Pengaruh kontrol diri terhadap prokrastinasi akademik siswa SMK YPKK 1 Sleman

Gesty Dwi Widanti, Erlin Fitria, Revin Mayasari

Abstract


Prokrastinasi merupakan tindakan yang masih menjadi permasalahan peserta didik. Sikap suka menunda belajar dan mengerjakan tugas tentunya akan memberikan dampak pada peserta didik. Kegigihan dan ketepatan belajar amat penting bagi peserta didik. Prestasi belajar juga dipengaruhi kegigihan peserta didik dalam belajar. Kegigihan dalam belajar merupakan bentuk keberhasilan individu dalam mengendalikan kognitif dan keputusannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kontrol diri dan prokrastinasi akademik, serta mengetahui pengaruh kontrol diri terhadap prokrastinasi akademik siswa SMK YPKK 1 Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi 142 siswa. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMK YPKK 1 Sleman sebanyak 105 siswa yang menjadi sampel dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana. Berdasarkan analisis regresi sederhana diperoleh hasil sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh kontrol diri terhadap prokrastinasi akademik siswa SMK YPKK 1 Sleman. Besarnya pengaruh kontrol diri terhadap prokrastinasi akademik adalah 17,2% dan masih terdapat pengaruh dari faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Manfaat dalam penelitian ini adalah sebagai bahan pertimbangan perlunya pemberian layanan bimbingan dan konseling terhadap siswa untuk dapat meningkatkan kontrol diri dan mereduksi prokrastinasi akademik. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah hanya mengukur dua variabel saja yakni kontrol diri dan prokrastinasi akademik, sedangkan faktor pengaruh lain seperti motivasi belajar, resiliensi, belum diteliti, hal ini juga dapat menjadi penelitian lanjutan bagi peneliti lain.


Full Text:

PDF

References


Achmad, N., & Dewi, D. K. (2022). Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang Menyelesaikan Skripsi. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 7(9),96–106. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/48071

Aisy, D. F., & Sugiyo, S. (2021). Pengaruh Kontrol Diri terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMA N 1 Kedungwuni. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 5(2), 157. https://doi.org/10.21043/konseling.v5i2.12068

Astuti, S. R. P. (2021). Kontribusi Self-Control dan Kecanduan Game Online terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI di SMK ISFI Banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling Program Studi Bimbingan Dan Konseling Fkip Universitas Lambung Mangkurat, 3(1), 76–86.

Duri, R. (2021). Perbedaan Kontrol Diri (Self Control) Siswa Ditinjau dari Perlakuan Orang Tua (Otoriter). 4(2).

Ghufron, & Risnawita, R. (2010). Teori-Teori Psikologi (R. Kusumaningratri (ed.); 1st ed.). Ar-Ruzz Media.

Gracelyta, T., & Harlina, H. (2021). Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa di Masa Pandemi. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling, 8(1), 46–54. https://doi.org/10.36706/jkk.v8i1.14511

Meiliza Purwanti, Purwanti, S. L. (2016). Hitung = -0,708. 1–15.

Munawaroh, M., Alhadi, S., & Saputra, W. (2017). Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(1), 26–31. https://doi.org/10.17977/um001v2i12017p026

Ramadhan, R. P., & Winata, H. (2016). Prokrastinasi Akademik Menurunkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1),154. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3260

Ramadhani, E., Sadiyah, H., Darma Putri, R., & Andana Pohan, R. (2020). Analisis Prokrastinasi Akademik Siswa di Sekolah. Consilium : Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan, 7(1), 45. https://doi.org/10.37064/consilium.v7i1.6448

Sarasija, L. N. A. S., Nariswari, A. A., Dewanggana, D. A., Arghita, V. A., Patty, T. S. W., & Tjahjono, H. (2021). Psikoedukasi “Pepro” untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik dengan Menggunakan Manajemen Waktu pada Siswa Siswi SMP dan SMA/SMK. Psikologi Konseling, 18(1), 922. https://doi.org/10.24114/konseling.v18i1.27835

Thalib, S. B. (2010). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Kencana.

Widyaningrum, R., & Susilarini, T. (2021). Hubungan Antara Kontrol Diri dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas XI SMAIT Raflesia Depok. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 5(2), 34–39. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/953

Wirajaya, M. M. (2020). Investigating the Academic Procrastination of Efl Students. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia, 8(2), 67–77. https://doi.org/10.23887/jpbi.v8i2.3498


Refbacks

  • There are currently no refbacks.