Self talk dalam konseling kelompok sebagai alternatif untuk mengurangi insecurity remaja

Danty Putri Oktavianty, Agus Ria Kumara

Abstract


Teknologi informasi telah membawa banyak perubahan yang signifikan dalam berbagai bidang, termasuk dalam layanan bimbingan klasikal dan pengembangan karir. Penggunaan teknologi informasi website dalam layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan keputusan karir dapat memberikan manfaat yang besar bagi individu yang mencari arah karir yang tepat.  Pemanfaatan teknologi informasi dalam layanan bimbingan dan konseling tergantung pada ketersediaan sumber daya yang ada dalam situasi nyata.. Dalam layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan keputusan karir adanya ketersediaan website, kualitas dan kesesuaian informasi, interaktivitas dan fungsionalitas, aksesibilitas dan kesenjangan digital, peran ahli karir. Dalam keseluruhan, penggunaan teknologi informasi website masih berkembang dan memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan keputusan karir individu. Namun, tantangan dan perbedaan dalam ketersediaan, kualitas, aksesibilitas, dan interaksi manusia masih perlu diperhatikan untuk memastikan bahwa teknologi informasi digunakan secara efektif dalam mendukung pengembangan karir. Penggunan teknologi informasi website dalam peningkatan keputusan karir yang dapat ditawarkan seperti informasi karir yang menyediakan informasi tentang berbagai wawasan tentang karir. Tes kepribadian dan minat, website sering menawarkan tes kepribadian dan minat yang membantu individu mengidentifikasikan preferensi mereka, minat karir, dan kepribadian. Riset industry dan peluang karir yang di mana website memberikan riset mendalam tentang tren industry, peluang karir yang sedang berkembang, dan bidang pekerjaan yang menjanjikan, informasi ini membantu invidu dalam memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang perkembangan di dunia kerja dan potensi karir di masa depan. Implementasi dari teknologi informasi website dalam meningkatkan keputusan karir bertujuan untuk membantu peserta didik menemukan keputusan karir sesuai dengan dalam dirinya. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kajian literatur. Dalam penelitian ini, tinjauan literatur yang dilakukan dapat berperan sebagai panduan bagi peneliti masa depan dalam menguji efektivitasnya

Full Text:

PDF

References


Ameliola, S, Nugraha. 2013. Perkembangan Media Informasi dan Teknologi Terhadap Anak dalam Era Globalisasi. Malang : Universitas Brawijaya.

Arif, R, Hakim (2021). Insecure Dalam Ilmu Psikologi Ditinjau Dari perspektif Al-Quran. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Harahap, Marisa Apriliani.(2021). Dampak Insecure terhadap penyesuaian Diri Remaja di Desa AEK suhat kecamatan padang bolak kabupaten padang Lawas Utara. Skripsi. Institut Agama Islma Negeri : Padang sidimpuan

Jihan Insyirah Qatrunnada, Salma Firdaus, Sofika Dwi Karnila dan Usup Romli (2022). “Fenomena Insecurity di kalangan Remaja dan Hubungannya dengan pemahaman Aqidah Islam” (Universitas Pendidikan Indonesia).

Kusuma, A. C. G. (2021). Mengenal Apa itu Insecure dan Cara Efektif untuk mengatasinya. Indonesian Life School : Satu Persen.

Mu'awwanah, U. (2017). Perilaku Insecure Pada Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 47-58.

Nasution, H. S. (2022). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Self Talk Dalam Kasus Perilaku Insecure Pada Siswa Di SMP Negeri 4 Langsa (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Oktiyanti, S. P. (2017). Pengungkapan Hasil Layanan Konseling Individual (Study Kasus terhadap Siswa Inferioritas di Sekolah Menengah Pertama Islam AS-Shofa Pekanbaru) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Prasasti, Suci, and Elma Rusita Dewi. "Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengatasi Insecurity Pada Siswa SMA." PROFICIO 4.1 (2023): 27-33.

Yusuf. A & Haslinda. 2019. Implementasi Teknik Self Talk untuk Meningkatkan Aktivitas belajar siswa di SMP Negeri 1 Pangkep: Jurnal ilmu pendidikan dasar, Vol.2. No.1, 158-166.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.