Efektivitas teknik role playing dalam meningkatkan sikap kepemimpinan bagi siswa pengurus OSIS kelas VIII SMP Negeri 3 Godean

Agustina Sihotang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas teknik role playing dalam meningkatkan sikap kepemimpinan bagi siswa pengurus OSIS Kelas VIII SMP Negeri 3 Godean. Menggunakan metode penelitian litterature review dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kegiatan pembelajaran eksperiensial harus bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi individu untuk mengetahui perilaku pengikut yang dominan dan mengeksplorasi kemungkinan yang membuatnya sesuai untuk mengubah perilaku ini atau menggunakan berbagai gaya dan keterampilan berdasarkan kemungkinan situasional. Tindakan menumbuhkan jiwa kepemimpinan melalui perencanaan yang sistematis atau melalui proses pendidikan merupakan cara yang lebih aman dan memiliki potensi keberhasilan yang lebih besar. Seorang pemimpin lahir bukan karena faktor keturunan, bakat, dan pengalaman semata, tetapi juga melalui proses pendidikan dan pembelajaran yang terencana. Selain itu, pembinaan kepemimpinan juga harus didasarkan pada penelitian, uji coba dan percobaan, pengawasan dan pelatihan secara teratur untuk membangkitkan sikap dan kualitas kepemimpinan yang unggul, untuk keberhasilan pelaksanaan tugas dan untuk memberikan amanah. Pembelajaran yang muncul dari permainan peran dan simulasi dapat bersifat kognitif dan afektif: pembelajaran kognitif seperti penerapan konsep pada situasi kehidupan nyata, dan memperoleh keterampilan analitis atau keterampilan membuat keputusan, dan pembelajaran afektif, di mana peserta memperoleh pandangan atau sikap yang berubah terhadap masalah atau orang, dan empati terhadap orang lain.

Full Text:

PDF

References


Afandi, A. (2023). The Role of OSIS in Improving the Leadership Character of MA Miftahul Midad Lumajang Students. 01(01), 740–746.

Asseraf, A., Wannehag, T., Asseraf, A., & Wannehag, T. (2021). Psykologiska Institutionen Executive coaching : Do home assignments , role-playing and positive feedback improve leadership performance ?

Kusuma, A. C. (2020). Pembentukan Kompetensi Calon Pelaut Dalam Kepemimpinan Kelompok Kerja Abk Dek Muka Dengan Model Role Play. Majalah Ilmiah Bahari Jogja, 18(2), 79–90. https://doi.org/10.33489/mibj.v18i2.246

Ningsih, N. V., & Lusy Novitasari. (2021). Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Kepemimpinan Siswa. Jurnal Mentari, 1(1), 44–50.

Rover, L., & Mcgonagle, S. (2018). Developing Engineering Leaders using Engineering Leadership Capabilities and Leadership Labs The Gordon Engineering Leadership Program Approach to Creating Engineering Leaders : Improving Self and Situational Awareness and Developing Targeted Leadership C.

Suparyanto dan Rosad (2020). Bimbingan Teknik Kepemimpinan Agile Bagi Mahasiswa Papua Calon Wirausaha. 5(3), 248–253.

Tabak, F., & Ph, D. (2019). Learning by Doing in Leadership Education : Experiencing Followership and Effective Leadership Communication Through Role-Play. 199–212. https://doi.org/10.12806/V16/I2/A1

Tanjung, E. F. (2021). Formation of Soul Leadership Model in Indonesian Middle Schools. 21(June 2020), 84–97. https://doi.org/10.12738/jestp.2021.1.007

Utami, D. G. (2019). Effectiveness of role play in enhancing the speaking skills of the learners in a large classroom : An investigation of tertiary level students. 218–233.

Yen, G. C. (2017). Multiplayer Educational Role Playing Games (MPERPGs) and the Application of Leadership Submitted by Andrew Stafford Clayton A Dissertation Presented in Partial Fulfillment of the Requirements for the Degree Doctorate of Education Grand Canyon University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.