Kajian literatur tentang bimbingan kelompok berbasis nilai profetik dan perilaku santun siswa

Huwaida Salma Khoiriyah, Hardi Santosa

Abstract


Perkembangan budaya tentu banyak mempengaruhi banyak hal dalam kehidupan, salah satunya dalam aspek perilaku santun. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bimbingan kelompok berbasis nilai profetik dan perilaku santun. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan desain penelitian kajian literatur. Terdapat beberapa artikel yang dianalisis untuk mencapai tujuan dari penelitian. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Bimbingan kelompok di padukan dengan nilai profetik berpotensi memberikan pengembangan terhadap dirinya (2) Perilaku santun dalam kehidupan perlu ditingkatkan (3) Bimbingan kelompok dinilai efektif dalam peneingkatan perilaku santun. Tiga pilar dasar dalam nilai profetik, dinilai mampu untuk mengembangkan perilaku santun

Full Text:

PDF

References


Bakhtiar, M. I., Zahra, A. B., Yusuf, A., Konseling, B., Matappa, S. A., Konseling, B., Matappa, S. A., Konseling, B., Matappa, S. A., & Ilhambakhtiar, E. (2021). KONSELING : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Model Konseling Islam Berbasis Nilai Profetik Terhadap Moral Awareness Siswa KONSELING : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Pendahuluan. 3(1), 38–47. https://doi.org/10.31960/konseling.v3i1.1392

kuswianto dwi, N. (2021). Implementasi Pendidikan Profetik. 1(3), 31–38.

Lilliek Suryani. (2017). Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok. E-Jurnalmitrapendidikan.Com, 1(1), 114.

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Mukhamad, & Septi. (2019). Stategi Guru Pendidikan... (Septi Haryani) | 67. Pendidikan Kewarganegaraan Dan Hukum, 8, 67–76.

Prasetyo, A. (2022). Peran Guru Dalam Menanamkan Sikap Sopan Santun Siswa Di Sekolah. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(4), 281–286.

Pratisna, F. C., & Mugiarso, H. (2021). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Berstrategi Daring Dengan Berbasis Nilai-Nilai Budaya Jawa Terhadap Perilaku Sopan Santun Siswa Sma. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 192–202. https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i2.1564

Putra, fernanda rahmadika, Imron, A., & Benty, D. D. N. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Sopan Santun Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 182–191. https://doi.org/10.17977/um027v3i22020p182

Sulistyowati, S. (2020). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Behavior Contract Untuk Meningkatkan Perilaku Sopan Santun. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 57–63. https://doi.org/10.24176/jino.v3i2.5417

Wicaksono, K. A. (2022). Meningkatkan Perilaku Santun dalam Berbicara Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling. 2(1), 37–41


Refbacks

  • There are currently no refbacks.