Layanan bimbingan kelompok integrasi seni visual untuk menurunkan konflik sosial pada peserta didik

Putri Widayanti, Hardi Prasetiawan

Abstract


Konflik dalam dunia Pendidikan sudah sering terjadi salah satu sebab terjadinya konflik sosial di sekolah yaitu adanya perbedaan pendapat antar individu atau antar kelompok, perbedaan karakteristik yang muncul melalui interaksi individu. Perbedaan tersebut meliputi ciri fisik, kecerdasan, pengetahuan, Kebiasaan, kepercayaan, dll. sehingga menyebabkan perselisihan, pertengkaran, ketegangan sebagai dari akibat adanya perbedaan antar individu maupun antar kelompok. Maksud penelitian ini adalah guna melihat keefektivan layanan bimbingan kelompok integrasi seni visual guna menurunkan konflik sosial pada peserta didik.Penelitian ini memakai metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Subjek penilitian yang diambil dari peserta didik sebanyak 8 orang dari 34 siswa dalam satu kelas. Selanjutnya guna pengumpulan data penlitian ini memakai skala kemudian diambil sampel yang masuk ke kategori rendah, sedang, dangan sangat rendah. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang akan dipakai yaitu analisis uji t-test dengan memakai aplikasi spss. Hasil yang diharapkan oleh penelitian ini yaitudapat menurunkan konflik sosial pada peserta didik sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok integrasi seni kreatif visual

Full Text:

PDF

References


Alhadi, S., & Saputra, W. N. E. (2017a). Integrasi Seni Kreatif dalam Konseling dengan Pemanfaatan Seni Visual. JURNAL FOKUS KONSELING, 3(2), 108. https://doi.org/10.26638/jfk.384.2099

Alhadi, S., & Saputra, W. N. E. (2017b). Integrasi Seni Kreatif dalam Konseling dengan Pemanfaatan Seni Visual. JURNAL FOKUS KONSELING, 3(2), 108. https://doi.org/10.26638/jfk.384.2099

Darmiah, D. (2021). Hakikat Anak Didik Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(1), 165. Https://Doi.Org/10.22373/Jm.V11i1.9333

Fadilah, S. N. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 167. Https://Doi.Org/10.29240/Jbk.V3i2.1057

Gladding, S. T. (2021). The Creative Arts In Counseling.

Hapsyah, D. R. (2019). Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Mengurangi Prasangka Peserta Didik Sekolah Dasar. In Jurnal Tunas Bangsa (Vol. 6, Issue 2).

Kurniawan, D. E., & Pranowo, T. A. (2018). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Sebagai Upaya Mengatasi Perilaku Bullying Di Sekolah. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 02. Http://Ojs.Unpatti.Ac.Id/Index.Php/Bkt

Lestari, T. D., & Isbandiyah, I. (2022). Konflik Sosial Bernuansa Sosio-Emosi Serta Penyelesaiannya Dalam Persepktif Bk Pribadi-Sosial. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 5(1), 68–81. Https://Doi.Org/10.31539/Kaganga.V5i1.3578

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R &. D.

Swasta, D., Kasus, S., Dusun, D., Samak, S., Samak, D. S., Badau, K., & Belitung, K. (2017). Analisis Konflik Antara Masyarakat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.