Modul blended konseling sebagai sarana pelayanan bagi konselor

Riski Zulmi Permana, Agus Supriyanto

Abstract


Artikel ini berjudul "Modul Blended Konseling sebagai Sarana Pelayanan bagi Konselor" dan membahas tentang pengembangan modul blended counseling sebagai alat yang efektif bagi konselor dalam memberikan pelayanan kepada klien. Modul blended counseling mengintegrasikan konseling tatap muka dan konseling online untuk menciptakan pendekatan yang fleksibel dan responsif terhadap kebutuhan klien. Dalam artikel ini, kami menjelaskan kelebihan dan kekurangan blended counseling, serta implikasinya dalam praktek konselor. Kelebihan blended counseling meliputi fleksibilitas waktu dan aksesibilitas yang lebih baik, kombinasi keunggulan kedua metode, dan kontinuitas perawatan. Namun, juga diakui bahwa ada kompleksitas organisasi dan potensi gangguan teknis yang perlu diperhatikan. Selanjutnya, artikel ini juga membahas pentingnya komunikasi yang efektif dan manajemen teknologi dalam pelayanan blended counseling

Full Text:

PDF

References


Atmoko, A., Indreswari, H., Simon, I. M., & Utami, N. W. (2020). Coping Self-Talk Training Using Blended Learning To Develop Counselors’ Competence. Proceedings Of The 2nd International Seminar On Guidance And Counseling 2019 (ISGC 2019). 2nd International Seminar On Guidance And Counseling 2019 (ISGC 2019), Yogyakarta, Indonesia. Https://Doi.Org/10.2991/Assehr.K.200814.058

Atmoko, A., Indreswari, H., Simon, I. M., Utami, N. W., & Bariyyah, K. (T.T.). Analisis Kebutuhan Siswa Dalam Layanan Konseling Berbasis Blended Learning Dan Implikasinya Terhadap Pengembangan Karakter.

Hörmann, M. (2018). Blended Counseling. Soziale Arbeit, 67(6), 202–209. Https://Doi.Org/10.5771/0490-1606-2018-6-202

Jannah, R., & Marjo, H. K. (2022). Etika Profesi Konselor Dalam Layanan Bimbingan Konseling Virtual. Jurnal Paedagogy, 9(1), 55–61. Https://Doi.Org/10.33394/Jp.V9i1.4556

Mansyur, A. I., Badrujaman, A., Imawati, R., & Fadhillah, D. N. (2020). Konseling Online Sebagai Upaya Menangani Masalah Perundungan Di Kalangan Anak Muda. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.23917/Jpis.V29i2.8501

Nurdyansyah, N., & Nahdliyah, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Http://Eprints.Umsida.Ac.Id/1607/

Pramesti, M., Putri, A. R., Assyidiq, M. H., & Rafida, A. A. (2022). Adiksi Narkoba: Faktor, Dampak, Dan Pencegahannya. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(2), Article 2.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak Dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA. Jpf (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.24252/Jpf.V7i1.7155

Rakhmawati, D. (2017). Konselor Sekolah Abad 21: Tantangan Dan Peluang. Jurnal Konseling Gusjigang, 3(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.24176/Jkg.V3i1.1067

Syarqawi, A. (2019). Konseling Keluarga: Sebuah Dinamika Dalam Menjalani Kehidupan Berkeluarga Dan Upaya Penyelesaian Masalah. Al-Irsyad: JURNAL PENDIDIKAN DAN KONSELING, 7(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.30829/Al-Irsyad.V7i2.6702

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Implikasi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) Bagi Pemberdayaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kompetensi Konselor. Jurnal Tahsinia, 2(1), 67–77. Https://Doi.Org/10.57171/Jt.V2i1.293

Zainudin, Z. N., & Yusop, Y. M. (2018). Client’s Satisfaction In Face-To-Face Counselling And Cyber Counseling Approaches: A Comparison. International Journal Of Academic Research In Business And Social Sciences, 8(3), Pages 677-684. Https://Doi.Org/10.6007/IJARBSS/V8-I3/3992

Zamani, Z. A., Nasir, R., & Yusooff, F. (2010). Perceptions Towards Online Counseling Among Counselors In Malaysia. Procedia - Social And Behavioral Sciences, 5, 585–589. Https://Doi.Org/10.1016/J.Sbspro.2010.07.146

Zeren, Ş. G. (2016). Face-To-Face And Online Counseling: Client Problems And Satisfaction. TED EĞİTİM VE BİLİM, 40(182). Https://Doi.Org/10.15390/EB.2015.4696


Refbacks

  • There are currently no refbacks.