Strategi layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan self directed learning pada siswa sekolah menengah pertama

Henisa Hildayana, Caraka Putra Bhakti

Abstract


Tujuan peneletian ini adalah memberikan gambaran dan alternatif-alternatif strategi layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan self directed learning pada peserta didik di SMP Negeri 4 Sewon. Self Directed Learning sendiri memiliki kelebihan untuk peserta didik yaitu salah satunya perserta didik mampu belajar secara mandiri. Terdapat meningkatkan self-directed learning (SDL) meliputi peningkatan motivasi dan kemandirian peserta didik, pendorong untuk pembelajaran kolaboratif, perluasan perspektif belajar, dukungan sosial yang disediakan, serta pendorong untuk pembelajaran yang reflektif. Self-directed learning merupakan salah satu ketrampilan yang perlu dikembangkan dan ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas proses belajar di masa depan. Sayangnya, banyak siswa yang belum menyadari pentingnya memiliki dan melatih self-directed learning dalam diri mereka. Hingga perlu dibutuhkan peran bimbingan konseling dalam membantu dan menfalitasi peserta didik agar dapat meningkatkan self directed learning atau pembelajaran mandiri salah satunya yaitu layanan bimbingan kelompok.


Full Text:

PDF

References


Albar, J., Hamzah, B., Pursitasari, I. (2015). Pengaruh Self-Directed Learning Berbasis Teknologi Informasi terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI IPA Di SMA Negeri 1 Palu. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, Volume 4 Nomor 3, Agustus 2015 Hlm 19-27.

Allen, L., & Kelly, BB (2015). Transformasi Tenaga Kerja untuk Kelahiran Anak Melalui Usia 8: Dasar Pemersatu. Washington DC: Pers Akademi Ter Nasional

Bhakti, C.P. (2015). Bimbingan dan Konseling Komprehensif : Dari Paradigma Menuju Aksi. Jurnal Fokus Konseling. Volume 1 No. 2, Agustus 2015 Hlm. 93-106

Bhakti, C.P. (2017). Program Bimbingan dan Konseling Komprehensif untuk Mengembangkan Standar Kompetensi Siswa. Jurnal Konseling Andi Mattapa. Vol. 1 No. 1

Handayani, N. N. L. (2017). Pengaruh Model Self-Directed Learning terhadap Kemandirian dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP N 3 Singaraja. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1).

Ilyas, I., Purwanto, A., & Hasanah, U. (2020). The Influence of Learning Model Self Directed Learning and Personality on Student Learning Results of SMP Negeri 7 Kota Ternate. International Journal of Education, Information Technology, and Others, 3(2), 252-261.

Kieu, P. T., & Nguyen, C. T. (2022). Self-Directed Learning Development for High School Students and Teaching Issues. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 13(03), 954-961.

Lestariningsih, W., & Muafa, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Self Directed Learning dan Small Group Discussion terhadap Nilai Mahasiswa Materi Mekatronik. Teknika: Engineering and sains journal, 2(1), 67-72.

Mahasneh, J., & Thabet, W. (2015). Rethinking Construction Curriculum: A Descriptive Cause Analysis for Soft Skills Gap. Asc Annual International Conference Proceedings, 1-8.

Mirzawati, N., Neviyarni, N., & Rusdinal, R. (2020). The Relationship between Self-Efficacy and Learning Environment with Students' Self-Directed Learning. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 4(1), 37-42.

Pradika, Y. Y. I., & Bhakti, C. P. (2021, August). Pengembangan Modul Pelatihan tentang Self Directed Learning untuk Siswa SMP. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, (Vol. 1).

Rahmelia, S., & Prasetiawati, P. (2021). Implementasi Self-Directed Learning Siswa SMPN 7 Palangka Raya di Masa Pandemi. JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(o1), 194-205.

Wahyuningsih, (2014) Efektifias Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Tesis, Universitas Negeri Malang.

Yekeen, B. (2021). Applying Self-Directed Learning Strategies on Reading Comprehension Among Junior Secondary School Students in Offa Kwara State, Nigeria. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 8(2), 118.

Zhu, M. (2021). Enhancing MOOC Learners’ Skills for Self-Directed Learning. Distance Education, 42(3), 441-460.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.