdian, 1(2), 104–111.

Syamsiatun, R. (2018). Studi komparasi pemikiran al-Zarnuji dan KH. Hasyim Asy’ari tentang relasi guru dan murid dalam konteks pembelajaran [PhD Thesis]. IAIN Ponorogo.

Usman, I., Puluhulawa, M., & Smith, M. B. (2017). Teknik Modeling Simbolis Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2017, 84–92.

Walsh, J. F. (2010). Psychoeducation in mental health. Lyceum Books.

Winingsih, E., Naqiyah, N., Warsito, H., & Setiawati, D. (2022). Pengembangan Model Psikoedukasi Berbasis Self Management untuk Meningkatkan Keterampilan Pengelolaan Waktu. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 5(1), 41–46


Refbacks

  • There are currently no refbacks.