Efektifitas konseling kelompok teknik self management untuk meningkatkan disiplin belajar pada siswa

Anindita Hapsari Widyawati

Abstract


Disiplin belajar sangatlah diperlukan saat masuk masa remaja karena masa remaja merupakan masa yang penuh gejolak sehingga siwa sering dihadapkan pada rasa malas  persoalan-persoalan yang kompleks yang menjadi permasalahan yang dirasakan sulit oleh para siswa termaksud dalam hal belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah guna untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok dengan teknik self management untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Jenis metode penelitian yang digunakan menggunakan kajian literatur terdahulu. Subjek yang diteliti menggunakan subjek dari hasil penelitian terdahulu dan partisipan penelitiannya dengan hasil yang sesuai dengan pembahasan ini. Hasil penelitian konseling dengan Teknik self management digunakan dalam meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa. Hal itu  terbukti dengan perubahan perilaku siswa  yang diteliti mengalami perubahan dalam kedisiplinan belajarnya sebelum dan sesudah siswa melakukan proses konseling (menurut kajian terdahulu). Berdasarkan hasil penelitian terdahulu dapat disimpulkan bahwa konseling dengan menggunakan teknik self management dinyatakan cukup efektif dalam meningkatkan kedisiplinan pada siswa.

Full Text:

PDF

References


Gantina Komalasari, Teori dan Teknik..., h. 180.

Gantina Komalasari, Eka Wahyuni dan Karsih, Teori dan Teknik..., h .178.

Husamah, A to Z Kamus Lengkap Super Lengkap, (Yogyakarta: CV Andi Offset, 2015)

Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Edisi Keempat, (Jakarta: PT. Gramedia, 1995), h. 352.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. Ke-5, (Jakarta: Pustaka Phoenix, 2010), h. 625.

Lilis Ratna, Teknik-Teknik Konseling, (Yogyakarta: Deepublish, 2013), h. 59.

Maknun, F. H., Erwin, A., & Zarkasih, C. (2019). Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Self Management untuk Meningkatkan Disiplin Belajar. Jurnal Consulenza: Bimbingan Konseling dan Psikologi Volume. 1 (2)

Mochamad Nursalim, Strategi & Intevensi Konseling, (Jakarta: PT Indeks , 2014), h. 151.

Purnomosari, W. (2018). Efektifitas Konseling Kelompok dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa (Penelitian Siswa Kelas VII F SMP Negeri 1 Sawangan Magelang) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Rahmawati, G. A. (2019). Efektifitas Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X TPM SMK Muhammadiyah 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019.

The Liang Gie, Cara Belajar yang Baik bagi Mahasiswa edisi kedua, (Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Press, 2000), h. 77.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.