Implementasi bimbingan kelompok teknik fgd (focus group discuccion) untuk mereduksi prokrastinasi akademik siswa

Maurizka Dwi Aprilia, Wahyu Nanda Eka Saputra

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai permasalahan siswa mengenai tingkat prokrastinasi akademik yang tinggi. Penelitian ini merupakan telaah pustaka dengan tujuan untuk mereduksi tingkat prokrastinasi akademik siswa. Melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik focus Group Discussion. Metode yang digunakan adalah systematic literature review dengan mencari dan mengulas berbagai artikel menggunakan mesin pencari jurnal (https://scholar.google.com), dan telah ditemukan jurnal sebanyak tiga artikel yang secara spesifik membahas terkait dengan variable penelitian ini. Langkahlangkah prosedur penelitian ini sebagai berikut: identifikasi, penyaringan, analisis, dan pembahasan. Analisis data menggunakan ekstraksi data. Berdasarkan hasil ekstraksi data dari artikel dapat diketahui bahwa bimbingan kelompok dengan teknik focus group discussion dapat mereduksi prokrastinasi akademik siswa

Full Text:

PDF

References


Afriyanti, N., Handoyo, A. W., Dian, P., & Conia, D. (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Focus Group Discussion ( FGD ) Untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 7(2), 1–7.

Apsabra, A., & Karyanti, K. (2018). Efektivitas Teknik Problem Solving untuk Menurunkan Perilaku Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Kelas X IIS 3 SMAN1 Palangka Raya. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 8–12. https://doi.org/10.33084/suluh.v4i1.472

Ayuni, S. N., & Setiowati, A. (2022). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik FGD Untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X Jurusan Tari Di Smk Negeri 1 Kasihan Tahun Pelajaran 2021/2022. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 325–334. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.3473

Fadila, N. A., & Khoirunnisa, R. N. (2021). Hubungan self efficacy dengan prokrastinasi akademik mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi pada masa pandemi covid-19. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(2), 189–198.

Munawaroh, M., Alhadi, S., & Saputra, W. (2017). Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 26–31. https://doi.org/10.17977/um001v2i12017p026

Muyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 45. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.1868

Ndruru, H., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). Peran Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa di SMA Negeri 1 Aramo Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 1–11.

Permana, B. (2019). Gambaran Prokrastinasi Akademik Siswa Sma Darul Falah Cililin. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 2(3), 87. https://doi.org/10.22460/fokus.v2i3.4498

Pratini, H., & Afifah, A. N. (2018). Pendekatan Solution Focused Brief Therapy (Sfbt) Dalam Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Pada Mahasiswa. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 1(2), 74. https://doi.org/10.22460/fokus.v1i2.4506

Santika, W. S., & Sawitri, D. R. (2016). Self-Regulated Learning Dan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas Xi SMA Negeri 2 Purwokerto. 5(1), 44–49.

Zainab, S., Anwar, K., & Aminah. (2020). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Focus Group Discussion Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Terhadap Bimbingan Konseling Di Mts Pangeran Antasari. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 6, 1–4


Refbacks

  • There are currently no refbacks.