Strategi layanan bimbingan kelompok teknik problem solving terhadap pencegahan perilaku prokratinasi akademik siswa

Wina Apriyani, Ulfa Danni Rosada

Abstract


Prokratinasi merupakan perilaku penundaan sebuah tugas secara sengaja dan dilakukan secara berulang-ulang, atau belajar dengan sistem kebut semalam dan menumpuk tugas tugas belajar dan mengerjakan tugas tersebut dengan sistem kebut semalam dengan tanggungan yang lebih berat. kibat dari perilaku prokratinasi yang dilakukan oleh peserta didik maka penelitian ini dilator belakangi oleh tingginya perilaku prokratinasi yang terjadi pada siswa/siswi.  Penelitian ini bertujuan untuk mencegah perilaku prokratinasi pada siswa dengan penggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving yang dilakukan dengan menggunakan beberapa literrature artikel, jurnal, dan buku. Analisis dilakukan dengan menghubungkanm memaparkan, membandingkan, dan menyimpulkan kajian dari peneliti terdahulu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik problem solving memiliki pengaruh sebabagai cara untuk mecegah perilaku prokratinasi pada peserta didik

Full Text:

PDF

References


Ardimen, A., Neviyarni, N., Firman, F., Gustina, G., & Karneli, Y. (2019). Model bimbingan kelompok dengan pendekatan muhasabah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 278. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i2.2232

Dwi Kencana Wulan, P. R. A. A. (2016). Pengaruh Regulasi Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMA. Perspektif Ilmu Pendidikan, 30(2), 67–76. https://doi.org/10.21009/PIP.302.1

Erdianto, A. A., & Dewi, D. K. (n.d.). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas Xi Di SMA X. . . Character, 8.

Herawati, M., & Suyahya, I. (2019). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Peserta Didik SMK Islam Ruhama. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.148

Khairi, A. M. (n.d.). Dosen Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta Jln. Pandawa Pucangan kartasura Sukoharjo, Jawa Tengah.

Laia, B., Zagoto, S. F. L., Venty, Y. T., Duha, A., Telaumbanua, K., Sari, I. P., Ziraluo, M., Duha, M. M., Laia, B., Luahambowo, B., Fau, S., Hulu, F., & Harefa, D. (2022). Prokrastinasi Akademik Siswa SMA Negeri Di Kabupaten Nias Selatan. 5(1).

Maulidya, A. (2018). Berpikir Dan Problem Solving.

Nafeesa, N. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Siswa yang Menjadi Anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 4(1), 53. https://doi.org/10.24114/antro.v4i1.9884

Nopita, N., Mayasari, D., & Suwanto, I. (2021). Analisis Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa SMPS Abdi Agape Singkawang. Jbki (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 6(1), 13. https://doi.org/10.26737/jbki.v6i1.1958

Nurjan, S. (2020). Analisis Teoritik Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Muaddib : Studi Kependidikan dan Keislaman, 1(1), 61. https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i1.2586

Ramadhan, R. P., & Winata, H. (2016). Prokrastinasi Akademik Menurunkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 154. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3260

Risal, H. G., & Alam, F. A. (n.d.). Upaya Meningkatkan Hubungan Sosial Antar Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Sekolah.

Rosidah, A. (2016). Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Terisolir. 2(2).

Safitri, R. R., Atrup, A., & Hanggara, G. S. (2018). Problem solving dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 5(2), 83–88. https://doi.org/10.29407/nor.v5i2.13079

Sandyariesta, D., Yuliejantiningsih, Y., & Hartini3, T. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X. Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 118–128. https://doi.org/10.26877/empati.v7i2.6729

Santika, W. S., & Sawitri, D. R. (2016). Self-Regulated Learning Dan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas Xi SMA Negeri 2 Purwokerto. Jurnal EMPATI, 5(1), 44–49. https://doi.org/10.14710/empati.2016.14946

Suryani, L. (n.d.). UPAYA Meningkatkan Sopan Santun Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok.

Ulum, M. I. (2016). Strategi Self-Regulated Learning untuk Menurunkan Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 153–170. https://doi.org/10.15575/psy.v3i2.1107


Refbacks

  • There are currently no refbacks.