Kajian literature review tentang remaja korban Cyberbullying pengguna instagram di indonesia

Etha Bertania

Abstract


Cyberbullying adalah pernyataan yang dapat menyinggung dan menyakiti perasaan orang lain yang dilakukan dengan sengaja melalui media sosial. Media sosial yang digunakan untuk melakukan tindakan cyberbullying salah satunya Instagram. Rangkuman pada beberapa penelitian terdahulu menyatakan pelaku cyberbullying rata-rata berusia 14-24 tahun yang aktif dalam mengakses media sosial. Tujuan dalam penelitian ini yaitu, dapat melihat faktor penyebab terjadinya cyberbullying yang dialami remaja pengguna media sosial, dapat mengetahui dampak psikologis, sosial, dan mental korban perilaku cyberbullying terhadap remaja yang ada di media sosial, mengetahui bentuk-bentuk cyberbullying pada media sosial Instagram, dan mengetahui upaya pencegahan dari cyberbullying di media sosial Instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis studi literature. Hasil penelitian berdasarkan studi literature, bahwa hasil yang pertama terkait faktor penyebab cyberbullying adalah keluarga; teman; media sosial; ras dan budaya; ketidaktahuan resiko hukum; imitasi; dan iri hati. Kemudian hasil penelitian yang kedua terkait dampak korban perilaku cyberbullying adalah psikologis; psikososial; akademik; dan fisik. Kemudian, hasil yang ketiga terkait bentuk dari cyberbullying diantaranya adalah called name; threatened physical harm; opinion slammed; flaming; identity theft; outing; mis-information; dan cyber stalking. Kemudian, hasil yang terakhir terkait upaya pencegahan cyberbullying adalah pola asuh orang tua yang tepat dengan menerapkan jenis pola asuh demokratis (mengajarkan kemandirian sesuai standar, menerapkan aturan disiplin yang sewajarnya, menasihati terlebih dahulu bila anak melakukan kesalahan dibandingan menghukumnya); orang tua beserta guru berperan aktif untuk membimbing remaja dalam berperilaku di media sosial sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku di masyarakat; mengarahkan atau mendampingi remaja supaya dapat mengontrol tindakan atau perilakunya saat menggunakan media sosial seingga lebih bijak dalam berkomunikasi dalam dunia maya; dan seorang guru perlu melakukan pendekatan kepada siswa supaya siswa dapat menyeleksi teman dekat supaya dapat memberikan dampak positif untuk diri individu. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah dapat memberikan kepada masyarakat terkait dengan beberapa bentuk cyberbullying dan sebagai suatu edukasi untuk melakukan preventif terhadap cyberbullying yang ada di kalangan remaja. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah hasil penelitian ini tidak dapat digeneralisasikan pada lingkup diluar sampel. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah dapat mengembangkan media yang dapat digunakan sebagai upaya preventif dari perilaku cyberbullying yang marak terjadi di kalangan remaja

Full Text:

PDF

References


Aini, D. F. N. 2018. “Self Esteem Pada Anak Usia Sekolah Dasar Untuk Pencegahan Kasus Bullying”. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan sekolah Dasar, Vol. 6 No.1.

Anderson, C. 2010. “Presenting and Evaluating Qualitative Research”. American Journal of Pharmaceutical Education, Vol. 74 No. 8.

Anggraeni, S. A., Lotulung, L. J. H., & Kalangi, J. S. 2022. “Motif Perilaku Cyberbullying Remaja di Media Sosial Twitter”. Acta Diurna Komunikasi, Vol. 4 No. 2.

Amat. 2021. “Pertumbuhan, Perkembangan dan Kematangan Individu”. Society Jurnal Prodi Tadris IPS, 12(1): 59-75.

Antama, F., Zuhdy, M., & Purwanto, H. 2020. “Faktor Penyebab Cyberbullying yang Dilakukan oleh Remaja di Kota Yogyakarta”. Jurnal Penegakan Hukum dan Keadilan, Vol. 1 No. 2.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). 2022. Survey Profil Internet Indonesia. https://apjii.or.id/gudang-data/hasil-survei (diakses 16 April 2023).

Basir, N. S. D., Tsalatsa, S. L., & Kresna, M. T. 2022. “Persepsi Wanita dalam Menentukan Standar Kecantikan di Tiktok dan Instagram”. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), Vol. 1.

Bunga, D. 2019. “Analisis Cyberbullying dalam Berbagai Perspektif Teori Viktimologi”. VYAVAHARA DUTA, 14(2): 48-63.

CNBC Indonesia. 2021. Instagram Jadi Platform Cyberbullying Tertinggi. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210329162607-39-233727/instagram-jadi-platform-cyberbullying-tertinggi (diakses 22 Februari 2023).

Dewi, H. A., Suryani., & Sriati, A. 2020. “Faktor-Faktor yang mempengaruhi Cyberbullying pada Remaja: A Systematic Review”. Journal of Nursing Care, Vol. 3 No. 2.

Emilia & Leonardi, T. 2013. “Hubungan antara Kompetensi Sosial dengan Perilaku Cyberbullying yang Dilakukan oleh Remaja Usia 15-17 Tahun”. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial, Vol. 2 No. 2.

Fazry, L & Apsari, N. C. 2021. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Cyberbullying di kalangan Remaja”. Jurnal Ppengabdian dan Penelitian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(1): 28-36.

Hertini, M. F & Ismawati, S. 2023. “Techno Prevention Sebagai Kebijakan Non-Penal Dalam Upaya Penanggulangan Kejahatan Cyberbullying”. Jurnal Komunikasi Hukum, Vol. 9 No. 1.

Imani, F. A., Kusmawati, A., & Tohari, M. A. 2021. “Pencegahan Kasus Cyberbullying Bagi Remaja Pengguna Media Sosial”. KIDMAT SOSIAL: Journal of Social Work and Social Services, Vol. 2 No. 1.

Malihah, Z & Alfiasari. 2018. “Perilaku Cyberbullying pada Remaja dan Kaitannya dengan Kontrol Diri dan Komunikasi Orang Tua". Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, Vol. 11 No. 2.

Marsinun, R & Riswanto, D. 2020. “Perilaku Cyberbullying Remaja di media Sosial”. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 12(2): 98-111.

Maya, N. 2015. “Fenomena Cyberbullying di Kalangan Pelajar”. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Vol. 4 No. 3.

Mujuburrahman, H. 2022. Tiga Dosa Besar Pendidikan, Apa dan Bagaimana Solusinya? https://www.indonesiana.id/read/159698/tiga-dosa-besar-pendidikan-apa-dan-bagaimana-solusinya (diakses 3 Maret 2023)

Mutma, F. S. 2019. “Deskripsi Pemahaman Cyberbullying di Media Sosial Pada Mahasiswa”. Jurnal ilmu Komunikasi, Vol. 13 No. 2,

Novitasari, D., Lestari, W., & Hayati, R. 2022. “Hubungan Kontrol diri dengan Kecanduan Media Sosial pada Remaja di Kota Pontianak”. Eksistensi, Vol. 4 No. 1.

Pandie, M. M & Weismann, I. Th. J. 2016. “Pengaruh Cyberbullying di Media Sosial Terhadap Perilaku Reaktif sebagai Perilaku Maupun sebagai Korban Cyberbullying pada Siswa Kristen SMP Nasional Makassar”. Jurnal JAFFRAY, Vol. 14 No. 1.

Persada, S. P. 2014. “Fenomena Perilaku Cyberbullying di dalam Jejaring Sosial Twitter”. Skripsi. Semarang: Program Pascasarjana Undip.

Pratama, K. R. 2021. Instagram, Media Sosial Pemicu Cyberbullying Tertinggi. https://www.google.co.id/amp/s/amp.kompas.com/tekno/read/2021/03/29/07164137/instagram-media-sosial-pemicu-cyberbullying-tertinggi (diakses 22 Februari 2023).

Pratiwi, S. J., Pongoh, J. K., & Tuwaidan, H. 2022. “Pencegahan Tindak Pidana KekerasanMelalui Media Sosial (Cyberbullying) Berdasarkan Perspektif Hukum Positif”. LEX CRIMEN.

Rachmayanti, A & Candrasari, Y. 2022. “Perilaku Cyberbullying di Instagram”. LINIMASA: Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 5 No. 1.

Rusyidi, B. 2020. “Memahami Cyberbullying di Kalangan Remaja”. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2): 100-110.

Samsiah, A. N & Sumaryanti, I. U. “Pengaruh Anonimitas Terhadap Perilaku Cyberbullying pada Remaja Akhir di Bandung”. Bandung Conference Series: Psychology Science, 3(1): 366-372

Sendari, A. A. 2019. Instagram Adalah Platform Berbagi Foto dan Video, Ini Deretan Fitur Canggihnya. https://www.liputan6.com/tekno/read/3906736/instagram-adalah-platform-berbagi-foto-dan-video-ini-deretan-fitur-canggihnya (diakses 22 Februari 2023).

Shidiqi, M. F & Suprapti, V. 2013. “Pemaknaan Bullying Pada Remaja Penindas (The Bully)”. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial, Vol. 2 No. 2.

Sukmawati, A & Kumala, A. P. B. 2020. “Dampak Cyberbullying Pada Remaja di Media Sosial”. Alauddin Scientific Journal of Nursing, 1(1): 55-65.

Sumantri., Serly., Wati, L., Jessica., Christine, V., & Tan, A. 2022. “Edukasi Pentingnya Mengantisipasi Cyberbullying yang Marak Terjadi di Media Sosial”. Prosiding National Conference for Community Serve Project (NaCosPro), Vol. 4 No. 1.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. 2019. “Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia”. Indonesian Journal of Information System (IJIS), Vol. 1 No. 2.

UNICEF Indonesia. 2020. Cyberbullying: Apa itu dan bagaimana menghentikannya. https://www.unicef.org/indonesia/id/child-protection/apa-itu-cyberbullying (diakses 16 April 2023).

Wardah, A & Auliah, N. 2022. “Perilaku Cyberbullying pada Remaja Awal di SMP Negeri (XX) Banjarmasin”. Jurnal mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, Vol. 8 No. 3.

Yeni, A & Hartati, S. 2020. “Studi Literatur: Stimulasi Anak Mengenal Huruf Melalui Permainan Menguraikan Kata dai Taman kanak-Kanak Alwidjar Padang”. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 4 No. 1.

Yulieta, F. T., Syafira, H. N. A., Alkautsar, M. H., Maharani, S., & Audrey, V. 2021. “Pengaru Cyberbullying di Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental”. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(8): 8-14.

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. 2017. “Faktor yang Mempengaruhi Remaja dalam melakukan Bullying”. Jurnal Penelitian & PPM, 4(2): 129-389


Refbacks

  • There are currently no refbacks.