Strategi layanan bimbingan klasikal untuk mengembangkan kebiasaan belajar siswa di sekolah menengah pertama

Pahla Sevia Novanti, Caraka Putra Bhakti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran dan alternatif strategi layanan bimbingan klasikal guna meningkatkan kebiasaan belajar terhadap siswa di Sekolah Menengah Pertama di Yogyakarta. Kebiasaan belajar bukanlah sesuatu yang muncul secara kebetulan, melainkan sesuatu yang diasah dengan ketelatenan dan keuletan. Kebiasaan belajar seyogyanya tertanam di dalam diri tiap peserta didik karena belajar merupakan kewajiban yang penting untuk menggapai cita-cita. Namun dalam kenyataannya, kebiasaan belajar siswa SMP dapat dibilang masih rendah. Akibatnya hasil belajar dan prestasi akademik tidak tercapai dengan optimal. Sehingga dibutuhkannya peran bimbingan dan konseling dalam membantu dan memfasilitasi siswa agar dapat mengembangkan kebiasaan belajar yang dimilikinya. Namun, layanan bimbingan klasikal masih kurang efektif sebab minimnya inovasi dan kreativitas. Oleh sebab itu, dibutuhkan alternatif seperti teknik studi kasus, project-based learning, mind mapping, discovery dan simulasi untuk menunjang layanan bimbingan klasikal dalam mengembangkan kebiasaan belajar peserta didik. Dan pada akhirnya konselor atau guru bimbingan dan konseling dapat memberikan layanan bimbingan klasikal yang inovatif dan kreatif, serasi dengan teknik yang dipakai untuk mengembangkan kebiasaan belajar peserta didik di SMP

Full Text:

PDF

References


Arilesere, J. I., & Nwalo, K. I. (2020). Relationship Between Study Habits and Library Use Among Students in Selected Secondary Schools in Akinyele Local Government Area, Ibadan. Library Philosophy and Practice, 1-12.

Bhakti, C. P. (2015). Bimbingan Dan Konseling Komprehensif: Dari Paradigma Menuju Aksi. Jurnal Fokus Konseling, 1(2).

Canida, R. (2023). Upaya Meningkatkan Konsep Diri Dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Layanan Bimbingan Klasikal. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(12), 4529-4536.

Fridaram, O., Istharini, E., Cicilia, P. G. C., Nuryani, A., & Wibowo, D. H. (2020). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik dengan Bimbingan Klasikal Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 161-170.

Lucky, A., & Saidu, R. F. (2020). Strategies for Improving the Study Habits of Post Primary School Students in Lagos State: Implication for counselling. Journal of Guidance, 4(2), 167-177

Muslichah, H. N., & Bhakti, C. P. (2021, August). Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1).

Nurpitasari, E., Nurajizah, N., Nurhayati, D. F., & Bhakti, C. P. (2019, August). Blended Learning: Metode Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Di Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2019 (Vol. 1, No. 1, pp. 173-179).

Ramadhani, E., & Putri, R. D. (2018). Implementasi Pendekatan Discovery Learning dalam Layanan Informasi Format Klasikal. Jurnal Wahana Konseling, 1(2), 22-29.

Sinha, N. (2020). A Study of Academic Achievement in Relation to Study Habits at Secondary Level. Social Vision, 7(2), 13-21.

Wibisono, M., Idha, S., & Sangalang, O. (2021). Upaya Meningkatkan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self-Management Di MTS Muslimat NU Palangka Raya. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 1(2), 41-47


Refbacks

  • There are currently no refbacks.